Rek, Ini Loh Tempat Wisata Kuliner yang Murah dan Enak di Surabaya

Zang Randi Ice Cream

Pernahkah kalian pergi ke Surabaya ? Kalau kalian pernah pergi ke tempat ini, bagaimana menurutmu suasana dari Kota Surabaya ini, menarik kah ? Pasti menarik sekali kan yah kondisi tata kota di Surabaya ? Yaiyalah menarik, Kota Surabaya kan merupakan kota paling besar di Indonesia, pasti ada banyak sekali dinamika kota yang berkembang di tempat ini.

Kota Surabaya, kota yang sering dijuluki sebagi kota pahlawan ini memang menarik untuk dikunjungi. Di kota ini, kalian bisa menemukan aneka kuliner Suroboyonan yang murah banget. Di tempat ini, kalian bisa mendapatkan kuliner yang rasanya pedas banget, sampai dengan kuliner yang rasanya manis. Lalu apa saja kuliner berharga terjangkau dan enak yang bisa ditemui di Kota Surabaya ? Berikut ini kami paparkan tempat wisata kuliner di Kota Surabaya yang murah dan enak.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Mengunjungi Kota Surabaya tak lengkap rasanya jika kita tak menikmati kuliner rujaknya. Apalagi Kota Surabaya itu terkenal dengan kulinernya yang pedas-pedas, wuah sayang untuk dilewatkan. Di Kota Surabaya, ada salah satu kuliner yang oke punya. Salah satu kuliner yang oke itu adalah kuliner Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Tempat wisata kuliner rujak ini amat populer, banyak diminati oleh orang-orang Surabaya.

Kalau kita lihat sekilas, rujak ini memang terlihat beda dari rujak lainya. Rasa rujak ini lebih gurih, dengan perpaduan rasa rujak yang lebih mantap.  Yang bikin unik itu ada perpaduan cingur. Cingur ini semacam kerupuk kulit sapi. Dengana perpaduan sambal kacang, semangkung rujak cingur yang dimakan oleh orang-orang pasti bikin ketagihan. Lidah mereka seperti digambar, bikin nagih hingga ke sekian kalinnya.

Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi menikmati kuliner Cingur yang lezat ini, silakan bisa segera datang saja. Lokasi rujak Cingur berada di Jl. Achmad Jais No 4 Wonokromo, Surabaya. Letaknya mudah diakses, karena berada di pusat kota.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Mendengar namanya yang nyeleneh, jangan dikira pengunjung wisata kuliner ini akan diajak balapan dulu oleh pemilik warung ini. Bukan begitu maksudnya. Tapi dengan penamaan itu, diharapkan ada banyak orang yang balapan makan di tempat ini. Lha wong makanan dari lontong balap garuda ini sangat enak, makanya banyak sekali orang-orang yang memadati tempat kuliner ini sehari-harinya.

Sajian kuliner ini sendiri terdiri dari lontong. Lontong itu kemudian disiram dengan kuah santan yang amat gurih. Agar lontong terasa lebih maknyus, lontong diberikan irisan bawang goreng, tauge, tahu goreng, sambal, kecap, dan yang bikin beda ada tambahan bumbu lethok-nya. Bumbu lethok ini yang membuat sajian kuliner lontong balapan beda dengan lainya. Kalau dirasakan di lidah sih ya gurih banget kuliner ini.

Biasanya, ada tambahan toping khusus. Kalian bisa memadukan lontong balap itu dengan aneka sate. Di tempat wisata kuliner lontong balap garuda Pak Endut terdapat aneka sajian sate. Mulai dari sate keong, sampai sundukan sate usus dan jeroan.

Jadi selain enak. Wisata kuliner di Lontong Balap Garuda Pak Endut juga amat bergizi banget guys, cocok nih dikunjungi kalian, bagi yang sedang ada program penggemukan badan.

Nasi Goreng Jancuk

Waduh, mendengar namanya saja bikin panas dingin ya. Bagimana tidak, kata jancuk itu kata pisuhanya orang Surabaya ketika sedang marah. Saat emosi orang Surabaya sedang tinggi-tingginya, kata jancuk ini biasa digunakan. Penamaan jancuk pada nasi goreng ini ternyata ada maksudnya.

