Ikuti 5 Tips Berikut Ini Agar Kulit Tetap Cantik Selama Bulan Puasa

Cantik Selama Ramadhan
1 57

Selama bulan puasa, kamu diharuskan untuk menahan rasa lapar dan haus kurang lebih selama 12 jam. Agar menjaga kondisi agar tetap fit saat beraktivitas di siang hari, kamu harus memakan makanan yang bergizi saat sahur. Selain menjaga kondisi tubuh, kamu juga harus menjaga kondisi kulit agar tetap segar dan sehat selama bulan puasa. Terkadang hal ini selalu disepelekan dan tidak mendapatkan perhatian yang cukup.

Pada saat bulan puasa, biasanya kamu cuman mementingkan urusan kondisi tubuh agar tetap berstamina. Padahal, kulit juga merupakan bagian dari tubuh yang harus dirawat khususnya pada saat bulan puasa. Jika kamu tidak menjaga asupan makanan dan pola hidup, maka nutrisi pada kulit pun akan kurang, begitupun jika kamu tidak menggunakan skin care khusus, mungkin kulit kamu akan terlihat kusam seharian.

Mengapa merawat kulit saat bulan puasa itu penting?

Merawat kulit saat bulan puasa itu penting. Kulit harus tetap terhidrasi dan tercukupi nutrisinya agar kamu bisa tampil segar, lembab dan cantik setiap saat. Selain itu, agar kulit menjadi lebih sehat, kamu juga bisa menambahkan asupan vitamin. Kamu bisa mendapatkan vitamin-vitamin ini dari buah-buahan maupun suplemen tertentu. Dengan memiliki kulit yang sehat, makakamu akan tampil lebih percaya diri dan puasa kamu menjadi lebih bersemangat.

Baca Rekomendasi :   5 Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Maag

Namun tak sedikit yang malas untuk menjaga kesehatan kulit dikarenakan aktivitas yang padat saat di bulan puasa hingga perawatan yang satu ini terlupakan.

Apa efek buruknya jika kamu menyepelekan perawatan kulit selama bulan puasa?

Jika kamu tidak memperhatikan kesehatan kulit, maka akan ada beberapa efek buruk yang timbul pada kulit kamu. Kulit kamu bisa mengalami kekeringan yang cukup parah jika tidak mengkonsumsi air putih yang cukup. Selan itu, kulit kamu juga bisa kusam dan berjerawat jika tidak memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Kulit yang bermasalah tidak akan membuatmu nyaman saat berpuasa. Bayangkan saja, ketika kamu harus menahan lapar, kamu juga harus menahan perih kulit yang kering.

Agar Kulit Tetap Cantik Selama Bulan Puasa

Selain dari asupan makanan, kulit yang bermasalah juga disebabkan karena kurangnya perawatan dari luar. Misalnya, timbul noda-noda hitam, kusam, berjerawatn, dan masih banyak lagi. Dengan efek-efek buruk ini aktivitas berpuasa kamu menjadi tidak nyaman dan bisa mengurangi kepercayaan diri.

Untuk itu, kamu tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara untuk menjaga kulit tetap cantik dan sehat selama berpuasa. Berikut ini adalah ulasannya.

Baca Rekomendasi :   3 Minuman Ini Pas Bangat Untuk Berbuka Puasa, Segar dan Enak Pula

1. Berolahraga secara teratur

Meskipun sedang dalam kondisi berpuasa, kamu jangan melewatkan aktivitas yang satu ini. Selain bagus untuk kebugaran tubuh, olahraga juga bagus untuk merawat kulit selama berpuasa. Olahraga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar sehingga bisa mencerahkan kulit. Selain itu, berolahraga juga bisa membuat kulit kamu kencang. Kamu bisa melakukan olahraga apa saja asalkan tidak membuat puasa kamu batal, seperti berjalan santai, main badminton, dan lain-lain.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang berat selama puasa. Asalkan berkeringat saja sudah cukup. Lakukan seminggu dua kali dengan durasi yang tidak terlalu lama, misalnya cukup 15-30 menit saja.

2. Mengkonsumsi buah dan sayur

Langkah yang kedua yaitu mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur harus ada pada menu sahur dan berbuka puasa. Kandungan yang ada pada sayur dan buah tidak hanya membuat pencernaan kamu bagus, tetapi membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya. Makan buah sebelum makan pada saat sahur maupun berbuka. Jangan memasak sayuran terlalu matang agar kandungan nutrisinya tetap terjaga.

3. Mengkonsumsi air yang cukup

Saat berpuasa, tomatis tubuh kamu akan kekurangan cairan. Untuk itu dianjurkan untuk minum air putih kurang dua gelas pada saat sahur maupun berbukan puasa. Air ini berfungsi agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik juga merawat kulit agar tetap sehat dan elastis. Jika kamu malas mengkonsumsi air putih, maka kulit kamu akan dilanda kekeringan. Gak mau kan?

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Tips Berpuasa yang Aman untuk Ibu Hamil

4. Tidur yang cukup

Jika kamu hobi begadang, maka segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Begadang tidak hanya akan membuat kulit kamu kusam dan berjerawat. Untuk itu, tidurlah yang cukup puasa 6-8 jam selama bulan puasa. Tidur yang cukup dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit sehingga kulit akan terlihat lebih sehat dan cerah. Kamu bisa menerapkan kebiasaan ini untuk hari-hari biasa juga.

5. Menggunakan skincare yang tepat

Langkah yang terakhir yaitu kamu bisa menggunakan skin care sebagai perawatan dari luar. Jika kulit kamu cenderung kering, maka gunakanlah lotion agar kulit kamu tetap lembab. Selain itu gunakan juga krim ber-SPF ketika akan keluar rumah agar terhindar dari sengatan matahari yang bisa merusak kulit.

Setelah membaca ulasan di atas, kamu gak perlu khawatir lagi kan dengan kondisi kulit kamu selama berpuasa? Tetap jaga kondisi kulit dari luar dan dalam agar kamu semangat menjalani puasa.

1 Comment
  1. […] akan berpikir bahwa kamu sedang diet atau sakit. Padahal kenyataannya kamu sedang menjalankani badah puasa. Tentu saja ini menjadi kebiasaan yang jarang dilihat oleh anak-anak, karena biasanya kamu melahap […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page