Selain Sebagai Sunnah Rasul, Lakukan Lima Tips Ini Memilih Makanan Sehat Untuk Sahur

  • Bagikan
Tips Memilih Makanan Sehat Sahur
Tips Memilih Makanan Sehat Sahur

Puasa merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap muslim. Puasa ini biasanya sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim karena banyak sekali kebaikan di dalamnya. Kamu tentu saja tidak bisa melewatkan momen-momen puasa yang terjadi setaun sekali ini, seperti menahan lapar dan haus, berbuka puasa, ngabuburit, teraweh, pesantren kilat, dan yang tak lalah penting yaitu sahur.

Sahur biasanya dilaksanakan dini hari mulai dari jam 3 sampai jam 4 subuh. Sahur ini biasanya membuat kamu malas karena mau gak mau harus bangun sepagi mungkin. Bahkan tidak jarang kamu malah terlambat sahur gara-gara begadang semalaman. Untuk mengatasi hal itu, biasanya kamu sengaja makan di malam hari agar tidak perlu bangun untuk sahur. Padahal hal tersebut tidak baik untuk kesehatan, lho.

Apa saja manfaat sahur?

Puasa mengharuskan kamu untuk tidak makan kurang lebih selama 12 jam. Untuk itu, sahur bisa menyediakan tenaga dan energi untuk kamu yang memiliki aktivitas yang padat di siang harinya. Selain itu, ada beberapa manfaat sahur yang bisa kamu rasakan, diantaranya mencegah muntah dan rasa mual saat berpuasa, mencegah penyakit yang diakibatkan oleh sindrom metabolic seperti jantung dan stroke, menjaga tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa, dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.

Baca Rekomendasi :   Setan di Belenggu, Kok Masih Ada Maksiat Di Bulan Ramadhan?

Kamu tidak akan merasakan manfaat di atas jika sering melewatkan sahur. Gimana, masih gak mau bangun juga?

Apa saja efek buruk jika tidak sahur?

Kalau kamu masih bermalas-malasan untuk bangun sahur, maka dampak buruk ini bisa terjadi pada tubuh kamu. Dampak yang dirasakan diantaranya bisa mengalami sakit kepala yang lumayan parah, sakit perut, dehidrasi, keseimbangan tubuh menurun, kelelahan, dan masih banyak lagi. Kamu sama sekali tidak mendapatkan asupan energi sehingga metabolisme tubuh bisa terganggu.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar tidak terlambat sahur?

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kamu lakukan agar tidak melewatkan momen sahur di bulan puasa. Kamu bisa memasang alarm 30 menit sebelum imsak, tidak tidur terlalu malam/begadang, meminta orang tua atau saudara untuk membangunkan sahur, perbanyak makan buah dan sayur di malam hari agar mudah tidur, tidak mengkonsumsi kopi, dan masih banyak lagi.

Menyempatkan untuk makan sahur memiliki banyak manfaat khususnya untuk tubuh kamu. Untuk itu, agar puasa kamu lancar hingga berbuka, maka asupan makanan pada saat sahur pun harus diperhatikan. Asupan makanan yang kamu makan haruslah memiliki nutrisi dan gizi seimbang agar kamu bisa lebih bertenaga saat berpuasa.

Baca Rekomendasi :   Wajib Tahu! 6 Hal-Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa

Memilih Makanan Sehat untuk Sahur

Berikut ini adalah tips memilih makanan sehat untuk sahur.

1.Pilih makanan yang kaya karbohidrat

Selama berpuasa, tentunya kamu membutuhkan tenaga untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Makanan dengan kandungan karbohidrat bisa membantu kamu lebih bertenaga saat menjalankan puasa. Misalnya, roti gandum, gandum utuh, nasi merah, biji-bijian, kentang, dan masih banyak lagi. Karbohidrat bisa membantu kamu menjadi kenyang lebih lama karena proses pencernaannya lebih lama jadi bisa memberikan cadangan energi lebih banyak.

2. Pilih makanan yang kaya akan serat dan protein

Saat kamu memasak untuk sahur, pastikan terdapat menu yang mengandung serat dan protein.  Anda bisa memasukan menu sayur dan buah-buahan seperti lobak, wortel, bayam, selada, buah pir, apel, pisang, papaya, manga, dan masih banyak lagi.

Serat ini bisa membantu tubuh kamu mengatur level gula yang naik turun yang bisa membuat kamu merasa lapar. Selain itu, protein berfungsi untuk memenuhi gizi dan vitamin kamu, seperti pada ikan dan daging.

3. Menghindari makanan yang mengandung minyak berlebih

Saat sahur, mungkin kamu lebih suka memakan makanan berminyak seperti gorengan, apalagi jika dibarengi dengan cabai rawit. Namun hal tersebut ternyata tidak baik jika dikonsumsi saat sahur. Makanan yang mengandung minyak berlebih akan sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu, makanan berminyak juga bisa membuat tenggorokan kamu kering dan cepat merasa haus.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa

4. Tidak menghangatkan makanan sisa buka puasa

Saat kamu membeli atau memasak makanan untuk buka puasa, biasanya kamu gak akan tanggung-tanggung. Kamu memasak dalam jumlah yang banyak biar kamu gak perlu lagi memasak untuk sahur yang nantinya bisa dihangatkan. Padahal menghangatkan makanan tidak baik dikonsumsi untuk sahur. Makanan yang dihangatkan akan kehilangan gizi dan nutrisinya.

Untuk itu, lebih baik kamu memasak lagi untuk makan sahur nanti.

5. Minum air putih yang cukup

Langkah yang terakhir yaitu kamu harus minum air putih yang cukup saat sahur. Dengan meminum air putih yang cukup, tubuh kamu akan terhidrasi dengan baik dan tidak kekurangan cairan. Kamu bisa minum dua gelas air sesaat setelah makan.

Itulah beberapa 5 Tips Memilih Makanan Sehat untuk Sahur yang bisa kamu terapkan saat memilih makanan untuk sahur. Tetap jaga kesehatan saat berpuasa agar tubuh kamu tetap fit. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page