Orang yang makan nasigoreng di tempat ini memang akan dibuat marah-marah dengan sendirinya setelah menikmati kuliner nasi goreng di tempat ini. Para pengunjung akan marah bukan karena penjualnya yang ngeselin, atau masak nasi gorengnya yang lama. Para pengunjung akan dibuat marah karena cita rasa nasigorengnya yang pedes gila. Ya, nasi goreng di tempat ini pedasnya level 17 setan. Level dengan tingkat kepedasan seperti ini yang membuat orang-orang yang mengunjungi tempat ini langsung berteriak “dancuk”.

Lha emang dikasih cabe berapa ? Begitu mungkin pertanyaanmu yang penasaran. Cabe yang dipakai pada tempat kuliner ini sendiri mencapai 20 puluh cabe rawit hijau. Gak kebayang kan gimana pedasnya kalau nasi goreng itu dimasak dengan tambahan cabe rawit sebanyak itu.

Kendati nasi goreng di tempat ini pedes gila, tapi kalian jangan khawatir. Disini disediakan penawarnya kok, bagi kalian yang kepedasan itu. Kalian bisa mengobati rasa pedas di lidah itu dengan mimum es jeruk manis, dan es teh manis. Tersedia juga aneka cemilan ringan seperti gorengan. Cemilan ini bisa mengobati pedas yang ada pada lidahmu secara cepat.

Bagi kalian yang mau datang ke tempat ini silakan datang saja. Tempat wisata kuliner ini berada di jalan Surabaya Plaza Hotel, letaknya berada di Jalan Pemuda, Surabaya.

Sate Ayam Lisidu

Secara geografis, letak Surabaya tak jauh dari Pulau Madura. Karena letaknya yang berdekatan inilah mengapa di Surabaya terdapat banyak sekali tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka sate bercitarasa mirip seperti sate-sate yang ada di Pulau Madura. Salah satu tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka sate dengan cita rasa seperti sate ala-ala Madura bisa Anda dapatkan di Sate Ayam Lisidu.  Berada di Kwasan Wonokromo, tempat wisata kuliner Sate Ayam Lisidu memang asik banget guys buat kalian datengi.

Disini kalian bisa merasakan kuliner sate super enak dengan kondisi sate yang masih panas. Ya, ini ciri khas dari sate yang disediakan oleh Sate Ayam Lisidu. Cara penyajianya itu lho unik banget, sate disajikan dalam wadah anglo dengan panas membara. Wadah anglo ini akan membuat satenya dalam keadaan tetap panas, walaupun kita makan sate ini sembari ngobrol ngalur ngidul.

Sate ayam lisidu kalau kita lihat secara penampilan ini cukup menggoda gaes. Sate yang berbentuk pipih itu disiram dengan kecap manis, sambel kacang, dan bumbu bawang putih dijadikan satu. Kalau disantap pertama kali di lidah si rasanya gurih banget. Bagi kalian yang penasaran ingin mencoba kuliner sate Ayam Lisidu ini, kalian bisa langsung datang saja ke kawasan Wonokromo. Sate ayam lisidu ini berada di Jl.Kutai No. 53-C, Darmo, Wonokromo, Surabaya.

Zangrandi Ice Cream

Siapa dari kalian yang suka banget sama eksrim nih. Kalau kalian suka dengan eksrim, dan kepingin eksrim dengan cita rasa yang berbeda. Kalian bisa datang aja nih guys ke Zangrandi Ice Cream. Tempat wisata kuliner ini bukan sembarang menyediakan eksrim biasa, tapi eksrimnya sendiri bercita rasa amat spesial. Yang bikin spesial dari eksrim ini yaitu cita rasa eksrimnya yang mirip dengan jajanan coca yola di Jerman. Rasa eksrimnya seperti ada perpaduan keju.

Zang Randi Ice Cream
Zang Randi Ice Cream

Kalau dilihat dengan sekilas. Tempat wisata kuliner ini memang ngiblat ke Eropa banget. Hal ini bisa dilihat dari desain bangunan di tempat ini yang agak ke barat-baratan. Tempatnya sendiri didesain dengan tata interior seperti bangunan-bangunan pada rumah-rumah Eropa. Dekorasinya main banget buat foto-foto. Ini tentu saja jadi daya tarik sendiri bagi kalian yang mendambakan tempat wisata kuliner yang enak sekaligus strategis buat foto narsis.

Di tempat ini, salah satu varian eksrim yang paling banyak peminatnya yaitu farian ice cream noddle ice cream. Dinamakan noddle karena bentuk es krim ini menyerupai bentuk mie. Hanya saja warna dari eskrimnya agak abu-abu yang merupakan campuran dari vanila. Kalau ditanya rasanya gimana sih, sudah pasti maknyus gila. Uenaak banget guys.

Bagi kalian yang penasaran banget ingin mencobanya secara langsung. Tinggal kalian datang aja ke mari. Zangrandi Ice Cream berlokasi di Jalan Yossudarso. Letaknya masih mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

G-Walk Surabaya

Kalian pernah pergi ke Singapura dan sekarang nyidam pingin ke Singapura lagi. Kalau nyidam kalian pergi ke Singapur hanya ingin mencicipi kuliner-kuliner Singapur saja mending gak usah jauh-jauh pergi ke negara tetangga itu lagi. Di Surabaya ada kok tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka kuliner khas Singapura yang murah-murah.

Kalian bisa mendapatkan kuliner khas Singapura yang murah-murah itu di G-Walk Surabaya. Lokasi G-Walk Surabaya sendiri berada di kawasan Citra Raya. Kawasan perumahan yang masih berada di pusat Kota Surabaya.

Apa sih daya tarik dari G-Walk Surabaya sendiri ? Wow, daya tariknya sih gede banget ya. Disini kalian bisa mendapatkan kuliner-kuliner ala Singapur. Konsep G-Walk Surabaya sendiri didesain sangat menyerupai kawasan kuliner Clarke Quay yang ada di Singapura. Terutama dari segi desain interiornya yang mirip banget. Hanya saja suasana di G-Walk Surabaya ini dianggap oleh sebagian kalangan lebih romantis ke timbang kawasan wisata kuliner yang ada di Clarke Quay.

Yang bikin romantis itu adanya cahaya lilin redup. Suananya bikin temaram banget. Kalau kalian ngjak gebetan buat datang ke tempat ini, pasti romantis banget suasanya berkat adanya lampu-lampu itu.

Kendatipun di tempat ini banyak yang menyediakan kuliner asal Singapura dan kuliner barat lainya. Kalian tetap bisa mendapatkan kuliner lokal kok, di tempat ini tersedia juga kuliner bakso, mie ayam, sate loso, dan aneka kuliner tradisonal lainya. Kalian mau coba semua kuliner yang lezat-lezat itu ? Kalau kalian ingin mencobanya, ayo silakan langsung datang ke tempat ini saja. Lokasi G-Walk Surabaya berada di Jalan Elite Citra Raya, Perumahan Citra Raya, Surabaya.

Nasi Empal Pengampon

Kuliner empal selama ini banyak ditemukan di Cirebon. Kota Cirebon memang gudangnya empal. Di kota ini, kalian bisa mendapatkan empal asem maupun empal gentong yang sudah sangat melegenda itu. Lalu gimana kalau di Surabaya ? Di Surabaya pun ternyata ada juga tempat wisata kuliner yang menyediakan kuliner berupa empal.

Kuliner berupa empal itu bisa kalian dapatkan di Nasi Empal Pengampon. Kuliner utama di tempat ini tentu saja adalah empal. Cara penyajian empalnya sendiri cukup unik. Daging empal disajikan dengan nasi putih, kacang panjang, lalapan timun, kemangi, suwiran ayam, dan sambal khusus empal sendiri yang membuatnya terlihat memiliki cita rasa yang spesial. Rasa dari empalnya sendiri luar biasa enaknya. Kalau kalian maem satu sendok saja dari kuliner empal ini. Dijamin kalian bakalan ketagihan, dan pingin nambah lagi. Apalagi empalnya itu gurih, manis, dan asam berpadu jadi satu. Pokoknya bumbu dari nasi empal ini sudah pas banget dah.

