Buat Yang Masih Bujang, Ini Rahasia Memilih Jodoh Dalam Islam

Rahasia memilih jodoh
0 161

Untuk memilih pendamping hidup memang sangat banyak kriteria yang telah ditentukan sesuia dengan standar masing-masing. Mulai dari harus berwajah rupawan, cantik bak bidadari atau ganteng bak oppa korea. Sebenarny sah-sah saja apa pun yang menjadi kriteria mu, tapi jangan sampai lupa terhadap kriteria yang dianjurkan oleh agama.

Memilih pasangan juga pasti tak jauh dengan urusan hati dan perasaan, sehingga ketika bertemu dengan dia yang kamu sayang. Banyak hal dengan kriteria wajib justru terabaikan karena perasaan saja. Padahal kriteria tersebut menentukan baik buruknya kelangsungan serta keharmonisan keluarga yang akan dibina.

Padahal dalam islam, sudah jelas diterangkan bahwa ada 4 faktor yang bisa kamu jadikan sebagai kriteria utama untuk mencari istri. Yaitu faktor Agama, Keturunan, Harta dan Kecantikan. Dan kamu juga harus mengetahui bahwa Rasullullah mengharuskan kita untuk memilih agama dan kualitasnya terlebih dahulu baru tiga faktor lainnya.

Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena kecantikannya, karena nasabnya, karena agamanya. Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya. Kalau tidak maka rugilah engkau (HR Bukhori dan Muslim)

Yang Paling Utama dan Pertama, Kamu Harus Memilihnya Karena Agamanya Baru Faktor Lainnya.

Dalam hadist tersebut sudah jelas sekali hal-hal apa saja yang harus kamu perhatikan ketika memilih istri. Meski Rasulullah mendahulukan harta, nasab dan kecantikan namun di dalam akhir hadisnya dijelaskan lebih lanjut lagi menenangkan yang baik agamanya.

Begitu juga dengan pihak wanita. Wanita dalam menerima lamaran lelaki atau pun pemimpin kelak harus memperhatikan hal yang diatas. Ketaqwaan calon suami harus menjadi kriteri yang paling utama. Dan yang pasti, seseorang yang akan menjadi pendampingmu adalah merupakan cerminan dari dirimu sendiri.

Jadi bila ingin mendapatkan jodoh yang baik, maka yang pertama kamu lakukan adalah memperbaiki diri sendiri. Semoga mendapatkan jodoh yang baik ya sobat baper.

Artikel ini terinspirasi dari kashoorga.com dengan judul Buat Yang Masih Bujang, Ini Rahsia Memilih Jodoh Dalam Islam

https://www.youtube.com/watch?v=RSgup_9gMp8&t=13s
****

7 Cara Move On Supaya Hatimu Lebih Legowo Sehabis Putus Cinta.

Guys, cintanya baru kandas di tengah jalan? perasaan campur aduk sih memang. Mulai dari galau, sedih, nyesek, hatinya hancur berkeping-keping sampai dengan temewek-mewek, hehehe.. (halah). Jangan berlama larut dalam perasaan yang nano-nano seperti demikian guys, soalnya kalau yang ini dijamin gak ramai rasanya.

Baca Rekomendasi :   Sebanyak Apapun Ujian Yang Hadir, Tetaplah Berprasangka Baik

Yah.. yang lalu biarlah berlalu guys, guru berharga dalam kehidupan adalah pengalaman. Termasuk pengalaman pernah punya mantan. Daripada kamu buang sedetik waktumu buat stalking si mantan, lebih baik yuk simak sedikit tips sederhana ini untuk menata hatimu kembali. Semoga membantu yaa guys!

1. Buanglah khayalan tingkat tinggimu, berandai-andai hanya akan mengganggu pikiranmu

Jangan pernah berpikir mantan kamu masih ada rasa atau menyesal putus dengan mu. Kalau pun memang itu benar, please.. jangan deh pokoknya terbesit seperti itu. Perlu kamu ketahui guys kalau kamu masih berpikiran demikian, maka kamu secara tak langsung masih terpaku dan masih mengaharapkannya.

Kita tidak pernah tahu isi hati dan pikiran manusia, sementara hati manusia mudah berubah-ubah. Karena akan sakit berlipat-lipat loh, saat kemudian tahu kenyataannya kalau mantanmu justru bahagia tanpa dirimu. Waduuh.. kalau kayak gitu bukannya jadi kamu move on, lah malah makin galau deh!

2. Jangan melamun aja guys, karena life must go on!

Lakukan kegiatan yang positif dan lebih berkualitas. Misal tingkatkan hobimu bersama teman-teman, tingkatkan pekerjaan agar lebih cemerlang karirmu atau berbagi kebahagian dengan memberi bantuan kepada sesama seperti anak yatim dan dhuafa.

Memang sih putus cinta bikin gak enak makan dan tidur tak nyenyak. Daripada kamu lakuin hal demikian sia-sia karena dia penyebabnya, lebih baik saat kamu tak enak makan kamu berpuasa sunnah saja, atau saat kamu tidur tak nyenyak gunakanlah waktu tersebut untuk bermunajat kepada Tuhan. Tuhan dekat dengan hamba-Nya di sepertiga malam terakhir loh!

