Karena Mengungkapkan Sebuah Perasaan Dahulu Itu Jauh Lebih Penting Dari Pada Berjuang?

Semua baik-baik saja

Sering sekali mendengar bahwa cinta tidak butuh kata-kata, melainkan perjuangan. Bukan menjadi seseorang yang harus akan kata cinta, melainkan melihat seberapa mampukah kata-kata dapat membandingi sebuah perjuangan. Kenapa mengungkapkan perasaan lebih dulu lebih penting dari pada berjuang?

Karena, agar dia tau bahwa kau sedang memperjuangkannya. Agar dia tau jika semua yang kau lakukan adalah untuknya. Kenapa mengungkapkan perasaan sangat penting untuk memulai hubungan? Karena, agar dia tau hati siapa saja yang harus dijaga. Jangan pernah menyalahkan dia yang tidak bisa menjaga perasaan mu, tapi salahkan dirimu yang tidak berani mengungkapkan bahwa sebenarnya hatimu sangat penting untuk dijaga oleh nya. Dia tidak jahat, namun kau yang lamban.

Maka, ungkapkanlah dulu perasaanmu, barulah berjuang sekuat mungkin untuk mendapatkannya. Biarkan dia tau bahwa kau sedang memperjuangkannya. Biarkan dia mengartikan apapun yang kau lakukan meski itu sekecil atom. Beranilah dalam mengungkapkan, karena seburuk apapun kenyataan tetap saja namanu pernah melekat diotak nya.

Karena untuk apa kau berjuang sangat banyak ketika kau lambat mengungkapkan, mungkin perjuangan yang kau lakukan selama ini hanya dianggap suatu kebajikan.

Lalu, ada sebuah kata ketidak peka-an dan berharap berlebihan. Sangat sulit mensinkronkan antara dua hal ini. Pertama, saat dia peka atas perjuanganmu namun ketakutan akan berharap berlebihan ini akan muncul. Akibatnya, dia mengabaikan semua perjuanganmu. Kedua, saat tidak peka dan tidak berharap maka dia tidak akan tau bahwa apa yang kau lakukan semua itu adalah untuknya dan menganggap semua yang terjadi adalah hal yang biasa.

Kejujuran sangatlah penting, salah satunya adalah jujur atas perasaan sendiri. Jangan menunggu waktu yang tepat untuk mengungkapkan perasaan, jangan mencari situasi yang cocok untuk mengungkapkan karena sesungguhnya semua itu tidak ada. Yang ada adalah ketakutan pada dirimu atas jawaban yang akan ia lontarkan.

Karena perasaan sesungguhnya seorang wanita adalah bukan hanya melihat perjuanganmu saja. Namun dia akan melihat seberapa keberanianmu dalam memberitahu dia bahwa kau menyukainya. Sesungguhnya, perbuatan paling sia-sia di dunia ini adalah; mencintai orang yang tidak mencintaimu, berfikir bahwa orang yang kau sukai juga menyukaimu, menunggu seseorang yang hatinya menunggu orang lain, dan berjuang untuk seseorang yang sebenarnya dia tidak tahu bahwa perjuangan itu untuknya.

Jadilah seorang yang jujur dan berani terutama dalam sebuah perasaan.

Jangan jadi penakut. Jangan jadi pengecut. Jangan jadi seseorang yang hanya bisa melihat orang yang disukainya bahagia bersama orang lain dengan mata tertutup. Ini bukan soal keegoisan atau pun memaksakan yang bukan takdir melainkan sebuah pengorbanan.

Sumber photo via Instagram Jovitaayu