5 Tips Agar Semangat Bekerja di Bulan Puasa

0 34

Bekerja terkadang memang sangat melelahkan. Tidak hanya pekerjaannya itu sendiri, namun beberapa persiapan sebelum pergi berangkat kerjanya pun kadang tidak memberikan semangat, seperti harus berangkat pagi, terjebak diantara kemacetan kota, dan lain sebagainya. Kemungkinan hal tersebut juga akan semangkin buruk ketika bulan puasa tiba. Ketika kamu harus menahan lapar dan haus selama bekerja, kemungkinan kamu menjadi lesu dan kurang bersemangat.

Namun, berpuasa bukan menjadi halangan untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Justru kamu harus semakin bersemangat agar pekerjaan yang kamu lakukan bisa bernilai ibadah, bahkan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Puasa ramadhan merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT yang terjadi hanya setahun sekali. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu tidak bermalas-malasan dalam melakukan aktivitas khususnya dalam bekerja.

Mengapa harus tetap bersemangat dan produktif selama bulan puasa?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa puasa merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT. Puasa ini hanya terjadi satu tahun sekali dan jangka waktu ibadahnya melebihi puasa-puasa pada hari-hari biasa. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika kamu tidak produktif di bulan puasa ini hanya dikarenakan tidak makan dan minum. Padahal, hal tersebut bisa disiasati dengan makan makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka, disertai dengan pola tidur dan olahraga yang cukup.

Baca Rekomendasi :   6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menunggu Buka Puasa, Dapat Pahala Pula

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus tetap bersemangat saat menjalankan ibadah puasa, diantaranya:

Puasa ramadhan merupakan salah satu ibadah yang memiliki jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan puasa-puasa sunnah, dimana kamu diharuskan untuk beribadah full selama kurang lebih 30 hari. Karena banyak kebaikan dan rahmat di dalamnya, maka kamu harus mengisi waktu sebaik mungkin dengan kegiatan-kegiatan yang produktif. Dengan begitu, kamu pun akan mendapatkan pahala yang tidak terhinga. Wallahua’lam.

Ibadah puasa merupakan ibadah yang langsung diberikan pahalanya oleh Allah. Sehingga kamu tidak bisa main-main dalam menjalankan ibadah yang satu ini. Dengan begitu kamu bisa termotivasi untuk bersungguh-sungguh dalam menjalankannya.

Puasa ramadhan merupakan puasa yang diselenggarakan secara masal oleh seluruh umat muslim di dunia. Untuk itu, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda jika dibandingkan dengan melakukan puasa diluar puasa ramadhan.

Setelah mengetahui alasan tersebut, maka berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu agar tetap semangat bekerja meskipun dalam keadaan berpuasa.

1. Tidak melewatkan waktu sahur

Melaksanakan sahur saat berpuasa bertujuan untuk mengisi tenaga untuk di siang harinya. Bagi kamu yang memiliki aktivitas yang padat selama bulan puasa, jangan pernah melewatkan amalan yang satu ini. Dengan sahur, kamu pun akan lebih berstamina untuk melakukan berbagai aktifitas. Jangan lupa untuk selalu memakan makanan yang bergizi agar tubuh tetap fit dan sehat, sehingga pekerjaan pun tidak akan terganggua.

Baca Rekomendasi :   Makanan – Makanan Kekinian Yang Bisa Dijadikan Sebagai Takjil Berbuka Puasa

2. Menjaga dan mengatur asupan makanan

Langkah yang kedua yaitu kamu harus menjaga dan mengatur asupan makanan saat berbuka maupun saat sahur. Hindari makanan yang bisa membuat kamu ngantuk selama bekerja juga hindari makan dalam porsi yang banyak.

Makanan dalam porsi yang banyak tidak selalu membuat kamu lebih kuat dan segar di siang harinya. Kemungkinan besar kamu hanya akan ngantuk sepanjang hari selama bekerja. Maka dari itu makanlah secukupnya dengan menu gizi yang seimbang.

3. Mengkonsumsi air putih yang cukup

Agar kamu tidak kekurangan cairan selama bulan puasa, maka kamu harus mengkonsumsi air putih secara teratur khususnya selama bulan puasa. Air putih ini dapat membuat kamu tetap terhidrasi selama bulan puasa. Minumlah dua gelas air putih selama berbuka dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu, semangat bekerja kamu pun akan naik. Disarankan untuk membawa botol minum jika sewaktu-waktu kamu harus berbuka puasa di perjalanan.

Baca Rekomendasi :   Biar Tidurmu Bermanfaat, Ini Waktu-Waktu Tidur Yang Baik Pada Bulan Ramadhan

4. Melakukan olahraga ringan

Agar tetap bersemangat untuk kerja, kamu bisa melakukan olahraga ringan saat menjelang berbuka puasa. Olahraga dapat membantu tubuh kamu menjadi rileks dan fit sehingga kamu bisa lebih bertenaga saat bekerja. Lakukan olahraga-olahraga ringan seperti jalan santai, yoga, dan olahraga lainnya yang tidak menguras tenaga terlalu banyak. Kamu bisa melakukannya selama seminggu sekali atau disesuaikan dengan kebutuhan saja.

5. Beristirahat

Beristirahat bisa mengembalikan energi kamu yang hilang. Saat berpuasa, pastikan kamu memiliki kualitas tidur yang baik agar tubuh kamu tidak lemas saat harus beraktivitas. Di bulan puasa sebisa mungkin kamu harus memajukan jadwal tidur agar tidak pusing dan ngantuk saat bangun sahur. Tidur setelah sahur tidak disarankan karena khawatir kamu akan terlambat bangun dan kena omelan dari si bos.

Demikianlah 5 tips agar bekerja menjadi lebih bersemangat  selama bulan puasa. Tetap semangat dalam melakukan aktivitas apapun selama bulan puasa. Lakukan beberapa kegiatan produktif untuk mengisi waktu selama bulan puasa.

Sumber Image : unsplash.com/@shridhar

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page