Bagi kalian yang penasaran buat datang kemari. Ayo segera datang saja ke tempat ini, kuliner Empal Pengampon ini bisa diakses dengan harga yang cukup murah kok. Kalian bisa mendapatkan Nasi Empal Pengampon dengan mengeluarkan uang sekitar 30 ribu saja per porsinya.

Nasi Empal Pengampon ini buka mulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 9 malam. Disarankan, kalian datang ke tempat wisata kuliner pas malem hari aja. Soalnya tempat wisata kuliner ini ramainya kalau pas malem hari, jadi kalian memiliki banyak teman yang bisa diajak ngobrol ngalor-ngidul sambil menikmati nikmatnya kuliner Empal Pengampon ini.

Untuk lokasinya sendiri jangan khawatir, mudah dijangkau kok lokasinya. Lokasi Nasi Empal Pengampon berada di Jalan Pengampon II NO.3, Surabaya Pusat.

Rawon Pak Pangkat

Kalau di Malang ada tempat wisata kuliner Rawon Setan yang amat populer banget. Di Kota Surabay pun ada tempat wisata kuliner yang menyediakan aneka rawon yang tak kalah viralnya juga.

Tempat wisata kuliner yang viral itu yaitu bisa kalian temui di tempat wisata kuliner Rawon Pak Pangkat. Ya, tempat wisata kuliner yang satu ini memang pada tahun 2017 lalu rame banget dibicarakan di medsos. Hal ini lantaran kuliner rawon yang disediakan di tempat ini cukup unik. Yang bikin unik yaitu cara masaknya, jika rawon biasa dimasak dengan menggunakan bumbu kuning yang meliputi kunyit, santan saja. Tapi kalau di Rawon Pak Pangkat ada tambahan bumbu dapur lainya, ada bumbu dapur pala wija, dan resep bumbu dapur taucho.

Dengan begitu, kuliner rawon yang terdapat di tempat wisata kuliner ini lebih kental. Rasanya juga lebih maknyus sekali jika dibandingkan dengan rawon lainya. Rawon ini disajikan dengan tambahan nasi, dan beberapa lauk tambahan seperti telur bebek, dan aneka gorengan. Untuk harga dari kuliner rawonya sendiri si cukup terjangkau sekali ya. Kalian bisa mendapatkan nasi rawon ini dengan harga sekitar 8 ribu per porsinya saja. Harga segini si jelas murah banget. Bisalah kalian beli 5 porsi rawon buat keluarga yang di rumah.

Bagi kalian yang berminat banget buat datang ke tempat ini, ayo segera mampir saja. Tempat wisata kuliner Rawon Pak Pangkat berada di Ruko Lotus, letaknya berada di Jalan Kentintang Baru Selatan nomor 15. Tempat wisata kuliner Rawon Pak Pangkat buka dari jam 6 pagi hingga jam 9 malam.

Nasi Krawu Sufayah Surabaya

Kalian yang pernah berkunjung ke Kota Gersik tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner nasi krawu. Kuliner nasi krawu ini memang sudah jadi ciri khas dari Kota Gresik, kalau menyebut kuliner Kota Gresik yang paling diingat ya nasi krawu pastinya.

Di Kota Surabaya, kalian bisa mendapatkan kuliner nasi karawu ini dengan cita rasa yang sama persis dengan kuliner krawu yang ada di Surabaya. Kuliner krawunya gurih banget, dan bikin lidah selalu bergetar kalau memakan kuliner nasi krawu ini.

Nasi Krawu sendiri adalah beras pulen Rojo Lele yang dimasak dengan tambahan santan kelapa. Agar nasi terasa lebih pulen, dan memal. Saat memasak nasi krawu ini ditambahkanlah sempalan daun pandan, dan irisan jeruk nipis matang. Tujuan ditambahkanya daun pandan, dan irisan jeruk nipis ini yaitu agar nasinya lebih pulen dan wangi.

