6 Jenis Jajanan Ini Bisa Kamu Beli Saat Bulan Puasa

jenis jenis jajanan untuk buka puasa
0 5

Saat bulan puasa, ada salah satu aktivitas yang sudah menjadi ciri khas yang dilakukan oleh kebanyakan umat muslim. Ngabuburit merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa. Kamu bisa ngabuburit ke tempat-tempat nongkrong yang asyik maupun tempat-tempat yang bagus untuk spot selfie. Dengan ngabuburit ini, waktu akan terasa lebih cepat untuk berbuka puasa.

Namun, ngabuburit tidak hanya dihabiskan untuk pergi ke tempat-tempat nongkrong yang asyik, tetapi juga untuk hunting aneka jajanan yang enak dan murah. Pusat aneka jajanan ini biasanya ditempatkan khusus hanya pada saat bulan puasa, seperti di lapangan alun-alun, pasar malam, komplek, dan tempat-tempat lainnya. Aneka jajanan ini sangat pas untuk hidangan saat berbuka, apalagi jika kamu tidak suka makan makanan yang berat saat berbuka.

Berapa rentang harga aneka jajanan yang dijual?

Beberapa penjual makanan ringan tentu tidak akan membanderol harga jajanannya semahal makanan berat. Jajanan ringan memiliki harga yang bervariasi dan umumnya dijual dengan harga yang murah. Sebut saja telur gulung, harga jajanan ini biasanya seharga 1000 sampai 2000 rupiah tergantung bahan apa yang digunakan. Jika telur gulung isi sosis, maka harganya bisa 2000 rupiah, namun jika hanya telur gulung saja maka harganya pun akan lebih murah.

Baca Rekomendasi :   Kisah Nyata : Ibu Gojek Ini Membawa Anaknya Mengemudi, Semuanya Demi Buah Hati

Siapa saja peminat jajanan untuk buka puasa ini?

Kalau urusannya dengan makanan, tentu saja jajanan ini diminati oleh semua kalangan mulai dari yang muda hingga yang tua. Jika kamu pergi ke alun-alun saat ngebuburit, kamu bisa lihat apa yang dibeli oleh kebanyakan orang. Mereka biasanya mengantongi beberapa aneka makanan ringan dan minuman. Setelah itu makanan tersebut mereka bawa pulang untuk bekal berbuka puasa nanti.

Makanan ringan ini cukup untuk mengganjal perut sebelum masuk ke makanan yang berat. Namun perlu diingat bahwa memilih makanan ringan pun tidak boleh sembarangan karena khawatir akan berdampak buruk pada kesehatan. Belilah makanan ringan yang sekiranya aman untuk dikonsumsi selama berpuasa.

Jika kamu sekarang berencana untuk ngabuburit, maka simak terlebih dahulu beberapa rekomendasi jajanan untuk berbuka puasa di bawah ini.

1. Kue klepon

Jajanan yang satu ini cocok untuk kamu yang suka makanan manis. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang dibentuk bulat-bulat seperti bakso. Lalu di dalamnya ditambahkan gula merah yang jika digigit akan meleleh keluar seperti lava. Agar rasanya bervariasi, biasanya kue ini ditaburi oleh parutan kelapa. Harga kue ini biasanya berkisar antara 5000 per satu bungkusnya. Buka puasa pun akan terasa lebih nikmat dengan memakan kue ini.

Baca Rekomendasi :   Punya Hobby dan Bakat? Jadikan Sebagai Mesin Pencari Uang Sampinganmu. Begini Caranya!

2. Kue Risoles

Siapa sih yang gak tau risoles? Jajanan ini merupakan jajanan sejuta umat karena hamper di setiap daerah ada. Risoles ini cocok bagi kamu yang suka makanan asin sebagai menu berbuka puasa. Isi risoles ini bermacam-macam, ada yang isinya sayuran, bihun, ayam, dan lain-lain. Bahkan, sekarang ada juga risoles dengan isian beef, mayonnaise, selada, tomat, dan saus. Risoles ini rasanya akan menyerupai seperti saat memakan burger.

3. Lemper ayam

Lemper ayam ini hamper sama seperti lontong. Hanya saja, lemper ayam ini terbuat dari beras ketan yang diisi dengan ayam suir. Rasanya tentu saja enak apalagi jika dijadikan menu untuk berbuka puasa. Lemper ini bisa dijadikan sebagai penganti nasi jika kamu belum sempat memasak nasi. Namun tetap saja jangan dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, bisa-bisa kamu kekenyangan dan tidak bisa melaksanakan ibadah tarawih.

4. Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi seperti sudah menjadi ikon jajanan yang paling diminati untuk berbuka puasa. Kolak pisang ini rasanya manis dan menyegarkan sehingga cocok untuk dijadikan menu bebuka puasa. Kolak ini biasanya berisi pisang kepok ditambah dengan ubi. Namun ada juga kolak yang ditambahkan dengan buah nangka agar memiliki rasa yang bervariasi. Kolak ini biasanya dijual seharga 5000 sampai 7000 rupiah.

Baca Rekomendasi :   Saat Puasa, Yuk Isi Waktumu Dengan 6 Kegiatan Bermanfaat dan Meningkatkan Iman

5. Goreng-gorengan

Jajanan yang satu ini pun tidak kalah hitsnya. Goreng-gorengan ini begitu banyak diminati karena selain harganya murah, juga rasanya yang enak. Gorengan ini biasanya diolah menjadi gehu (toge dalam tahu), bakwan atau bala-bala, goring tempe, dan masih banyak lagi. Namun, mengkonsumsi gorengan dalam jumlah banyak sangat tidak disarankan karena akan memicu penyakit yang serius. Makanlah 2-3 gorengan saja.

6. Telur gulung

Jajanan yang satu ini banyak digemari oleh kaum muda. Telur gulung ini merupakan telur yang digoreng kemudian digulung dengan menggunakan stik. Rasa telur gulung ini akan lebih nikmat jika ditambah dengan saus pedas.

Itulah beberapa jenis jajanan untuk berbuka puasa.Tetap perhatikan asupan makanan selama berbuka agar kondisi badan kamu tidak bermasalah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page