Sabarlah! Saat Kegagalan Membuatmu Putus Asa Serta Usahamu Sia-sia

Sabarlah saat kegagalan
1 168

Setiap orang pasti pernah merasakan yang namanya kegagalan dalam hidup. Ada yang bisa menyikapi kegagalan dengan positif, namun tak sedikit juga yang menyikapinya dengan negatif. Kegagalan bukanlah akhir dari perjalananmu, melainkan awal menuju kesuksesanmu. Hanya saja tergantung bagaimana kamu bisa menyikapi kegagalanmu itu.

Setiap orang yang berhasil, pastinya terlebih dahulu mengalami kegagalan. Jadi ketika kamu dihadapkan dengan kegagalan dan sebelum kamu terpuruk terlalu dalam, mungkin kamu bisa menyikapi kegagalanmu itu dengan 5 hal ini.

1. Percayalah, kegagalan ini bagian dari proses, dan suatu saat nanti kamu pasti akan sukses.

Semua yang ada di dalam hidup kita itu pastinya berproses. Sebelum menjadi dewasa saja kita harus menjadi bayi, anak-anak, remaja dan hingga pada akhirnya tumbuh menjadi dewasa.

Begitu juga dengan proses menuju keberhasilan atau kesuksesan. Harus merasakan jatuh bangun, gagal dan pada akhirnya mencapai kesuksesan. Jadi jangan pernah beranggapan bahwa kegagalanmu saat ini adalah akhir dari segalanya!   

Baca Rekomendasi :   Berhentilah Mengkhawatirkan Masa Depan, Syukurilah Hari Ini, dan Hiduplah dengan Sebaik-Baiknya

2. Hidup itu tentang belajar, salah satunya belajar dari pengalaman gagal yang kamu rasakan

Apapun yang kita lalui dan kita alami dalam hidup, belajar dari pengalaman lah salah satu guru terbaik. Entah itu pengalaman dari diri sendiri, ataupun pengalaman dari orang lain.

Begitu juga lah dengan kegagalan yang kamu alami. Kamu bisa belajar dari kegagalanmu itu untuk bisa membuat kamu tidak mengulangi kesalahan yang pernah kamu lakukan. Sebab ketika kamu tidak belajar dari pengalamanmu, maka kesalahan yang sama akan terus kamu lakukan.  

3. Terpuruk akibat kegagalan itu sah-sah saja, tapi jangan sampai berlarut dan kamu enggan kembali mencoba.

Ketika seseorang dihadapkan dengan kegagalan, tentu lah perasaan tidak bisa menerima, terpuruk, down, stress, tidak siap dengan kegagalan akan datang menghinggapi pikiran. Namun ketika kamu berlarut-larut dengan keterpurukan tersebut, itu hanya akan membuat hidupmu stuck disitu-situ saja.

Baca Rekomendasi :   Memang Ayah Tak Menyusuimu, Tapi Setiap Tetesan Keringatnya Menjadi Air Susu yang Membesarkanmu

Langkah terbaik yang harus kamu lakukan saat dihadapi kegagalan adalah bangkit dan mencoba lagi. Jangan sampai keterpurukan berlarut-larut menghinggapi dirimu.

4. Jangan berhenti mencoba hanya ketika kamu merasa gagal. Sebab usaha tak ada yang sia-sia

Sebuah pepatah mengatakan bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha. Jadi ketika kamu berusaha dan gagal, jangan pernah berhenti untuk mencobanya kembali. Sebab kamu tidak akan pernah tahu usaha keberapa yang kamu lakukan yang nantinya akan berhasil.

Kamu harus percaya bahwa setiap usaha yang kamu lakukan tidak akan pernah sia-sia dan yakinlah akan berbuah manis nantinya.

5. Kegagalan bukan lah hal yang harus di takuti, melainkan ada hikmah yang bisa kamu syukuri

Dibalik ketidakberhasilanmu yang kamu hadapi, tentunya ada hikmah yang harus kamu syukuri. Salah satunya belajar ikhlas untuk bisa menerima kegagalan yang datang kepadamu. Selain itu, dengan kegagalan yang kamu hadapi, akan membentuk karaktermu untuk bisa menjadi orang yang lebih kuat lagi dalam menerima cobaan. Ini semua tentang bagaimana kamu bisa menyikapi kegagalanmu sebagai sesuatu hal yang positif.

Baca Rekomendasi :   Tak Semua Orang Punya Gaji, Tapi Setiap Orang Punya Rezeki

Nah buat kamu yang saat ini tengah terpuruk akibat kegagalanmu, bangkitlah! Jangan pernah berhenti untuk selalu mencoba. Dan percayalah bahwa usaha dan kerja kerasmu akan terbalaskan. Gagal kali ini bukan berarti esok dan seterusnya kamu akan gagal. Tetap semangat dan selalu sikapi kegagalanmu dengan baik.      

Artikel ini merupakan tulisan asli penulis dan sudah pernah tayang di hipwee dengan judul Renungkan 5 Hal Ini Saat Kegagalan Membuatmu Putus Asa dan Merasa Semua Usaha Sia-sia

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Sabarlah! Saat Kegagalan Membuatmu Putus Asa Serta Usahamu Sia-Sia […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page