5 Tips Puasa Lancar Bagi Penderita Maag

agar puasa lancar bagi penderita maag
0 42

Seseorang yang menderita penyakit maag sudah pasti tidak bisa makan sembarangan. Sedikit saja kamu mencicipi makanan pedas atau minuman dingin, lambung kamu akan cepat bereaksi dan menimbulkan sakit yang amat perih. Tentu saja hal itu sangat mengganggu aktivitas kamu, bahkan jika sudah parah mau tak mau harus dilarikan ke UGD. Maka dari itu, penderita maag harus benar-benar disiplin dalam menjaga asupan makanan maupun minuman.

Siapapun dapat menderita penyakit maag. Penyakit maag umumya disebabkan karena telat makan dan pola hidup yang tidak sehat. Sedikit saja kamu telat makan atau makan makanan yang pedas, maka penyakit maag itu akan kambuh, bahkan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, tak sedikit dari mereka yang tidak kuat saat menjalani ibadah puasa yang mengharuskan kita untuk menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam.

Apakah penderita maag diperbolehkan untuk tidak berpuasa?

Jika kamu puasa, maka kamu harus bisa menahan untuk tidak mengkonsumsi apapun hingga waktu berbuka tiba. Pada penderita maag kronis, umumnya tidak bisa untuk tidak makan karena hanya akan memperburuk kondisi lambung, seperti mual dan muntah, pendarahan hebat, bahkan pingsan.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Oleh karena itu, penderita maag kronis bisa untuk tidak berpuasa karena dalam Islam pun diperbolehkan jika seseorang tersebut menderita penyakit yang serius. Namun jika kamu seorang penderita maag akut, kamu bisa saja berpuasa tergantung kondisi dan situasi. Maag akut biasanya masih bisa diatasi dengan minum obat terlebih dahulu pada saat sahur.

Selain itu, gejalanya pun tidak akan separah maag kronis dan masih bisa ditahan, seperti keliyengan, mual, cepat lelah, perut terasa perih, dan lain sebagainya. Untuk itu, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengambil keputusan.

Jika sewaktu-waktu maag kambuh saat berpuasa, apa yang harus dilakukan?

Saat waktu menunjukan pukul 3 sore, tiba-tiba perutmu terasa melilit disertai mual. Kamu pasti akan kesal sekaligus khawatir karena sebentar lagi adalah waktu berbuka namun penyakit maag tiba-tiba datang. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu mencoba untuk rileks karena bisa saja maag disebabkan oleh kondisi kamu yang kelelahan maupun terlalu banyak pikiran. Jika sudah tidak kuat lagi, maka kamu bisa membatalkan puasa saja.

Tips Puasa Bagi Penderita Maag

Sebenarnya banyak kekhawatiran yang dirasakan para penderita maag saat akan menjalankan ibadah puasa. Tapi sekarang kamu tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa tips agar para penderita maag bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Baca Rekomendasi :   Biar Tidurmu Bermanfaat, Ini Waktu-Waktu Tidur Yang Baik Pada Bulan Ramadhan

1. Memperhatikan asupan makanan untuk sahur dan berbuka

Saat hari pertama berpuasa, pastikan kamu memilah makanan dan minuman apa saja yang baik untuk lambung. Penderita maag tidak diperbolehkan untuk makan makanan yang pedas, asam, dan berlemak.

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang aman untuk lambung seperti makanan-makanan yang mengandung protein. Selain itu jangan lupa untuk memasukan serat ke dalam daftar menu makanan untuk berbuka dan sahur kamu.

2. Makan perlahan saat berbuka puasa

Penderita maag mempunyai lambung yang sangat sensitif. Ketika makanan masuk dalam jumlah yang banyak, maka lambung yang kosong pun akan ‘kaget’ sehingga bisa menyebabkan perut kamu perih melilit bahkan mual. Maka dari itu, makanlah secara perlahan dan kunyah makanan sampai halus, agar lambung tidak syok dan makanan dapat dicerna dengan baik.

3. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Minuman yang bersoda, manis dan dingin memang sangat menyegarkan jika dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Namun, minuman ini menjadi musuh bagi para penderita maag.

Minuman-minuman tersebut bisa menyebabkan lambung kamu perih dan keram. Maka dari itu, sebaiknya kamu meminum air putih saja. Air putih sangat aman dikonsumsi baik untuk penderita maag kronis sekalipun. Minumlah air dua gelas saat sahur dan dua gelas saat berbuka puasa.

Baca Rekomendasi :   Terapkan 4 Cara Ini Dalam Melatih Anak Berpuasa

4. Tidak langsung tidur sesudah makan

Tidur setelah makan sangat tidak dianjurkan apalagi untuk penderita maag. Tidur sesaat setelah makan hanya akan membuat asam lambung kamu naik ke kerongkongan dan menyebabkan sesak nafas. Selain itu, proses pencernaan pun akan melambat sehingga sakit maag bisa kambuh. Jika kamu mengantuk, sebaiknya tunggu hingga 1 sampai 2 jam sesudah makan, baru kamu bisa tidur dengan santai.

5. Berkonsultasi ke dokter

Yang terakhir yaitu kamu bisa berkonsultasi ke dokter. Disana kondisi lambung kamu bisa dicek apakah mengidap penyakit maag yang akut atau kronis. Dengan begitu, dokter pun akan memberikan resep obat dan menyarankan untuk berpuasa atau tidak. Jangan lupa juga untuk menanyakan jadwal periksa ulang agar kesehatan lambung kamu tetap terkontrol.

Itulah beberapa tips bagi penderita maag agar bisa melakukan ibadah puasa dengan lancar . Selalu jaga kesehatan saat berpuasa agar ibadah menjadi tenang.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page