6 Tips Meraih Pahala di Bulan Puasa Bagi Perempuan Haid

tips meraih pahala di bulan puasa untuk perempuan haid
0 42

Kamu bisa meraih pahala sebanyak-banyaknya saat bulan puasa. Apapun kegiatan positif yang kamu lakukan, pasti akan diganjar dengan pahala yang berlipat-lipat. Oleh karena itu, kamu harus memaksimalkan dan memanfaatkan bulan puasa ini sebaik mungkin. Banyak aktivitas positif yang bisa kamu lakukan, diantaranya tarawih, kajian ke masjid, membaca buku-buku agama, bersosialisasi ke yayasan-yayasan, dan masih banyak kegiatan lainnya.

Namun, banyak perempuan yang khawatir karena tidak bisa meraih pahala sebanyak-banyaknya selama bulan puasa. Hal ini disebabkan karena menstruasi atau haid yang dialami perempuan selama satu bulan sekali. Haid ini membuat perempuan rehat berpuasa selama kurang lebih 1 minggu. Dengan begitu, perempuan pun tidak bisa melaksanakan ibadah puasa,tarawih, mengaji, dan aktivitas-aktivitas lainnya yang berhubungan dengan puasa.

Apakah perempuan masih bisa mendapat pahala saat haid?

Haid terjadi selama kurang lebih satu minggu dalam sebulan. Perempuan muslim yang sedang haid, tidak bisa melakukan ibadah sebagaimana mestinya khususnya di bulan puasa. Oleh karena itu, biasanya perempuan-perempuan ini selalu meng-qadha puasanya setelah bulan puasa berakhir atau di waktu-waktu tertentu.

Namun siapa sangka bahwa perempuan pun masih bisa mendapatkan pahala di bulan puasa meskipun sedang haid. Perempuan masih bisa beramal baik dan setiap amalan tersebut dihitung sebagai pahala. Tentu saja hal ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang sedang haid. Namun perlu diingat bahwa apa yang kamu lakukan harus diniatkan semata-mata untuk beribadah kepada Alah SWT, bukan untuk hal-hal lain.

Baca Rekomendasi :   Inilah 5 Tips Menjaga Pola Tidur Saat Bulan Puasa

Bagaimana cara meraih pahala di bulan puasa untuk perempuan yang sedang haid?

Banyak cara yang bisa dilakukan perempuan-perempuan yang sedang haid di bulan puasa untuk mendapatkan pahala. Oleh karena itu, untuk mengatasi kegalauan ini, simak beberapa amalan yang bisa dilakukan untuk meraih pahala bagi perempuan yang sedang haid selama bulan puasa berikut ini.

1. Menyediakan iftar (hidangan untuk berbuka puasa)

Hal pertama yang bisa kamu lakukan yaitu menyediakan hidangan berbuka puasa atau iftar bagi orang-orang yang sedang berpuasa. Kamu bisa melakukannya dengan teman-teman yang sama-sama sedang haid atau berhalangan. Iftar ini bisa kamu berikan ke masjid atau sekedar di lingkungan tetangga maupun keluarga. Dengan begitu, kamu pun bisa mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa hanya dengan melakukan amalan ini.

2. Memperbanyak doa dan zikir

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah dan mustajabnya doa. Oleh karena itu, kamu juga bisa berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Mintalah doa untuk dijadikan pribadi yang lebih bertaqwa dan tak lupa kebaikan untuk dunia akhirat. Selain itu, sertakan juga dzikir agar kamu bisa lebih mengingat Allah SWT. Dengan melakukan dua hal ini secara bersamaan, maka pahala yan berlipat pun akan mengalir.

Baca Rekomendasi :   3 Minuman Ini Pas Bangat Untuk Berbuka Puasa, Segar dan Enak Pula

3. Khidmat (membantu orang lain)

Amalan lainnya yang bisa menuai pahala yaitu dengan berkhidmat atau membantu orang lain. Selama sedang haid, kamu bisa membantu meringankan pekerjaan orang lain. Misalnya, jika ada tetangga yang sedang membersihkan halaman rumah, kamu bisa membantunya, atau jika anggota keluarga kamu ada yang sedang kesulitan membawa air galon, kamu bisa membantu mengangkatnya. Ingat, lakukan ini semua untuk mengharapkan ridho Allah SWT.

4. Melakukan sedekah dan infaq

Sedekah merupakan amalan yang paling mudah untuk dilakukan. Kamu cukup menyisihkn sebagian dari uang jajanmu untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan maupun dimasukkan ke kotak amal masjid. Membelanjakan harta di jalan Allah SWT akan diganjar dengan pahala yang berlipat apalagi jika dilakukan di bulan puasa ini. Maka dari itu, rajin-rajinlah bersedekah selama bulan puasa.

Baca Rekomendasi :   Makanan – Makanan Kekinian Yang Bisa Dijadikan Sebagai Takjil Berbuka Puasa

5. Menuntut ilmu

Amalan lain yang bisa menuai pahala yaitu menuntut ilmu. Kamu bisa menghadiri kajian-kajian yang biasanya diadakan di masjid. Jika kondisinya tidak memungkinkan, kamu bisa belajar lewat media sosial maupun internet mengenai ilmu-ilmu agama maupun ilmu lainnya yang bermanfaat. Dengan begitu, waktu kamu pun akan terisi dengan baik dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat juga berpahala.

  • Mengingatkan keluarga untuk melakukan ibadah sunnah

Tips terakhir yaitu mengingatkan anggota keluarga untuk selalu mengerjakan amalan sunah di bulan puasa. Amalan-amalan sunah ini bisa menambah pahala selama bulan puasa. Kamu bisa mengajak atau mengingatkan ibu, ayah, suami, anak, kakak, maupun adik untuk melaksanakan sholat dhuha, sholat tarawih, bersedekah, sholat tahajud, tadarus al-quran, menghadiri majelis-majelis ilmu, dan lain sebagianya. Dengan mengajak orang lain ke jalan kebaikan, maka kamu pun akan menuai pahala yang tak sedikit.

Demikianlah beberapa tips meraih pahala di bulan puasa bagi perempuan yang sedang haid. Selalu lakukan aktivitas-aktivitas positif selama bulan puasa agar kamu bisa mendapatkan pahala kasih sayang dari Allah SWT. Jangan lupa untuk selalu beristighfar dan meminta ampunan kepada Allah SWT di bulan yang penuh Rahmat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page