Saat Puasa, Yuk Isi Waktumu Dengan 6 Kegiatan Bermanfaat dan Meningkatkan Iman

  • Bagikan
Kejar akhirat
Kejar akhirat

Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh rahmat bagi umat muslim. Bulan yang datang setahun sekali ini memiliki ciri khas yang biasa dilakukan oleh umat muslim, seperti berbuka puasa bersama, tarawih, ngabuburit, tadarus Al-Quran di masjid, dan masih banyak kegiatan lainnya. Tentu saja, kamu tidak akan menyia-nyiakan bulan yang penuh berkah ini.

Karena bulan ramadhan adalah bulan yang baik, maka kamu harus mengisinya dengan berbagai kegiatan positif. Kegiatan yang positif bisa membantu kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi, apalagi jika dilakukan saat bulan ramadhan. Bayangkan saja misalnya jika kamu bersedekah setiap hari, maka kamu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Lalu, apa sih manfaat melakukan aktivitas di bulan ramadhan?

Berpuasa memang mengharuskan kamu untuk menahan lapar, haus, dan emosi dari pagi hingga menjelang magrib. Dengan begitu, kamu mungkin merasa malas untuk melakukan berbagai aktivitas dan inginnya diam saja di rumah menonton tv seharian. Padahal waktu ramadhan haruslah digunakan sebaik mungkin. Kegiatan positif sekecil apapun akan diberikan pahala, apalagi jika kamu melakukan aktivitas yang menguras tenaga.

Selain itu, melakukan aktivitas saat ramadhan juga bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih fit. Badan kamu akan terus aktif bergerak sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar. Namun jangan terlalu berlebihan karena bisa-bisa kamu batal puasa.

Baca Rekomendasi :   Jebakan Syaitan: Membuka Aib 10 Tahun yang Silam

Apa yang terjadi jika kamu bermalas-malasan?

Jika kamu hanya tidur seharian dan tidak melakukan kegiatan produktif, maka waktu ramadhanmu akan terbuang sia-sia. Jika kamu hanya diam saja di rumah, menonton serial drama, dan tidur sepanjang hari maka tidak ada kebaikan yang bisa kamu dapat. Ramadhan merupakan momen yang datang hanya sebulan sekali, jadi kamu harus benar-benar memanfaatkannya sebaik mungkin.

Jika kamu hanya bermalas-malasan, maka tubuh pun akan cepat pegal dan lelah karena tubuh tidak bergerak sama sekali. Kamu akan merasa ngantuk seharian dan akhirnya tidak melakukan apa-apa. Selain itu, otak pun tidak dipaksa untuk berpikir sehingga kamu akan cepat merasa lelah dan bosan.

Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan berbagai aktivitas positif selama bulan ramadhan. Ajak keluarga kamu untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat agar mereka bisa mendapatkan kebaikan juga.

Lakukan Kegiatan Ini Saat Ramadhan

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang saat bulan ramadhan.

1. Membaca ayat suci Al-Quran

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah tadarus Al-Quran. Membaca Al-Quran pada saat bulan suci ramadhan sangat dianjurkan karena pahala yang didapatkan akan berlipat-lipat ganda. Kamu bisa melakukan tadarus Al-Quran setelah selesai sholat maupun di jam-jam lainnya.

Baca Rekomendasi :   Nyesek! Curhatan Menantu Hanya Diijinkan Makan Sayur Bening oleh Mertua

Jika ingin lebih afdol, kamu bisa melakukannya di masjid bersama teman-teman yang lainnya. Dengan begitu, bulan ramadhan pun menjadi lebih berkah.

2. Melakukan kegiatan sosial

Kegiatan selanjutnya yaitu kamu bisa melakukan kegiatan sosial ke beberapa tempat. Agar tidak sendirian, kamu bisa mengajak saudara atau teman-teman untuk melakukan kegiatan ini.

Kamu bisa pergi ke panti asuhan atau yayasan yatim piatu untuk memberikan santunan, atau bisa juga mengajar ngaji atau pelajaran bahasa Inggris pada anak-anak di sekitaran rumah kamu. Kamu bisa melakukan bantuan apa saja selagi bermanfaat.

3. Menghadiri kajian

Hal yang satu ini memang sedang digemari khususnya oleh para kaum muda. Kamu bisa menghadiri kajian selama bulan ramadhan. Carilah jadwal kajian yang biasanya tersebar di media sosial. Selain mendapatkan ilmu, kamu juga berkesempatan untuk mengikuti kajian Ustadz favorit kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang berfaedah dan berpahala selama bulan ramadhan ini.

4. Buka puasa bersama

Kegiatan ini bisa jadi aktivitas andalan kamu selama bulan ramadhan. Buka puasa bersama teman-teman menjadi ajang reuni sekaligus silaturahim. Kamu bisa bersilaturahim dengan teman-teman yang sudah 3-5 tahun tidak bertemu.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Bentuk Silaturrahiim di Bulan Puasa

Namun, saat berbuka puasa bersama, jangan sampai melewatkan sholat magrib dan tarawih. Jangan karena kamu terlalu asyik bernostalgia dengan teman-teman, kamu bisa seenaknya bahkan meninggalkan sholat wajib.

5. Berjualan

Kegiatan yang satu ini bisa sangat menguntungkan. Kamu bisa berjualan apapun saat bulan ramadhan. Biasanya akan ada satu tempat yang ramai untuk dijadikan pusat perdagangan makanan dan minuman selama bulan ramadhan.

Kamu bisa ikut jualan disana dengan berbagai macam makanan atau minuman yang kamu jual. Misalnya, kamu bisa berjualan makanan-makanan ringan/jajanan untuk anak-anak, atau menu-menu makanan untuk berbuka puasa.

6. Membaca buku

Hal yang terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu membaca buku. Kamu bisa membaca di rumah atau di toko-toko buku terdekat. Bacalah buku-buku yang inspiratif agar kamu bisa menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah ke enam tips untuk mengisi waktu luang selama bulan ramadhan. Semoga informasi di atas bermanfaat ya! Isi Waktu Luangmu Dengan 6 Kegiatan Ini Saat Ramadhan

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page