Inilah 5 Rekomendasi Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa

makanan yang baik untuk buka puasa

Makanan menjadi sumber nutrisi dan gizi bagi tubuh. Nutrisi ini penting bagi tubuh kamu khususnya pada saat bulan ramadhan. Saat puasa kamu harus menahan lapar dan haus dari  mulai terbit hingga terbenamnya matahari. Untuk itu, kamu memerlukan gizi dan asupan nutrisi yang seimbang agar tetap fit seharian selama bulan ramadhan.

Nutrisi ini bisa kamu dapatkan saat sahur dan berbuka puasa. Namun sayang, kamu biasanya tidak terlalu memperhatikan asupan makanan selama bulan puasa. Banyaknya aneka makanan yang dijual pedagang kaki lima membuat kamu mudah lapar mata, sehingga apa saja dibeli yang penting perut bisa kenyang. Padahal, hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan kamu karena selain bisa membuat kamu gemuk, juga bisa membuat pencernaan bermasalah.

Apa manfaat nutrisi yang baik untuk tubuh yang sedang puasa?

Selama kamu berpuasa, tubuh memerlukan asupan makanan yang baik. Asupan yang baik bisa membuat tubuh kamu menjadi sehat dan bertenaga saat puasa. Nutrisi yang harus kamu konsumsi untuk berbuka puasa diantaranya karbohidrat dan protein. Kedua nutrisi tersebut bisa membantu mengisi tenaga kamu yang hilang seharian. Selain itu serat juga dibutuhkan agar terhindar dari beberapa masalah kesehatan seperti konstipasi, panas dalam, dan lain sebagainya.

Lantas, makanan apa saja yang sebaiknya dihindari saat berbuka?

Perlu kamu ketahui bahwa tidak semua makanan bisa menyehatkan tubuh. Ada beberapa pantangan makanan dan minuman yang sebaiknya kamu hindari saat berbuka puasa, diantaranya minuman bersoda, goring-gorengan, cokelat, susu tinggi lemak, buah yang mengandung gas, kopi, dan masih banyak lagi. Makanan dan minuman tersebut tidak baik bagi lambung jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Minuman bersoda bisa membuat anda dehidrasi jika dikonsumsi saat berbuka. Selain itu, goreng-gorengan juga tidak baik karena bisa membuat tenggorokan kamu kering. Sedangkan buah yang mengandung gas bisa membuat perut kamu kembung. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan asupan makanan untuk berbuka puasa.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa jajanan-jajanan yang terpampang di beberapa toko maupun di pinggir jalan sangat menggoda mata. Tapi biasanya setelah kamu membeli jajanan-jananan dalam jumlah yang banyak, tidak akan habis saat dimakan pada saat berbuka.

Makanan yang Baik untuk Berbuka Puasa

Daripada kamu bingung harus makan apa untuk berbuka puasa nanti, simak beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi selama berbuka puasa berikut ini.

1. Buah kurma

Siapa yang tidak tahu dengan buah yang satu ini. Buah kurma sudah menjadi legenda dari tahun ke tahun sebagai menu terbaik untuk berbuka puasa. Buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh yang sedang berpuasa.

Buah kurma mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, kurma juga sangat bermanfaat untuk memberikan stamina setelah berpuasa seharian. Kamu bisa mengkonsumsi 3 sampai 4 biji kurma saat berbuka.

2. Madu

Makanan yang selanjutnya yaitu madu. Madu memiliki kandungan pemanis alami yang baik untuk tubuh kamu. Madu itu sendiri mengandung, glukosa, maltosa, friktosa, dan sukrosa. Daripada kamu membeli es campur atau minuman manis lainnya, lebih baik minum madu yang dicampur dengan air hangat. Madu ini sangat berkhasiat untuk merecharge tenaga dan mengembalikan stamina setelah berpuasa selama kurang lebih 12 jam.

Sebaiknya kamu membeli madu murni yang kini sudah tersedia di beberapa toko maupun mini market. Jangan membeli madu kemasan yang sudah tercampur pengawet dan pemanis buatan.

3. Roti gandum

Meskipun jarang terdengar, namun roti gandum baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Roti gandum memiliki kandungan karbohidrat yang berfungsi untuk memulihkan stamina selama berpuasa.

Bagi kamu yang jarang atau tidak suka nasi, roti gandum bisa jadi alternatifnya. Agar rasanya tidak hambar, kamu bisa mencampurkannya dengan bubur kacang hijau atau bubur ketan. Selain itu bisa juga dicampur madu agar rasanya manis.

4. Singkong rebus

Singong ini katanya baik jika dikonsumsi sebagai menu buka puasa. Memang zaman sekarang sulit untuk mendapatkan singkong apalagi di perkotaan, namun kamu harus mencoba menu yang satu ini. Singkong kaya akan karbohidrat yang bagus untuk memulihkan energi kamu. Cara mengolahnya yaitu cukup direbus saja, dan tidak perlu digoreng. Nikmati selagi hangat.

5. Salad buah

Sebagai menu pembuka, salad bisa jadi pilihannya. Jika kamu tidak ingin mengkonsumsi makanan berat terlebih dahulu, kamu bisa membuat salad buah. Salad itu sendiri terdiri atas mayonnaise yang dicampur dengan aneka buah seperti apel, semangka, anggur, stroberi, manga, dan buah-buahan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan madu jika ingin rasanya lebih manis.

Jika kamu penderita asam lambung, hindari buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti nanas, kedongdong, dan sebagainya. Demikianlah rekomendasi beberapa makanan yang baik untuk dimakan saat berbuka puasa. Selalu jaga stamina saat berpuasa agar ibadah kamu menjadi lancar.