Inilah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

cara menurunkan berat badan saat puasa

Kamu yang sedang diet, tentu sangat memanfaat momen bulan puasa untuk menurunkan berat badan. Dengan berpuasa, otomatis kamu tidak akan makan selama 12 jam kedepan sampai waktu berbuka. Tak jarang kamu akan selalu mengecek timbangan apakah berat badan sudah turun atau belum. Jika belum maka banyak usaha yang tidak sedikit  yang kamu lakukan demi mendapatkan bentuk badan yang ideal.

Namun, cara yang dilakukan dalam melakukan penurunan badan seringkali tidak tepat. Kamu sengaja untuk makan dalam jumlah yang sedikit bahkan bisa dibilang hanya makan cemilan. Justru hal tersebut hanya akan membuat kamu tepar dan tidak bertenaga saat berpuasa. Selain itu, proses diet juga sering tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur, sehingga semuanya akan sia-sia saja, bahkan hanya akan menambah berat badan kamu jika sesudah makan langsung berbaring di tempat tidur.

Manfaat menjaga berat badan saat berpuasa

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika menjaga berat badan saat berpuasa. Manfaat yang bisa kamu rasakan diantaranya bisa mengurangi perut yang buncit, mengurangi resiko terkena penyakit serius akibat kegemukan, mempercantik penampilan, melancarkan pernapasan, menjadi lebih bahagia karena bisa terhindar dari bullying, dan menjadi lebih percaya diri. Manfaat-manfaat ini bisa kamu rasakan jika melakukan diet pada saat bulan puasa.

Agar manfaatnya lebih terasa, jangan lupa untuk selalu berolahraga secara teratur agar proses penurunan berat badan menjadi lebih maksimal. Lakukan olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga pada saat bulan puasa. Dengan begitu tubuh kamu pun akan menjadi lebih sehat dan bugar.

Efek yang dirasakan jika tidak menjaga berat badan saat berpuasa

Sebenarnya, tidak semua orang peduli terhadap penampilannya. Namun perlu kamu ketahui bahwa jika kamu tidak mejaga berat badan saat berpuasa, kemungkinan kamu akan mengalami kegemukan. Kegemukan ini biasanya akan menimbulkan beberapa dampak yang kurang menyenangkan.

Seperti munculnya penyakit-penyakit kronis, mengalami gangguan tidur, sering mengalami sesak napas, meningkatkan resiko terkena osteoporosis, mengurangi tingkat percaya diri, dan masih banyak lagi. Untuk itu, jagalah tubuh agar tetap sehat dan ideal karena kamu sendiri yang akan merasakan dampaknya.

Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Bagi kamu yang berniat untuk menjaga berat badan maupun sedang dalam proses diet, berikut ini adalah beberapa tips untuk menurunkan berat badan saat puasa yang baik dan aman.

1. Mengatur jadwal makan dengan benar

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengatur jadwal makan dengan benar. Jadwal makan pada saat hari-hari biasa tentu akan berbeda dengan jadwal makan saat berpuasa. Contohnya kamu bisa makan  sahur pukul 4 pagi dan buka puasa pada pukul 6 sore sebelum sholat Maghrib. Jika kamu terbiasa makan malam, maka makanlah makanan yang rendah lemak dengan porsi yang sedikit. Kalau bisa makan saja sayur dan buah-buahan agar mudah dicerna.

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks sangat diperlukan untuk dikonsumsi pada saat bulan puasa, apalagi oleh mereka yang sedang melakukan diet. Karbohidrat kompleks ini mengandung serat yang baik untuk pencernaan dan baik untuk lambung. Kamu bisa memilih karbohidrat kompleks apa saja yang kamu suka, seperti kentang, pisang, jagung, ubi jalar, oats, kacang-kacangan, beras merah, sayur-sayuran, dan masih banyak makanan lainnya.

3. Mengurangi makanan yang manis-manis

Jika kamu ingin menurunkan berat badan saat puasa, maka hindarilah mengkonsumsi makanan yang manis-manis pada saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang manis bisa memicu produksi insulin yang menyebabkan produksi lemak akan bertambah.

Selain itu, makanan yang manis tidak akan membuat kenyang sehingga kamu selalu ingin ngemil. Makanan yang manis sebenarnya boleh saja dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.

4. Mengurangi asupan gorengan

Sama halnya dengan poin di atas, mengkonsumsi gorengan dalam jumlah yang berlebihan juga tidak dianjurkan. Minyak dan penyedap rasa pada gorengan bisa memproduksi lemak yang berlebih. Jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar, maka kamu akan semakin sulit untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya makan 1 sampai 2 buah gorengan saja saat berbuka puasa maupun sahur.

5. Olahraga ringan secara rutin

Meskipun dalam kondisi berpuasa, kamu diharuskan untuk melakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga dapat membantu mengahancurkan lemak-lemak yang ada di tubuh kamu. Selain itu, berolahraga juga membuat kamu semakin sehat dan bugar di bulan puasa.

Lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai, melakukan gym, yoga, dan sebagainya di pagi hari. Lakukan seminggu tiga kali selama 15-30 menit. Jika sudah dirasa capek, jangan terlalu dipaksakan.

Itulah kelima tips untuk menurunkan berat badan di bulan puasa. Tetap jaga asupan makanan agar kamu tetap sehat dan tampil cantik saat berpuasa. Jangan lupa untuk selalu berolahraga agar badan kamu menjadi fit dan segar. Semoga bermanfaat.

Nah itulah 5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Puasa.