Inilah 5 Tips Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa

cara menjaga pola tidur saat bulan puasa

Saat bulan puasa tiba, maka aktivitas sehari-hari akan mengalami perubahan tidak seperti biasanya. Jika kamu terbiasa untuk sarapan jam 7 pagi, maka saat bulan puasa kamu harus makan pukul 3-4 subuh saat sahur. Begitupun jika kamu terbiasa ngemil di siang hari, mau tak mau kamu harus menahan godaan lapar saat berpuasa. Perubahan tersebut tidak hanya berlaku pada pola makan saja, tetapi juga pola tidur.

Pola tidur di bulan puasa biasanya menjadi tidak teratur. Jika kamu terbiasa begadang, maka tak menutup kemungkinan kamu pun akan begadang di bulan puasa. Akibatnya adalah kamu akan merasakan ngantuk yang luar biasa saat makan sahur. Selain itu, kamu juga akan merasa lemas dan ngantuk yang tak tertahankan saat melakukan aktivitas di luar. Endingnya adalah kamu hanya akan merasakan sakit kepala sepanjang hari.

Apa saja manfaat yang bisa dirasakan dengan menjaga pola tidur selama bulan puasa?

Saat berpuasa, kamu harus memiliki tenaga yang cukup agar stamina selama berpuasa tetap kuat. Untuk itu, kamu harus menjaga kondisi badan agar tetap fit salah satunya yaitu dengan menjaga pola tidur. Pola tidur yang baik selama berpuasa akan menjaga kamu tetap segar dan berenergi selama bulan puasa Selain itu, kamu juga akan lebih fokus dalam pekerjaan dan bisa lebih bersemangat dalam menjalankan berbagai aktivitas di luar.

Untuk itu, sebaiknya kamu bisa mengatur pola tidur yang baik sehingga kualitas puasa pun akan baik. Jangan memaksakan untuk begadang jika memang tidak ada pekerjaan yang penting untuk diselesaikan.

Lalu, apa efek buruknya jika tidak menjaga pola tidur selama puasa?

Begadang masih bisa dibilang sebagai aktivitas yang melelahkan bagi sebagian orang. Kamu rela untuk tidak tidur semalaman untuk mengerjakan tugas atau sekedar menonton film. Di bulan puasa, sebaiknya kamu menghindari aktivitas ini. Begadang hanya akan membuat efek buruk terhadap kualitas berpuasa kamu, seperti kelelahan, ngantuk yang berlebihan, sulit fokus, dan yang lebih buruknya mengalami gangguan fungsi organ, seperti gangguan asam lambung.

Begadang menyebabkan asam lambung naik, sehingga akan mengganggu aktivitas puasa kamu. Jika gejala yang dirasakan sudah parah maka mau gak mau kamu harus dilarikan ke UGD untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Gak mau kayak gini, kan?

Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa

Oleh karena itu, kamu harus tetap menjaga pola tidur selama bulan puasa agar kondisi badan kamu tetap sehat dan puasamu lancar. Berikut ini adalah tips menjaga pola tidur yang bisa kamu terapkan selama bulan puasa.

1. Tidur lebih awal

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu tidur lebih awal. Jika kamu biasa tidur pukul 11 malam, maka pada saat bulan puasa usahakan tidur 1-2 jam lebih cepat. Hal ini dilakukan agar kamu tidak kesiangan bangun sahur dan tidak merasa ngantuk di siang harinya.

Kamu bisa mengatur jadwal tidur 1 jam setelah salat taraweh, sesudah itu pastikan tidak ada lagi aktivitas yang dilakukan. Dengan begitu, kamu pun akan memiliki kualitas tidur yang baik selama bulan puasa.

2. Menyempatkan tidur setelah sahur

Bagi kamu yang semalam habis begadang karena harus mengerjakan tugas, maka kamu bisa menyempatkan waktu untuk tidur setelah sahur. Hal ini dilakukan agar kamu tidak terlalu merasa ngantuk dan lelah di siang harinya. Tidur setelah sahur atau lebih tepatnya sesudah shalat shubuh, bisa kamu lakukan selama 1-2 jam. Jangan lupa untuk pasang alarm, ya, biar kamu gak kebablasan.

3. Mencuri-curi waktu tidur

Jika kamu masih merasa butuh waktu tidur yang lebih lama, maka kamu bisa mencuri waktu disela-sela kesibukan. Misalnya, jika kamu sedang tidak diberikan tugas apapun, maka kamu bisa tidur setidaknya 15-30 menit. Hal ini bisa jadi cara yang efektif untuk mengembalikan energi saat puasa daripada tidak istirahat sama sekali. Namun hati-hati, jangan sampai orang lain tahu, apesnya kamu malah kena marah sama bos.

4. Menjaga asupan makanan sebelum tidur

Tips penting lainnya dalam menjaga pola tidur yaitu menjaga asupan makanan sebelum tidur. Kamu sebaiknya menghindari makan makanan yang berat karena akan membuat waktu tidur menjadi tidak baik bahkan memicu penyakit yang tidak diinginkan Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Kopi hanya akan membuat kamu terjaga semalaman dan sulit tidur.

5. Berolahraga

Berolahraga bisa membuat kualitas tidur kamu lebih baik selama bulan puasa. Luangkanlah waktu 1-2 jam di pagi hari untuk melakukan olahraga ringan. Jangan pernah melakukan olahraga pada jam-jam mendekati waktu tidur, usahakan melakukan olahraga 4-5 jam sebelum tidur.

Itulah beberap tips agar pola tidur selama berpuasa menjadi lebih baik. Selalu jaga kesehatan selama berpuasa salah satunya dengan menjaga asupan makanan dan pola tidur yang baik.