Neng! Kewajiban Utamamu Setelah Menikah Adalah Taat Pada Suami Bukan Orang Tua Lagi

Mentaati Suami

Teruntukmu wahai kaum wanita, setelah menikah dan engkau sudah dihalalkan oleh seorang lelaki yang telah sah menjadi imammu dan akan menjadi ayah dari anak-anakmu kelak. Kamu harus tahu bahwa kewajibanmu bukan lagi mentaati orangtuamu, melainkan kewajibanmu adalah taat kepada suamimu.

Sebagai seorang anak, taat dan berbakti kepada orang tua memang kewajiban yang harus dilakukan. Namun teruntuk wanita, hal itu dibatasi sampai ia belum menikah. Ketika seorang wanita sudah menikah, kewajibannya yang utama adalah harus mentaati suaminya. Akan berbeda hal nya dengan lelaki. Yang mana bagi kaum lelaki kewajiban mereka yang utama adalah mentaati ibunya.

Teruntukmu wahai kaum wanita, saat engkau sudah sah menjadi seorang istri, surgamu tidak lagi berada di kaki ibumu, melainkan berada pada suamimu

Saat orang tuamu sudah menyerahkanmu kepada suamimu, itu artinya engkau tidak lagi menjadi tanggung jawab bagi orang tuamu, melainkan tanggung jawab itu berpindah kepada suamimu. Maka dari itu setiap perkataan suamimu adalah perkataan yang harus engkau turuti dan taati sebab surgamu ada pada suamimu.

Taat kepada suami tentulah taat kepada hal-hal yang mengajarkan dan mengarahkan kepada kebaikan. Namun jika perintah suami bertentangan atau mengarah kepada keburukan, maka seorang istri tidak wajib untuk menurutinya. Bahkan sebagai seorang istri, wajib untuk memberikan nasehat yang baik kepada suaminya jika perintah suami itu bertentangan dan mengarah kepada keburukan.

Jadi teruntukmu wahai wanita, engkau harus ingat bahwa menikah itu tidak hanya perkara akad -sah – lalu serumah. Tapi bagaimana engkau bisa beristiqomah. Bagaimana engkau bisa hormat, taat dan juga menuruti setiap perintah suamimu. Sebab saat engkau menikah, setiap langkah dan tindakanmu harus mendapat izin dan ridho dari suamimu. Karena suami adalah surga dan neraka bagi dirimu.

Tapi, Jangan Sampai Lupa Juga Mentaati Kedua Orang Tuamu, Meski Bukan Hal yang Utama Lagi.

Setelah menikah memang semua hidupmu mulai berubah. Mulai dari tanggungjawabmu sampai dengan kebiasaanmu. Namun meski tanggungjwab utamamu adalah taat pada suami, bukan berarti kamu mengabaikan kedua orang tuamu. Bagaimanapun juga, merekalah yang membesarkan kamu sedari kecil.

Jadi untuk para suami, biarkan saja istrimu berbakti kepada orang tuanya selama itu masih dalam hal yang baik. Tapi jangan sampai pula mereka terlalu mengganggu rumah tanggamu.

Notes : Photo di ambil dari instagram ramdaneepictures

Baca Juga : Sebab Jodoh Akan Datang Diwaktu yang Tepat, yang Tuhan Tetapkan