5 Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

buah yang tidak direkomendasikan untuk berbuka puasa

Buah-buahan menjadi menu segar untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Buah-buahan konon bisa menambah asupan vitamin pada tubuh, membuat pencernaan menjadi lebih lancar, dan menjaga  kesehatan kulit agar tetap cantik dan sehat. Buah-buahan ini bisa kamu olah ke dalam bentuk jus, pudding, es campur, dan masih banyak lagi. Tentu saja, hal tersebut akan menambah kesegaran pada tubuh khususnya jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

Semua kandungan nutrisi yang ada pada buah-buahan umumnya memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Sebut saja apel, apel sangat baik untuk menstabilkan gula darah, mencegah penyakit stroke, mencegah konstipasi, membuat kulit menjadi lebih sehat, dan masih banyak lagi. Meskipun kaya akan manfaat, namun ada beberapa buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal tersebut dikarenakan akan membuat tubuh kamu tidak nyaman selama berpuasa.

Sebenarnya, apa saja buah yang bagus untuk dikonsumsi untuk berbuka puasa?

Saat berbuka, kamu memang dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan agar tubuh kamu tetap ternutrisi dengan baik. Buah-buahan yang sebaiknya kamu konsumsi data berbuka puasa diantaranya buah semangka, pisang, kelapa, anggur, apel, dan masih banyak lagi. Buah-buahan tersebut kaya akan vitamin dan mengandung banyak air sehingga bagus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa. Dengan begitu, tubuh kamu bisa tetap fit dan terhidrasi selama 12 jam ke depan.

Jika kamu menginginkan jeruk sebagai makanan pembuka saat puasa, maka pilihlah jeruk yang memiliki rasa manis ketimbang asam. Jeruk yang asam dikhawatirkan akan membuat lambung kamu pering apalagi jika dikonsumsi saat perut kosong.

Mengapa ada buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka?

Saat puasa, perut tentu saja masih dalam keadaan kosong. Untuk itu kamu harus menjaga asupan makanan saat berbuka puasa. Meskipun buah-buahan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, namun tidak semuanya bisa dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal tersebut karena ada beberapa kandungannya yang justru akan membuat pencernaan menjadi bermasalah karena disantap saat berbuka.

Misalnya perut kamu mendadak kembung saat mengkonsumsi buah-buahan tertentu. Tentu saja hal tersebut bisa mengganggu aktivitas puasa kamu. Selain kembung, bisa saja menyebabkan kamu mual bahkan lambung kamu perih karena mengkonsumsi buah yang rasanya asam.

Buah yang Tidak Dianjurkan untuk Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa

Agar kamu bisa memilah mana saja buah yang aman untuk berbuka, simak ulasan beberapa buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa berikut ini.

1. Buah durian

Buah durian memang banyak peminatnya khususnya di Indonesia. Namun siapa sangka bahwa buah yang satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pada buah durian terdapat kandungan alkohol yang bisa menghasilkan gas di perut kamu, sehingga menyebabkan perut kamu kembung. Selain itu, durian juga bisa membuat kepala kamu pusing jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

2. Buah jeruk nipis

Karena kamu ingin langsing selama bulan puasa, maka kamu rutin mengkonsumsi jeruk nipis saat berbuka puasa. Hal tersebut sebenarnya tidak baik bagi lambung karena bisa saja lambung kamu mendadak sakit karena asam lambung tiba-tiba naik. Selain sakit, dada kamu juga akan terasa berat akibat asam lambung yang naik sehingga kamu mengalami sesak nafas.

Maka dari itu, dianjurkan untuk memakan jeruk biasa saja daripada jeruk nipis. Namun pastikan juga jeruk itu tidak memiliki rasa yang asam.

3. Buah mangga

Sebenarnya kamu boleh saja mengkonsumsi buah mangga saat berbuka, namun jangan memakan buah mangga yang rasanya asam. Sama seperti jeruk nipis, mangga yang asam bisa membuat pertu kamu sakit melilit karena lambung kamu masih kosong. Untuk itu, pilihlah mangga yang memiliki rasa yang manis agar aman dikonsumsi saat berbuka puasa.

4. Buah dalam kemasan kaleng

Pada saat berbelanja di supermarket, kamu pasti sering melihat buah yang sudah dikemas dalam bentuk kaleng. Saat kamu akan memilihnya sebagai menu buka puasa, lebih baik pikirkan dua kali. Buah kalengan mengandung pemanis buatan dan perisa makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi saat berbuka. Untuk itu, lebih baik kamu membeli buah-buahan yang belum diolah dalam bentuk apapun agar aman dikonsumsi saat berbuka puasa.

5. Buah Nangka

Buah yang satu ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Pada saat berbuka, hindari beberapa buah yang mengandung getah karena dapat memperlambat proses pencernaan. Selain itu buah nangka juga bisa menimbulkan gas pada perut sehingga menyebabkan kembung. Tentu saja hal itu akan membuat perut kamu tidak nyaman saat berbuka puasa.

Tetap jaga asupan makanan selama bulan puasa khususnya pada saat berbuka. Pilihlah makanan yang bergizi agar kamu bisa menikmati puasa sebaik mungkin. Demikianlah beberapa buah yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan puasa. Semoga artikel ini bermanfaat.