Baca Rekomendasi :   Tinggalkan Apapun yang Membuatmu Sedih, Karena Hidup Itu Pilihan

3. Jangan merasa kamu orang yang paling tersakiti, sehingga kamu mengutuk mantanmu sangat berdosa.

Jangan menyumpahi mantan kamu. Kalau penyebab kamu putus karena dia menyakitimu, ingat jangan balas dengan kebencian. Jangan kamu ucapkan sumpah serapah kepada mantanmu, nanti malah ketula loh! Biar saja Tuhan yang akan membalas perbuatan buruknya kepada mu.

Memang sih doa orang yang teraniaya diijabah Tuhan, lebih baik kamu pakai kesempatan ini untuk mendoakan dirimu sendiri, mintalah yang baik-baik kepada Tuhan untuk dirimu. Tapi jika putus penyebabnya adalah dirimu sendiri, jangan gengsi untuk meminta maaf. Dan mohon ampunlah kepada Tuhan karena telah melakukan kesalahan.

4. Jangan memandang mantanmu itu sebagai musuh bebuyutan. Hidup punya musuh nggak akan tenang guys

Ajaklah dia untuk tetap berteman bukan berarti untuk modus yaa, tapi untuk terus menjalin silaturahmi. Jangan menambah-nambah musuh karena banyaknya mantan, hehehe. Yah ini sih tergantung pribadi orang masing-masing, mungkin kamu sudah malas silaturahmi dengan dia karena saking sakitnya hatimu.

Namun setidaknya hilangkanlah rasa benci di hatimu. Lupakanlah, anggap saja kamu tak pernah mengenal dia. Tetapi kalau dia yang malas berteman dengan mu, yah doakan saja agar Tuhan menghapus kebencian di hatinya. Dengan demikian kamu pun akan merasakan hati yang legowo.

5. Hindari mencari gebetan baru kalau tujuannya hanya untuk menghibur diri

Kebanyakan orang setelah putus cinta, mereka mencari gebetan baru dengan segera mungkin. Tujuannya untuk menghibur diri atau sekedar untuk bikin mantan panas. Guys.. cara itu tidak efektif, justru kamu terlihat seperti pecundang. Apalagi kalau gebetan baru kamu itu beneran ada rasa sama kamu. Wah, itu secara gak langsung kamu malah nyakitin perasaannya tuh!

Berganti-ganti pasangan secara cepat tidak membuat kamu terlihat hebat, justru sebagian orang menilai kamu itu gampangan atau pemain hati. Tapi kalau mantan kamu yang lakuin hal demikian, yaaa santai aja guys.. Jangan langsung kepanasan, senyumin aja deh. Dengan demikian kamu tahu kalau mantanmu itu bukan yang terbaik untukmu.

Baca Rekomendasi :   Aku Tak Sebaik yang Kamu Ucapkan, Namun Tak Seburuk yang Terlintas Dihatimu

6. Dear mantan, Thanks you so much yaah!

Berterimakasihlah dengan mantan, karena dengan hadirnya dia kamu jadi banyak belajar untuk perbaiki dirimu sendiri. Hayo, coba ingat lagi siapa orang yang paling detail mengoreksi kesalahanmu saat masa pacaran dulu? ya, mantan lah! Tak jarang keributan pun disebabkan karena banyaknya kritik dari masing-masing pasangan.

Renungi lagi guys, kamu bisa jadikan ini pelajaran untuk terus perbaiki diri. Bukan untuk mantan yah, tapi perbaiki untuk dirimu sendiri. Kalau kamu mempunyai pribadi yang baik, ini secara tidak langsung berpengaruh juga terhadap orang-orang di sekitar mu.

Di masa depan saat kamu menemukan orang yang benar jodohmu, kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi. Percayalah jika ingin jodoh yang baik maka kamu harus perbaiki diri juga.

7. Teruslah berpikir positif, hidup ini penuh ujian guys, termasuk ujian soal perasaan

Jangan berlarut dalam kesedihan. Memang tidak instan untuk move on, tapi ingatlah secara yang berlebihan itu tidak baik. Jangan merasa dirimu sendirian. Kamu masih punya keluarga, saudara dan teman-teman. Walau kadang mereka sibuk dengan urusannya masing-masing, tapi ingatlah kamu masih punya Tuhan.

Dan berpikirlah positif, Tuhan memisahkan kalian ada beberapa sebab itu hanya Tuhan yang tahu. Mungkin dia bukan orang yang tepat, atau mungkin tuhan ingin kamu fokus dahulu untuk mencintai-Nya. Kalau jodoh pasti akan dipertemukan kembali dengan cara-Nya yang indah dan dalam waktu yang tepat.

Intinya rasa sakit yang kamu rasakan adalah ujian, teguran Tuhan agar kamu kembali mengingat-Nya bahwa sebenarnya Tuhan itu sayang dengan mu. Hayoo, tetap semangat yaah!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page