Catat Bro! 9 Tempat Wisata Kuliner di Lampung yang Bisa Menggoyang Lidah

Jumbo Kakap Lampung

Lampung merupakan kota di Pulau Sumatera yang memiliki beraneka ragam rupa budayanya. Lampung memiliki aneka rupa budaya karena kota ini masih dekat dengan Pulau Jawa. Hal inilah yang membuat Kota Lampung memiliki budaya makanan yang heterogen termasuk kulinernya.

Di Lampung, kuliner yang terdapat di kota ini cenderung memiliki cita rasa manis. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kuliner tahu bacem pada warung-warung kakilimaan disana. Kuliner tahu bacem ini tahu berbentuk kotak, yang dilumuri dengan kecap kental. Kalau pertama kali menyentuh lidah, kuliner tahu bacem ini terasa manis.

Bagi kalian yang sudah terbiasa dengan kuliner Medan. Kalian akan merasakan sedikit asing dengan cita rasa masakan yang ada di Kota Lampung. Hal ini lantaran kuliner di Kota Medan topologi kulinernya lebih pedas ketimbang kuliner Lampung. Kendati demikian, Kota Lampung sendiri memiliki beberapa kuliner yang jauh dari kesan rasa manis. Ada banyak pula cita rasa kuliner lain yang bisa Anda dapatkan di tempat ini.

Tapi yang jelas, kuliner di Lampung itu terkenal dengan cita rasanya yang enak-enak. Selain itu, harganya juga murah-murah banget lho guys. Kalian penasaran ? Berikut kami paparkan wisata kuliner di Kota Lampung yang enak dan murah.

Wisata kuliner saat ini sudah menjadi tren tersendiri di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak sekali tempat – tempat kuliner yang menyuguhkan makanan dan minuman yang beraneka ragam.

Untuk mendongkrak suatu kuliner banyak cara yang di tempuh oleh para pedagang kuliner tersebut. Mulai dari menggunakan nama – nama yang unik, memberikan kualitas rasa masakan yang enak, harga yang relatif murah, dan hal-hal menarik lainnya yang mampu menarik para konsumen.

1. Bakso Son

Berbeda dengan bakso Medan yang biasanya tak dikasih bihun.  Bakso dari Kota Lampung ini biasanya dikasih bihun. Salah satu bakso yang ada bihunnya bisa kalian dapatkan di Bakso Son.

Di tempat ini, baksonya tuh enak banget rasanya. Cita rasa yang ditumbalkan dari bakso Son bahkan sudah dikenal sampai daerah-daerah lain di luar Lampung. Cara masak kuliner baksonya sebetulnya tidak terlalu berbeda dengan cara masak bakso lainya. Hanya saja cara masaknya menggunakan tambahan berupa bumbu-bumbu jinten. Inilah yang membuat aroma baksonya lebih kuat.

Bagi kalian yang penasaran dengan cita rasa dari bakso ini. Silahkan segera saja datang ke Bakso Son sekarang juga. Bakso Son ini letaknya berada di jalan Wolter Mongonsidi 42 A, Bandar Lampung. Kisaran harga dari bakso ini sekitaran Rp 15.000 per porsi saja, harga tersebut bisa berubah sewaktu – waktu. Untuk jam operasionalnya sendiri cukup lama. Warung bakso ini buka mulai dari kisaran pukul 10:00 hingga 21:00, setiap hari selalu buka.

2. Mie Khodon Lampung

Kalau di Medan ada mie ayam pedas mampus. Dimana kuliner ini dibuat dengan tambahan sambal yang ekstra pedas. Di Kota Lampung juga ada kuliner mie yang pedasnya kebangetan banget. Kuliner yang pedas itu adalah kuliner Mie Khodon Lampung. Kalau dilihat dari penampakannya, sekilas mie ini mirip dengan bakmi. Hanya saja mie ini lebih pekat kuahnya.

Bahan-bahan mie khodon sendiri cukup kaya. Kuliner ini dibuat dengan mie kuning, sawi, tomat, kari sapi, dan bumbu-bumbu dapur lainya. Untuk menciptakan rasa yang lebih nikmat, Mie Khodon ini ditambahkan telur setengah matang. Penambahan telur sendiri bisa telur ayam, atau telur bebek, tergantung selera dari pemesannya. Tapi yang jelas, baik telur ayam maupun telur bebek yang digunakan sama-sama enak.

