Jangan Takut Dihujat di Medsos Kalau Kamu Bisa Mengatasinya dengan 5 Cara Ini

cara terbaik menghadapi hujatan
0 31

Zaman sekarang ini, kamu tidak bisa terlepas dari media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, dan lain-lain. Di sana kamu bisa mengekspresikan diri kamu melalui tulisan, foto, maupun video agar kamu tetap bisa terhubung dengan teman-teman dan orang-orang di luar sana. Media sosial menjadi media yang begitu digandrungi dewasa ini tidak hanya oleh anak muda saja, tetapi orang tua juga.

Berbalas komentar di media sosial memang sangat mengasyikan. Kamu bisa mengomentari foto temanmu yang berpose aneh, lalu teman-teman yang lain akan ikut menanggapi, dan seterusnya hingga kolom komentar menjadi ramai. Tak jarang ledek meledek pun terjadi. Namun hal tersebut biasanya dianggap candaan biasa sesama teman.

Lain halnya dengan selebgram atau influencer. Selebgram adalah orang-orang yang menjadi seleb di media sosial. Ada yang terkenal karena paras kecantikannya, ada pula yang karena prestasinya, dan masih banyak lagi. Jumlah followersnya pun tak main-main. Selebgram bisa memiliki followers mulai dari 10 ribu hingga jutaan followers tergantung sejauh mana dia dapat berpengaruh di media sosial maupun di kehidupan nyata.

Siapapun bebas berkomentar di akun media sosial. Ketika seorang selebgram mengunggah aktivitas liburannya, maka tak sedikit netizen yang memberikan tanda ‘suka’ dan mengomentari foto/videonya tersebut. Namun ada saja orang yang nyinyir atau tidak suka dengan mereka. Komentar orang-orang itu biasanya dirangkai sepedas mungkin agar selebgram itu ‘kepanasan’ dan membalas komentar maupun pesan direct message. Hal tersebut sebenarnya sangatlah mengganggu.

Baca Rekomendasi :   Dulu Kamu Prioritasku, Tapi Kini Kau Cuma Luka Yang Membekas

Berbicara tentang nyinyir maupun hujat menghujat memang sudah bukan lagi hal yang aneh. Media sosial kini tidak hanya tempat untuk berbagi konten-konten positif, juga wadah untuk melampiaskan ketidaksukaan terhadap seseorang. Biasanya mereka akan menggunakan fake account agar identitas mereka terlindungi. Hujatan itu bisa berupa hinaan fisik,

Namun, hujat menghujat tidak bisa dibenarkan. Siapapun yang menjadi korban hujatan tentunya tidak bisa diam saja. Perbuatan yang keterlaluan itu sebaiknya harus kita sikapi lebih bijak agar tidak menjadi boomerang bagi kita sendiri, karena mau bagaimanapun juga kamu tidak bisa menghentikan hujatan demi hujatan yang ada di medsos.

Untuk itu, jika kamu mendapat hujatan dari netizen-netizen medsos yang kurang piknik, maka ikuti langkah-langkah berikut ini agar kamu bisa lebih santai.

Tetap santai dan woles

Cara yang pertama ketika kamu mendapat hujatan yaitu tetap bersikap santai dan woles. Jika kita merasa tidak memiliki salah apapun kepada mereka, lebih baik santai saja. Selama yang kita lakukan baik dan tidak merugikan orang lain, maka kamu tidak perlu khawatir. Biarkan saja mereka berkoar sesuka hati sampi gemas karena tidak kamu ladenin. Tapi ingat, jangan sampai terpancing emosi karena hal tersebut tidakakan menunjukkan kedewasaan seseorang.

Baca Rekomendasi :   Jangan Menetap Jika Hatimu Saja Belum Yakin dan Mantap Untuk Menetap

Konsisten dengan pilihan sendiri

Mari kita ambil contoh. Setelah kamu lulus kuliah, kamu memilih sebagai ibu rumah tangga agar bisa mengurus suami dan anak. Maka tak sedikit yang menyayangkan bahkan sampai menghujat pilihan kamu. Dalam hal ini, kamu tidak perlu terprovokasi oleh omongan-omongan netizen. Tentu saja pilihanmu itu sudah dipertimbangkan secara matang, karena yang akan menjalaninya nanti adalah kamu sendiri.

Pegang teguh prinsip ini agar kamu tidak termakan omongan orang lain. Satu lagi hal yang perlu diingat bahwa kamu tidak akan pernah bisa menyenangkan orang-orang di sekitarmu. Apapun yang kamu pilih, semoga itu yang terbaik.

Matikan kolom komentar medsos

Hujatan seringkali membuat pendengarnya menjadi down dan risau. Yang perlu kamu lakukan yaitu mematikan kolom komentar. Hal ini dilakukan agar kamu tetap tenang dan terjaga dari perkataan-perkataan yang tidak baik. Daripada kamu galau melihat media sosial, lebih baik kamu menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan produktif seperti berolahraga, membaca buu, menulis diary, dan lain-lain.

Baca Rekomendasi :   Rasa Sedih Karena Kehilangamu Cukup Sampai di Sini, Sebab Masa Depanku Sudah Menanti

Balas hujatan dengan sikap yang baik

Jika ada hujatan yang sangat keterlaluan terpampang jelas pada akun medsos kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah membalasnya dengan sikap yang baik. Dengan begitu, dia akan berhenti menghujat karena kamu telah memberikan klarifikasi atau arahan yang baik, selain itu citra kamu pun akan tetap baik karena tidak bertutur kasar di medsos.

Blok akun yang meresahkan

Jika dirasa hujatan yang kamu terima sudah sangat tidak bisa ditoleransi, maka langkah yang terakhir yang bisa dilakukan yaitu memblokir akun-akun netizen nyinyir. Dengan begitu, akunmu akan bebas dari perkataan-perkataan yang tidak menyenangkan yang hanya akan mengganggu aktivitas kamu.

Demikianlah beberapa cara agar kamu dapat menyikapi hujatan dengan santai. Tidak perlu diambil serius, anggap saja mereka kurang kasih sayang dan kurang piknik. Semoga setelah ini kamu bisa lebih tenang ketika berselancar di sosmed ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page