Jika nasi sudah matang, nasi kemudian disajikan dengan lauk-pauk tradisional. Lauk pauk tradisional yang ada pada nasi krawu salah satunya ada jeroan sapi, semur daging, lalapan terong, sambal, dan yang bikin unik ditambahi serundeng. Serundeng ini osrengan parutan kelapa yang digoreng dengan menambahkan sejumput gula merah. Rasa dari srundeng agak manis, tapi gurih.

Nasi dan lauk pauk itu kemudian di campur menjadi satu bagian utuh kuliner nasi krawu. Supaya rasanya lebih mantap, nasi krawu ini disajikan dengan dau pisang. Gimana, gak kebayang kan betapa nikmatnya makan nasi krawu dengan daun pisang itu. Woww, wowww, wooow, dijamin pasti mantap sekali kuliner ini. Makanya segera saja deh kalian datang ke tempat wisata kuliner yang satu ini.

Tempat wisata kuliner Nasi Krawu Sufayah mudah sekali dijangkau. Tempatnya berada di Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya.

Kepiting Cak Gundul 1992

Orang kalau pikiranya lagi stres bawaanya kepala ingin dicukur gundul. Ya, cukur gundul ini salah satu ide brilian yang bisa diterapkan kalau lagi stress. Ngomongin soal gundul, di Surabaya ada salah satu tempat wisata kuliner yang namamanya menggunakan nama gundul. Wisata kuliner yang menggunakan nama gundul itu bisa kalian dapatkan di wisata kuliner Kepiting Cak Gundul 1992.

Tempat wisata kuliner ini dinamai demikian bukan karena pemilik wisata kuliner ini yang berkepala gundul ya, bukan sama sekali. Wisata kuliner ini juga dinamai gundul karena pengunjungnya semuanya berambut gundul, itu juga tidak tepat.

Wisata kuliner ini dinamai dengan wisata kuliner Kepiting Cak Gundul karena orang-orang yang datang ke tempat ini dijamin tidak akan gundul dompetnya, alias dompet para pengunjung tidak akan habis isinya karena kulinernya sendiri yang amat murah-murah. Di tempat wisata kuliner ini sendiri olahan aneka kepiting bisa didapatkan dengan harga sekitar 7 ribu saja. Harga segitu tentu murah banget.

Untuk wisata kulinernya sendiri cukup banyak variasinya. Disini terdapat aneka olahan kepiting dan beberapa olahan seafood lainya baik berkuah maupun kering. Tapi yang cukup difavoritka  yaitu olahan kuliner kepiting bumbu kare dan olahan kepiting asam manis. Olahan kepiting asam manis ini sendiri cukup unik rasanya. Rasanya amat pedas dengan cita rasa dominan kecut, agak asin berpadu menjadi satu rasa kepiting yang nikmat banget.

Olahan kepiting yang ada di tempat wisata kuliner ini nikmat banget sih wajar. Hal ini lantaran tempat wisata kuliner Kepiting Cak Gundul yang sudah buka sejak tahun 1992. Dengan umur yang sudah cukup tua, sudah barang tentu tempat wisata kuliner Cak Gundul ini sangat kompeten sekali dalam meramu bumbu-bumbu olahan kepitingnya.

Makanya kalau kalian saat ini sedang nyidam pingin makan olahan kepiting. Kalian datang saja deh ke tempat wisata kuliner Kepiting Cak Gundul ini. Dijamin rasa nyidamu terhadap olahan kepiting itu bisa di puaskan di tempat ini. Untuk haraganya kuliner olahan kepitingnya sendiri cukup murah, kalian bisa mendapatkan aneka olahan kepiting dengan harga mulai dari 13 ribu rupiah sampai dengan 27 ribu rupiah saja.

Untuk lokasinya. Tempat wisata kuliner Cak Gundul ini berada di Jalan Raya Kupang Indah No 45 C-D, Sonokwijenan, Soko Manunggal, Surabaya.