Ikuti 5 Tips ini Agar Bisa Menghemat Uang Saat Buka Bersama

tips menghemat uang saat bukber
0 76

Salah satu momen yang tidak bisa kamu lewatkan yaitu bulan ramadhan. Bulan yang pernuh berkah ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena apapun aktivitas yang kamu lakukan akan menuai pahala berlipat-lipat, seperti menghadiri kajian, tadarus Al-Quran, membersihkan, rumah, membaca buku, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan momen bulan puasa ini untuk bersilaturahmi bersama teman-teman lama atau saudara jauh dengan cara buka puasa bersama.

Buka puasa bersama sudah seperti menjadi tradisi saat bulan ramadhan. Setiap orang pasti pernah ngalamin dimana grup jejaring sosial mereka penuh dengan ajakan buka bersama, seperti grup alumni SD, alumni SMP, alumni SMA, kuliah, grup komplek, dan lain sebagainya. Dengan begitu, jadwal kamu di bulan puasa pun akan penuh dengan jadwal-jadwal bukber yang pastinya harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit.

Apa saja manfaat buka bersama?

Apapun yang kamu lakukan selama bulan ramadhan, pastikan memiliki nilai positif di dalamnya. Bukber atau buka bersama bisa menjadi momen untuk bersilaturahmi dengan teman-teman lama. Kamu bisa mengenang beberapa momen-momen berkesan saat dulu di bangku sekolah, atau hanya sekedar bertanya kabar dan aktivitas yang sekarang dilakukan. Namun kamu harus ingat, jangan sampai momen berbuka puasa ini membuat solat magrib kamu kebablasan. Prioritaskan dulu yang wajib agar leluasa.

Baca Rekomendasi :   Amalan Segunung Hancur Karena Riya, Begini Fakta dan Buktinya

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi bukber ini dengan berbagai kegiatan postif, seperti berdiskusi untuk merencanakan pembagian takjil gratis, mengadakan santunan ke panti asuhan, dan lain-lain. Jangan isi momen ini dengan kegiatan hura-hura karena sayang jika bulan yang baik ini diisi dengan kegiatan yang tidak ada gunanya.

Lalu, hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan saat buka bersama?

Tentu saja, ada beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan saat berbuka puasa bersama. Saat berbuka puasa bersama, pastikan kamu tidak makan terlalu banyak, tidak melewatkan salat fardhu, tidak mengganggu ketenangan orang lain jika buka bersama di café/restoran, tidak datang terlambat, tidak bergosip, dan yang paling penting tidak menghambur-hamburkan uang.

Saking lapernya, kamu sering memilih makanan sesuka hati tanpa memikirkan budget yang dikeluarkan. Namun akhirnya, biasanya makanan itu tidak pernah habis karena kamu sudah kenyang duluan. Untuk itu, berhemat dalam mengeluarkan budget untuk berbuka puasa bersama sangatlah penting.

Agar Bisa Menghemat Uang Saat Buka Bersama

Agar kamu tidak lagi boros, berikut ini adalah beberapa tips menghemat uang saat berbuka puasa yang bisa kamu lakukan.

Baca Rekomendasi :   Dibalik Gemerlapnya Ibukota, Ada Adik-Adik SD Cipinang 03 Membutuhkan Bantuan di Sudut Jakarta

1. Memasak bersama

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu memasak bersama. Agar kamu bisa menghemat budget, kamu bisa melaksanakan bukber di rumah.  Kamu bisa membagi-bagi tugas dengan teman, siapa yang akan berbelanja, siapa yang akan memasak, dan siapa yang akan menghubungi teman-teman. Dengan begitu, kamu pun bisa menjalin kerjasama yang baik dan mempererat hubungan dengan teman-teman kamu.

Selain itu, budget yang dikeluarkan pun akan lebih hemat dibanding harus bukber di luar. Gimana, kamu tertarik?

2. Pilih menu yang bisa dimakan bersama

Kalau kamu memilih untuk bukber di luar, maka sebisa mungkin memilih menu yang bisa dimakan secara bersama. Menu seperti ini biasanya tidak akan mengeluarkan budget terlalu besar, misalnya menu 5 in 1, menu keluarga, dan lain-lain. Dengan memilih menu paket besar, maka kamu bisa patungan bersama teman-teman, dan tentuny abisa mneghemat budget kamu selama bulan ramadhan.

3. Berbuka dengan system Potluck

Apa kamu baru pertama kali mendengar istilah ini? Sistem potluck adalah setiap orang membawa makanan masing-masing untuk dinikmati bersama. Kamu bisa memilih rumah siap ayang ccok untuk melaksanakan bukber dengan system potluck ini. Tentukan makanan apa saja yang akan dibawa agar tidak membawa makanan yang sama. Dengan begitu, kamu bisa mencicipi setiap masakan yang berbeda juga akan sangat menghemat budget.

Baca Rekomendasi :   Punya Hobby dan Bakat? Jadikan Sebagai Mesin Pencari Uang Sampinganmu. Begini Caranya!

4. Memilih menu paket hemat

Di beberapa café atau restoran, biasanya tersedia berbagai paket hemat. Paket ini sangat cocok untuk kamu yang akan melaksanakan buka bersama. Pilihlah paket hemat yang sudah mencangkup lauk, nasi, serta minumnya.

Biasanya harga paket hemat ini lebih murah dibandingkan kamu membelinya secara terpisah. Sebaiknya, diskusikan terlebih dahulu dengan teman-teman kamu sebelum mengambil paket ini.

5. Memanfaatkan promo

Saat kamu akan merencanakan untuk buka puasa, maka pilihlah café/restoran yang sedang mengadakan promo. Biasanya, promo ini bisa kamu dapatkan dengan beberapa syarat, misalnya pembelian 5 get 1, atau diskon 30% setiap pembelian minimal 100ribu, dan masih banyak lagi. Manfaatkan promo ini agar kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak.

Itulah beberapa tips menghemat uang untuk acara buka bersama. Selalu sisihkan uang selama bulan ramadhan agar kamu bisa punya bekal untuk lebaran nanti. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page