Agar lebih gurih. Mie Khodon ini kemudian diberi toping berupa suiran ayam goreng. Adanya suiran ayam ini yang membuat mie khodon-nya terasa lebih gurih.

Mie Khodon Lampung sendiri cukup banyak peminatnya, tidak hanya dari Kota Lampung saja tapi juga banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata kuliner ini. Hal ini lantaran Mie Khodon Lampung sudah tua banget umurnya. Tempat kuliner ini sudah ada sejak tahun 1965. Makanya Mie Khodon Lampung ini pelanggannya sudah menyebar ke mana-mana.

Kalian sendiri pasti penasaran kan dengan kuliner Mie Khodon ini, hayo ngaku ? Kalau kalian penasaran ingin mencoba kuliner Mie Khodon yang luar biasa enak ini, kalian bisa langsung saja datang ke tempat wisata kuliner Mie Khodon Lampung yang beralamatkan di Jalan Ikan Bwal, No 23 Teluk Bentung, Bandar Lampung.

Harga dari kuliner Mie Khodon Lampung ini cukup murah kok. Kalian bisa mendapatkan mie khodon ini dengan harga sekitar 12 ribu rupiah saja per porsinya. Harga segitu sih sudah murah banget ya. Makanya segera saja deh, kalian mampir ke tempat wisata kuliner mie khodon ini. Ajak keluarga ya, kalau datang ke tempat ini.

3. Pecel Lele Bu Gendut

Mendengar namanya saja bikin penasaran gila. Jangan-jangan, pemilik tempat wisata kuliner ini bertubuh gendut. Jangan-jangan tempat wisata kuliner ini pengunjungnya gendut-gendut semua. Segala jangan-jangan yang ada dipikirkan kalian ternyata meleset semua.

Dinamakan Pecel Lele Bu Gendut bukan karena pemilik tempat wisata kuliner ini bertubuh gendut. Dinamai Pecel Gendut juga bukan karena pembeli pecel lele di tempat ini orangnya gendut-gendut, bukan itu maksudnya.

Dinamai Pecel Lele Bu Gendut karena pecel lele yang tersedia di tempat ini ukuran lelenya gendut-gendut banget, alias berukuran raksasa. Lele gendut itu kemudian diolah ke dalam olahan kuliner aneka lele. Ada lele pecak sambal hijau, lele bakar asam manis, dan lele goreng saus tiram.

Semua menu olahan lele yang disediakan oleh tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut sangat enak. Kualitas cita rasa dari lele ini gak main-main. Itulah mengapa tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut selalu saja laris manis diserbu banyak pengunjung.

Apalagi tempat wisata kuliner ini sudah buka sejak tahun  90-an. Tentu saja pengalaman, cita rasa, dan kelezatan dari aneka olahan Lele Ibu Gendut benar-benar amat jempolan sekali. Makanya segera saja deh kalian mampir ke tempat wisata kuliner Lele Ibu Gendut.

Tempat wisata kuliner yang super enak ini bisa kalian dapatkan dengan harga murah kok. Harganya sendiri cuma 15 ribuan per porsi saja. Ini jelas murah banget, murahnya gak ketulungan malah. Bagi kalian yang pingin segera icip-icip lelenya, silakan langsung saja datang ke tempat wisata kuliner Pecel Lele Bu Gendut yang berada di Jalan Ki Maja, Way Halim, Bandar Lampung.

4. Jumbo Kakap Seafood Resto

Sebagian kadang ada yang alergi dengan olahan lele. Hal ini karena lele sendiri terlalu tinggi kandungan lemaknya. Bagi yang sedang ada program diet, mengonsumsi lele tentu saja jadi pantangan tersendiri.

Tapi tenang, di Kota Lampung ada kok tempat wisata kuliner yang menyediakan kuliner ikan lainya yang bukan dari lele, kuliner itu bernama Jumbo Kakap Seafood Resto. Di tempat ini, kalian bisa menikmati aneka olahan ikan kakap dengan berbagai sajian masakan.

