5 Cara Memantaskan Diri Sebelum Memilih Pasangan Hidup

0 43

Cara menikmati hidup dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa menonton bioskop bersama keluarga, pergi berlibur bersama teman-teman, kuliner bersama teman-teman kantor, mengunjungi panti asuhan, bermain bersama anak-anak, memancing, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal ini harus dinikmati semaksimal mungkin karena hidup hanyalah satu kali.

Hidup dalam kesendirian pun tidak jadi masalah. Kamu bisa menonton tv sambil menyeruput teh hangat, melakukan movie marathon, bersepeda berkeliling komplek perumahan, berenang di waktu weekend, bermain bersama hewan peliharaan, dan lain-lain. Dengan begitu, kamu pun tidak tertanggu dengan orang lain dan bisa dengan leluasa melakukan aktifitas yang kita sukai

Namun terlalu lama sendiri pun akan terasa sangat membosankan, apalagi mengingat umur yang tidak lagi muda. Mencari pasangan hidup bisa menjadi solusi untuk hal ini. Menjalani kehidupan berdua akan terasa lebih mengasyikan, terlebih lagi bisa saling melengkapi satu sama lain. Susah maupun senang dilalui berdua. Hingga akhirnya pernikahanlah yang kamu butuhkan saat ini.

Namun sebelum terlalu jauh membicarakan tentang pernikahan, dalam mencari pasangan hidup pun harus dipertimbangkan dan jangan terburu-buru. Pertimbangan yang cukup matang akan memberikan kamu pasangan yang sesuai dengan kriteria, sehingga akan melahirkan hubungan yang dewasa. Misalnya, kamu bisa mendapatkan lelaki/wanita yang baik, jujur, agamis, pekerja keras, dan lain-lain.

Baca Rekomendasi :   Bertahun-Tahun Mencari Jodoh, Ketemu Tiga Hari Langsung Menikah

Jangan salah, ada hal yang lebih penting sebelum kamu memilih pasangan. Alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan segala sesuatunya dari diri sendiri dulu, salah satunya yaitu memantaskan diri. Hal ini penting karena jodoh adalah cerminan diri. Orang yang kelak akan terus bersama kamu pribadinya tidak akan jauh-jauh dari kamu. Jika kamu memiliki kepribadian yang baik, maka si dia pun akan baik. Sebaliknya jika kamu berkepribadian buruk, maka dia pun akan seperti itu.

Maka dari itu, agar kamu mendapatkan jodoh dan pasangan hidup yang diidam-idamkan, ada baiknya memantaskan diri terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  1. Terima diri kamu apa adanya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menerima diri kamu apa adanya. Maksudnya adalah kamu harus berdamai dengan diri sendiri. Setiap permasalahan dan unek-unek yang ada di dalam hidupmu akan jadi penahan kebaikan yang akan kamu lakukan. Syukuri apa yang kamu miliki saat ini. Maafkan kesalahan-kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu dan bebaskan pikiran dari rasa bersalah dan penyesalan.

Baca Rekomendasi :   Akhirnya Kita Hanya Butuh Pendamping, Ketika Bersamanya Semua Akan Baik Saja

Agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, kamu harus bisa menerima kenyataan bahwa tidak ada yang manusia yang sempurna di dunia ini.

  • Mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri itu penting. Jangan pernah membiarkan dirikamu sendiri tersakiti. Perlakukanlah dirimu sebaik mungkin. Jika kamu merasa galau atau gundah, kamu bisa menangis, jangan dipendam karena hal itu akan menjadikan beban pikiran. Berbahagialah jika kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan, jangan pernah pedulikan perkataan dan pendapat  negatif dari orang lain yang ada di sekitarmu.

Sebisa mungkin prioritaskan dirimu sendiri dari disbanding hal-hal lain. Kebahagianmu itu lebih berharga dan tidak bisa tergantikan oleh apapun.

  • Temukan passionmu

Passion merupakan hal-hal yang jika menyenangkan jika kamu melakukannya. Passion ini akan membantumu menjadi lebih hidup. Salah satu upaya memantaskan diri agar mendapatkan jodoh idaman yaitu dengan mencari passion hidupmu. Temukanlah hal-hal yang bisa membuat bangkit semangatmu. Carilah sesuatu yang dapat membuatmu rela bangun lebih awal hanya untuk melakukan hal tersebut sepanjang hidupmu.

  • Kendalikan emosimu dengan baik

Orang yang sabar biasanya dia tidak memiliki emosi yang meluap-luap. Emosi yang tidak stabil katanya bisa membuat sebuah hubungan tidak monoton kalau tidak ada ‘bumbu-bumbu’. Namun dalam proses memantaskan diri, pengendalian emosi sangatkah diperlukan. Jika kamu memiliki pengendalian emosi yang stabil, maka kamu tau bagaimana cara menempatkan diri, kapan kamu harus bicara, kapan kamu harus diam, da nada saatnya kamu harus mengalah.

Baca Rekomendasi :   Disetiap Sepertiga Malamku, Kutitipkan Cinta Lewat Doa

Jika kamu sudah memiliki pengendalian emosi, maka pasangan yang kamu dapatkan juga tidak akan memiliki sifat yang sama. Poin penting dalam hubungan jangka panjang yaitu ketenangan saat bersama-sama. Pasangan yang emosional hanya akan membuatmu semakin mumet dan melelahkan.

  • Mendalami ilmu agama

Poin penting lainnya dalam memantaskan diri yaitu mendalami ilmu agama. Perbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Tuhan agar kamu senantiasa diberikan keberkahan dan kemudahan dalam hidup, serta diberi kelancaran dalam proses memantapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik.

Perbanyak pula bergaul dengan teman-teman yang memiliki pemahaman ilmu agama yang baik, agar mereka bisa memotivasi kamu untuk terus belajar dan membawa kamu ke arah yang lebih positif.

Itulah beberapa rangkuman tips dalam memantaskan diri sebelum memilih pasangan. Jangan lupa selalu meminta pentujuk-Nya agar selalu dimudahkan dalam segala urusan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page