Hindari Mengkonsumsi 5 Makanan Ini Saat Sahur

makanan yang tidak boleh dikonsumsi saat sahur

Kebiasaan aktivitas sehari-hari akan menjadi jauh berbeda saat bulan puasa tiba. Saat bulan puasa, kamu tidak bisa lagi menikmati es campur sambil menikmati menonton film di siang hari. Selain itu, sarapan pun diganti dengan makan sahur yang mengharuskan kamu bangun pagi lebih awal. Tentunya hal-hal seperti ini akan sangat mengubah kebiasaan kamu, tidak seperti hari-hari biasanya.

Kebiasaan memakan makanan sembarangan biasanya akan terbawa hinga bulan puasa tiba. Jika kamu terbiasa makan gorengan dan minuman bersoda, maka kemungkinan kamu akan melakukan hal yang sama pada saat berbuka maupun sahur. Padahal, makan makanan yang tidak bergizi sangat tidak dianjurkan karena tidak akan memenuhi nutrisi untuk tubuh agar tetap fit dan sehat selama berpuasa. Kebiasaan seperti ini sebaiknya dihindari agar pola makanmu lebih sehat.

Apa manfaat memakan makanan yang bergizi saat sahur?

Pada saat berpuasa, kamu memerlukan tenaga agar bisa fit selama berpuasa kurang lebih 12 jam. Asupan nutrisi yang baik sangat diperlukan khususnya saat makan sahur. Saat sahur, pastikan kamu memakan makanan bergizi yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Ke empat gizi tersebut bisa membuat ibadah puasamu tetap fit dan bertenaga, seperti daging, telur, ikan, susu rendah lemak, dan masih banyak lagi.

Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga sangat berperan penting untuk dikonsumsi saat sahur. Makanan yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat kulit menjadi lebih segar dan lembab. Untuk itu sangat dianjurkan untuk makan makanan bergizi saat sahur.

Apa yang terjadi jika kamu makan dan minum sembarangan saat sahur?

Jangan pernah malas memasak atau membeli makanan yang bergizi selama bulan puasa. Jika kamu hanya makan seadanya atau makan sembarangan, kemungkinan besar puasa kamu megalami masalah. Jika kamu makan makanan yang mengandung lemak tinggi, maka khawatir kamu akan mengalami sembelit karena proses pencernaan menjadi lambat. Selain itu, makan-makanan gorengan juga tidak dianjurkan saat sahur karena akan membuat tenggorokan kering dan kurang bertenaga saat menjalankan puasa.

Selain itu, kamu juga harus menjaga asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Tubuh akan kekurangan cairan jika kamu sedikit mengkonsusmsi air putih saat sahur sehingga akan berdampak lemas saat menjalankan puasa seharian.

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sahur

Oleh karena itu, agar kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar, maka hindari beberapa makanan dan minuman berikut ini saat sahur.

1. Minum kopi dan soda

Saat kamu makan sahur, sebaiknya hindari meminum kopi. Kopi biasanya akan mambuat kamu lebih sering pergi ke toilet karena kandungan laksatifnya bisa membuat kerja usus lebih cepat. Selain itu, kopi juga tidak baik untuk penderita maag karena hanya akan mengakibatkan asam lambung naik sehingga perut akan menjadi tidak nyaman.

Selain itu, hindari juga minuman bersoda agar perut kamu tidak kembang. Minum minuman bersoda pada saat sahur juga bisa membuat kamu haus selama berpuasa.

2. Makanan yang asin

Makanan yang asin juga sebaiknya kamu hindari untuk menu sahur. Makanan yang asin bisa menimbulkan rasa haus selama menjalankan puasa. Selain itu, makanan asin juga tidak baik bagi penderita hipertensi. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi garam atau penyedap rasa pada makanan untuk sahur. Selain itu, hindari juga makanan kaleng yang memiliki kandungan garam yang tinggi.

3. Makanan dengan karbohidrat rendah

Karena selama puasa kamu membutuhkan stamina yang kuat, maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Kamu sebisa mungkin harus mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks agar energi pada tubuh bisa tercukupi saat bulan puasa. Kamu bisa mengkonsumsi gandum, oats, nasi merah, dan lain-lain. Jika kamu megkonsumsi karbohidrat rendah, maka perut akan cepat kenyang dan mudah lapar kembali.

4. Makanan pedas

Makanan tanpa rasa pedas biasanya tidak akan terasa nikmat. Namun sebaiknya makanan yang satu ini harus dihindari saat sahur. Makanan yang pedas hanya akan membuat perut kamu sakit apalagi jika perut masih kosong. Kamu pasti tidak mau kan bolak-balik ke kamar mandi gara-gara makanan yang satu ini? Untuk itu kamu bisa menahan untuk tidak mencicipi makanan ini dulu, ya, kalau ingin puasanya lancar.

5. Makanan tinggi lemak

Yang terakhir yaitu kamu tidak dianjurkan untuk memakan makanan tinggi lemak saat sahur. Makanan tinggi lemak kemungkinan bisa membuat kamu sulit buang air besar atau konstipasi karena proses pengosongan perut menjadi lambat. Makanlah makanan dengan kandungan lemak yang rendah, misalnya kamu bisa mengganti menu ayam goreng menjadi ayam bakar saja.

Demikianlah 5 jenis makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Jadikan bulan puasa ini momen yang berarti untuk kamu dengan cara menjaga asupan makanan saat sahur maupun berbuka.