Mulai dari kakap gulai, sampai dengan kakap bakar pun ada. Bagi kalian yang hobi kuliner yang pedas-pedas. Di tempat ini sajian kuliner kakapnya kebetulan bercitarasa pedas, hal ini terlihat dengan penggunaan cabe hijau yang lumayan banyak.

Kendatipun kulinernya cukup pedas, kalian jangan khawatir. Soalnya di tempat ini tersedia aneka minuman pelepas pedas yang mengurung lidahmu itu. Di sini tersedia es teh, dan es jeruk yang bisa mengobati rasa pedas itu.

Ohya, tempat wisata kulinernya juga sangat instagramgenik banget lho. Dinding tempat wisata kuliner di tempat ini banyak memakai ornamen batik, dan wayang. Ornamen batik, dan wayang ini keren buat foto-foto. Kalian pasti nanti akan disangka teman-teman medsos sebagai orang yang cinta akan budaya. Keren kan.

Makanya yuk langsung saja datang ke tempat wisata kuliner ini. Wisata Jumbo Kakap Seafood Resto ini berada di Jalan Kakap, No. 45, Teluk Betung, Bandar Lampung.

5. Pempek 123

Selama ini kuliner empek-empek hanya dikenal di Palembang saja. Tapi ternyata, kuliner empek-empek ini juga ternyata bisa kita jumpai di Kota Lampung juga lho. Kuliner empek-empek yang ada di Kota Lampung ini tidak ada bedanya dengan kuliner empek-empek yang ada di Kota Palembang, empek-empek yang ditawarkan di tempat ini sama-sama enak banget.

Berbeda dengan empek-empek yang ada di Kota Palembang, empek-empek yang ada di Kota Lampung ini terdapat campuran kentang goreng, dan mie bihun. Cara masaknya sendiri cukup unik. Adonan tepung, dan gilingan ikan dikukus dalam panci sampai matang.

Setelah dikukus kemudian adonan itu berubah menjadi empek-empek berwarna putih yang siap dicocol dengan sambal kecap pedas. Kemudian empek-empek itu dicampur dengan kentang, dan bihun sebagai topingnya.

Rasanya sendiri sih cukup unik ya. Ada perpaduan rasa manis, asin, gurih dan pedas yang didapat dari kuah sambal kecapnya. Empek-empek itu biasanya dimakan dengan cara dicocol.

Cara makan seperti ini sudah pasti mantep banget, sambil nyantai menikmati pemandangan sekitar. Makan empek-empek di tempat ini pasti bikin nagih terus-terusan. Lha habis emang enak banget sih empek-empeknya.

Kendati kuliner ini enaknya kebangetan, kuliner empek-empek di tempat ini ternyata murah banget harganya. Kalian bisa mendapatkan empek-empek di tempat ini dengan harga Cuma 4 ribuan saja. Luar biasa murah banget kan, kapan lagi coba bisa menikmati kuliner empek-empek yang murah banget kayak gini.

Makanya segera saja deh kalian datang ke mari guys. Lokasi Pempek 123 ini berada di Jalan Sudirman, No 15, Bandar Lampung.

6. Bumbu Desa

Kota di Indonesia yang terkenal banyak menyajikan kuliner tradisional itu bisa didapatkan di Jogjakarta. Di sepanjang jalan Malioboro, kita bisa mendapatkan kuliner tradisional, dengan cara penyajian yang tradisional pula.

Di Kota Lampung ini juga kebetulan ada tempat wisata kuliner yang menyediakan kuliner bergaya tradisional pula. Salah satu tempat makan yang gaya penyajian makanannya tradisional banget bisa kalian dapatkan di Bumbu Desa.

Sesuai dengan namanya, tempat kuliner ini menyediakan masakan yang bersuasana desa baik kulinernya, maupun cara penyajiannya. Kuliner tradisional yang ada disini salah satunya ada aneka tumisan, sayur, pepes, lalapan pete, tempe-tahu, ikan gezek goreng, lalapan timun, dan masih banyak kuliner tradisional lainya.

Uniknya, kuliner-kuliner tersebut disatukan dalam wadah besar menggunakan media daun pisang. Penggunaan daun pisang ini jelas unik banget, penggunaan daun pisang selain kelihatan unik juga malah akan menambah cita rasa kuliner-kuliner di tempat ini mantap banget untuk disantap.

Di Lampung sendiri sangat jarang ada tempat wisata kuliner yang menyediakan konsep makanan seperti ini. Beruntung tempat wisata kuliner Bumbu Desa punya ide yang cukup brilian seperti ini.

Bagi kalian yang sedang ada acara keluarga atau sedang menjalani event ulang tahun misalnya, datang ke tempat ini cocok banget. Hal ini lantaran orang yang datang ke tempat wisata kuliner ini harus rombongan.

Datang secara rombongan ini tujuannya agar bisa menghabiskan semua makanan super banyak yang disajikan dalam satu lembar daun pisang. Jadi memang harus dimakan rame-rame.

Keseruan ini hendaknya kalian coba guys. Bagi kalian yang penasaran ingin merasakan kuliner lezat tradisional dengan keseruan makan yang seperti itu, cobalah kalian langsung datang ke mari saja. Lokasi Bumbu Desa ini berada di Jalan Teuku Umar, No. 9 Kedaton, Bandar Lampung. Untuk harga kulinernya masih dibilang cukup murah kok, kalian bisa mendapatkan kuliner tradisional dengan harga sekitar 20 ribu rupiah saja per porsinya.

Untuk jam operasionalnya. Tempat wisata kuliner Bumbu Desa ini buka mulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam.

7. Pondok Santap LG

Siapa yang tidak suka makan ayam bakar ? Pasti jarang sekali  ya diantara kalian yang tidak suka makan ayam bakar, pasti kebanyakan pada suka mengonsumsi ayam bakar.

Nah, kebetulan di Kota Lampung ada penyedia kuliner ayam bakar yang lezatnya begitu menggetarkan lidah. Ayam bakar bercitarasa lezat yang ada di Kota Lampung bisa kalian dapatkan di Pondok Santap LG.

Cara penyajian ayam bakar di tempat ini sendiri cukup unik. Ayam bakar melalui proses pembakaran selama dua kali. Pembakaran pertama yaitu untuk menghilangkan lemak yang menempel pada ayamnya. Caranya dengan mengoleskan blueband ke permukaan kulit ayam tersebut.

Setelahnya kemudian ayam dibakar lagi, dan dibumbui kecap serta resep rahasia lainya. Tampilan ayam bakar setelah matang sendiri cukup menggoda, ayam bakar berwarna kemerah-merahan dengan tampilan daging yang memal.

Kalau ayamnya dicuil dengan tangan, gampang mengelupas dari tulangnya. Ini menandakan cara masak ayam bakar di Pondok Santap LG sudah pas banget. Baik bumbu-bumbunya, dan ayam yang digunakan komposisinya sudah tepat.

Selain ayam bakar sebagai sajian menu utama. Di tempat ini kita juga akan disuguhi aneka olahan daging ayam lain. Salah satunya ada olahan daging ayam semur kuah kental. Baik ayam bakar, dan daging ayam semur ini sama-sama enaknya, keduanya patut buat kalian coba.

Untuk hidangan penutup, disini juga disediakan cemilan ringan. Cemilan ringan itu ada tahu-tempe, bakwan, kerupuk udang, dan masih banyak cemilan ringan lainya. Pokoknya sangat komplit banget deh.

Saran saya sih kalian segera datang ke tempat ini guys. Dijamin kalian gak bakalan nyesel setelah mencicipi aneka kuliner ayam  yang disediakan di tempat ini. Bagi kalian yang rasa penasarannya sudah di ubun-ubun silakan saja langsung datang ke Pondok Santap LG. Lokasi tempat wisata kuliner ini berada di Jalan Ir. Juana, Pahoman, Bandar Lampung. Untuk harga kulinernya sendiri cukup terjangkau.

Kalian bisa mendapatkan aneka olahan ayam dengan harga mulai dari 50 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk jam operasionalnya, kuliner Pondok Santap LG ini buka mulai dari pukul 10:00 hingga pukul 22:00.

8. Grannys Nest Cafe and Resto

Terletak di sebelah barat Indonesia. Gak heran kalau Kota Lampung sering dilanda hujan. Ini tidak terlepas dari pergerakan angin muson yang memang membuat curah hujan di Indonesia Bagian barat amat tinggi.

Karena curah hujan di Pulau Sumatera ini amat tinggi inilah mengapa banyak beredar cafe di pulau ini. Bahkan produsen coffe dengan merek dagang nomor satu di dunia ada di Pulau Sumatera. Kita tahu sendiri betapa terkenalnya kopi gayo hingga dikenal sampai manca negara.

Nah bagi kalian yang ingin menikmati kedahsyatan kopi-kopi asal Pulau Sumatera. Cobalah kalian datang saja guys ke tempat wisata kuliner Grannys Nest Cafe and Resto.

Tempat wisata kuliner ini berada di Kota Lampung, dan lokasinya sendiri mudah dijangkau karena berada di pusat kota. Daya tarik dari tempat wisata kuliner ini sendiri terletak pada minuman-minuman kopi yang disediakan.

Minuman-minuman cofe di tempat ini sangat lengkap. Mulai dari kopi Asia, Eropa, hingga Amerika pun ada. Tentu saja ada satu varian kopi yang paling diandalkan, varian kopi yang diandalkan itu yaitu varian kopi gayo Aceh.

Kalau rasanya sendiri kayak apa ini gila banget guys. Rasanya bikin nge-fly dengan sensasi kenikmatan yang tiada tara. Setelah minum kopi di Grannys Nest Cafe and Resto ini dijamin pikiran kita akan lebih tenang. Bahkan inspirasi-inspirasi besar akan datang tiba-tiba jika kita menyeruput kopi yang tersedia di tempat wisata kuliner ini.

Makanya kalian segera saja deh datang ke tempat wisata kuliner Grannys Nest Cafe and Resto. Selain menyediakan kopi dengan berjuta-juta varian rasa yang lengkap banget. Kalian juga akan mendapatkan kuliner pokok lainya.

Untuk lokasinya sendiri Grannys Nest Cafe and Resto berada di Jalan Sebuku, No 9 Antasari, Bandar Lampung. Untuk jam operasionalnya buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 10 malam. Ohya, saat kalian datang ke tempat wisata kuliner ini jangan lupa bawa kamera DSLR ya.

Kamera DSLR ini buat kegiatan foto-foto di tempat ini. Tempat wisata kulinernya yang vintage gila membuat tempat kuliner Grannys Nest Cafe and Resto jadi sasaran objek foto bagi para kawula muda.

9. Alas Cobek

Makanan dengan penyajian gaya cobek biasanya sering ditemui di Pulau Jawa saja. Tapi ternyata, di Kota Lampung ada salah satu tempat wisata kuliner yang menyediakan sajian kuliner dengan media cobek. Kuliner dengan media cobek ini bisa kalian dapatkan di tempat wisata kuliner Alas Cobek.

Alas Cobek ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan Cafe Sawah yang ada di Kota Bandung. Hanya saja di Alas Cobek ini tidak hanya menyediakan olahan cobek saja. Tapi Ada juga olahan kuliner lainya, salah satu olahan kuliner diluar ikan yaitu ada bebek pecak, burung puyuh pecak, dan ada juga burung deruk pecak.

Kuliner ini sendiri penyajiannya cukup unik. Burung puyuh di goreng, lalu dibumbui saat kondisi setengah matang. Baru setelah masak, burung puyuh itu dilumuri dengan sambal cabai hijau. Sambalnya sendiri dibiarkan setengah matang, agar sensasi pedas dari masakan kuliner burung puyuh ini bisa terasa lebih pedas.

Bagi kalian yang penghobi masakan-masakan pedas. Datang ke tempat wisata kuliner Alas Cobek ini jadi dambaan tersendiri. Makanya segera saja, segera pesan kuliner yang ada di Alas Cobek dengan mengunjungi alamatnya yang berada di Jalan Wolter Mongonsidi, No 66, Bandar Lampung.