5 Kemolekan Temanggung yang Bikin Kamu Pengin Balik Lagi

Wisata Temanggung
1 24

Temanggung, sebuah kota kecil di Jawa Tengah yang mempunyai udara yang sejuk dan segar karena kota ini diapit oleh dua gunung yang keindahannya selalu bikin candu para pendaki, yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Bukan hanya itu, Temanggung juga terkenal dengan tembakaunya dan jambu biji yang menjadi ciri khas utama kota ini.

Kota dengan semboyan kota tersenyum ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di bagian selatan, Kabupaten Kendal di bagian utara, serta Kabupaten Wonosobo di bagian barat. Memang, Temanggung sering terlupakan sebagai tujuan traveling, karena para pelancong lebih memilih Magelang dengan candi Borobudurnya atau Wonosobo dengan Diengnya.

Tapi, tunggu dulu. Temanggung bukannya enggak menyimpan pesona alam yang menggoda. Sebenarnya keindahan alamnya gak kalah kok sama Magelang dan Wonosobo. Gak percaya, yuk simak destinasi-destinasi Temanggung berikut biar kamu yakin kalau kota Tersenyum ini pantas untuk dijelajahi.

1. Embung Tlogopucang yang Menyimpan Pemandangan Sunset yang Tak Bisa Ditandingi

Wisata Temanggung

Telaga buatan bernama “Embung Tlogopucang” ini merupakan tempat menampung air hujan bagi warga di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan, Temanggung untuk menghadapi musim kemarau. Namun selain digunakan sebagai sumber pengairan lahan penduduk, Embung Tlogopucang juga menjadi daya tarik wisatawan. Pasalnya, di sini Anda dapat melihat pemandangan yang indah nan memesona.

Baca Rekomendasi :   Keseruan Jogja Bay Waterpark Yogyakarta

2. Menyambut Sinar Mentari dan Menghirup Udara yang Segar di Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong merupakan daerah dengan ketinggian 2000 mdpl di mana dari tempat ini kita dapat melihat pemandangan alam yang luar biasa. Keindahan pemandangan di Posong ini bahkan ada yang menyamakannya dengan keindahan alam di Dieng Plateau Wonosobo.

Dari Dataran Tinggi Posong ini, Anda dapat melihat sunrise yang menawan serta pemandangan tujuh puncak gunung di sekitar Temanggung yaitu Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Ungaran dan juga Gunung Muria. Jika Anda berminat, Anda dapat menyewahomestay yang terdapat di Dataran Tinggi Posong.

Untuk menyewanya Anda dapat menghubungi Jogorekso Community atau pengelola wisata yang dikelola oleh pemuda di sekitar Dataran Tinggi Posong yang beralamat di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah.

Baca Rekomendasi :   Bukan Ku Tak Peduli, Hanya Saja Ku Tahu Kau Mampu Melewati Hari

3. Ada Jembatan Sigandul, Pemandangannya Tak Kalah Dengan Kelok Sembilan di Padang.

Memang tak seindah kelok sembilan di padang sumatra barat, ada jembatan si gandul di Temanggung yang menjadi tempat untuk menikmati sunrise. Selain itu, dari sini juga terlihat jelas kegagahan dua gunung yang menjadi kebanggaan temanggung. Yaitu Sindoro dan Sumbing.

Jemabatan Sigandul Temanggung via instagram.com/temanggungku

4. Di Tengah Teriknya Mentari, Kamu Bisa Ngadem Sejenak di Curug Titang. Keindahan Tersembunyi di Pojok Temanggung.

Curug yang selalu ramai pengunjung ini menyajikan pemandangan alam berupa air terjun yang indah dengan kesegaran airnya yang alami. Selain berenang dan bermain air, di area sekitar juga dimanfaatkan untuk kegiatan rafting yang seru dan menantang. Curug ini berada di Dusun Durenan, Tembarak, Temanggung.

Baca Rekomendasi :   Rasakan Petualangan Seru Hanya di Goa Pindul Yogyakarta
Curug Titang Temanggung via instagram.com/naufal_afiq_

5. Ada Juga Jembatan Sangkil Temanggung, Lari Pagi Dengan Gagahnya Gunung Menjadi Objek Foto yang Instagramble.

Seperti dilansir dari edyraguapo.blogspot.com , Nama asli Jembatan Sekrikil adalah Jembatan Gantung Kali Galeh karena jembatan ini memang membentang di atas Sungai Galeh. Namun, di kalangan netizen jembatan cantik ini lebih terkenal dengan sebutan Jembatan Sekrikil atau Jembatan Sangkil (singkatan dari Sanggen-Sekrikil).

Jembatan Singkil Temanggung via instagram.com/kakak.cha

Nama yang nggak salah juga karena jembatan gantung ini memang menghubungkan Dusun Sekrikil, Kelurahan Parakan Kauman, Kecamatan Parakan dengan Dusun Sanggen, Desa Gandurejo, