Inilah 5 Tips Memilih Mukena untuk Tarawih

tips memilih mukena untuk teraweh

Ada satu sholat sunnah yang hanya dikerjakan pada saat bulan puasa, yaitu sholat tarawih. Sholat tarawih umumnya dikerjakan berjamaah di masjid dengan jumlah rakaat 8 sampai 20 rakaat ditambah dengan sholat witir. Sebelum pergi ke masjid, biasanya kamu menghubungi teman-teman untuk pergi tarawih bersama. Dengan begitu sholat tarawih pun menjadi lebih bersemangat. Momen tarawih adalah momen ibadah setahun sekali yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Pada saat pergi tarawih tentu saja kamu harus membawa mukena dari rumah. Jika mengandalkan mukena dari masjid maka khawatir mukena tersebut tidak bersih dan bau karena sudah dipakai oleh banyak orang sehingga sholat menjadi tidak khusyu’. Agar tarawih menjadi lebih khusyu’ dan bersemangat, maka kamu harus memilih mukena yang nyaman untuk dipakai. Usahakan memakai mukena yang layak pakai agar ibadah menjadi lebih maksimal.

Apakah harus menggunakan mukena yang berkualitas?

Memilih mukena yang layak tentu saja harus berkualitas, namun tidak perlu memiliki kualitas yang tinggi. Mukena yang berkualitas kini banyak dijual di pasaran dengan harga yang miring. Harga yang murah ini biasanya bisa didapatkan di online shop maupun market place. Disarankan untuk memilih mukena yang berkualitas agar mukena bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, mukena yang berkualitas juga memiliki bahan yang bagus dan tidak menerawang sehingga aurat pun tidak akan terlihat.

Selain kualitas, pemilihan mukena juga harus didasarkan pada kenyamanan pemakainya juga budget yang dimiliki. Mukena dengan kualitas tinggi biasanya memiliki merk ternama dan dijual dengan harga yang mahal dan kamupun pasti harus berpikir dua kali sebelum memilihnya. Maka dari itu, disarankan untuk memilih mukena yang memiliki standar kualitas tidak menerawang dan tidak terlalu mencolok karena berlebihan pun tidak baik.

Bagaimana kriteria mukena yang berkualitas itu?

Sebelum kamu membeli mukena, ada baiknya untuk mengetahui beberapa kriteria mukena yang berkualitas. Mukena yang memiliki kualitas baik diantaranya haruslah memiliki jahitan yang rapi, bahan yang nyaman untuk digunakan, warna yang tidak mudah luntur, dan bahan yang tidak mudah rusak jika dicuci, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci.

Setelah mengetahui beberapa kriteria mukena yang berkualitas, maka kamu harus bisa memilih jenis mukena seperti apa yang cocok digunakan saat tarawih. Agar tarawih kamu menjadi lebih bersemangat, simak beberapa tips memilih mukena untuk tarawih berikut ini.

1. Memilih bahan yang adem dan mudah menyerap keringat

Tips yang pertama yaitu dengan memilih bahan mukena yang adem dan bisa menyerap keringat. Pada saat tarawih, kamu akan melaksanakan sholat beberapa rakaat sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan mudah berkeringat.

Jika mukena yang kamu pakai tidak bisa menyerap keringat, maka kamu tidak akan merasa nyaman dan kegerahan, apalagi jika ditambah tidak ada kipas angin di masjid. Dengan demikian, penting ya untuk memilih bahan mukena untuk tarawih. Jangan sampai kamu kepanasan hanya karena bahan mukena yang tidak bisa menyerap keringat.

2. Pilih yang nyaman digunakan

Setelah memilih bahan yang adem, kamu bisa memilih mukena yang nyaman untuk digunakan saat tarawih. Hal ini penting agar sholat kamu menjadi lebih khusyu’. Bayangkan saja saat sedang sholat lalu kamu terganggu dengan mukena yang melorot ke belakang hanya karena lubang pada kepalanya terlalu besar. Bayangkan juga kamu tidak bisa menekuk lutut hanya gara-gara roknya terlalu sempit. Untuk itu, pilihlah mukena yang pas agar nyaman saat digunakan.

3. Tidak memilih mukena dengan motif  yang berlebihan

Setiap orang memang memiliki selera yang berbeda-beda khususnya dalam urusan motif pada pakaian maupun mukena. Mukena yang akan dipakai untuk tarawih sebaiknya memiliki motif yang sederhana atau tidak memiliki corak yan berlebihan.

Hal tersebut dikarenakan bisa menarik perhatian orang-orang yang ada di masjid. Karena niatan untuk ibadah, maka lebih baik kamu menggunakan motif mukena yang biasa-biasa saja dan tidak perlu berlebihan.

4. Pilih mukena yang memiliki tas

Pada saat kamu menuju ke masjid, kamu harus membawa mukena lengkap dengan sajadahnya. Untuk itu, disarankan untuk memilih mukena yang menyediakan tas agar mukena kamu mudah untuk dibawa kemana-kemana. Selain itu, tas mukena juga berfungsi untuk membawa barang lainnya seperti botol minum. Botol minum ini bisa kamu bawa saat tarawih jika sewaktu-waktu kehausan.

5. Pilih mukena yang pas dengan badan

Langkah yang terakhir yaitu memilih mukena yang pas dengan ukuran badan. Jangan sampai kamu memilih mukena yang terlalu longgar atau kekecilan. Hal tersebut hanya akan membuat sholat kamu tidak nyaman. Itulah beberapa tips memilih mukena untuk tarawih. Pastikan mukena yang kamu pakai tidak menerawang dan sesuai dengan aturan. Jadikan momen puasamu lebih bermakna dengan menggunakan mukena yang nyaman untuk dipakai ibadah.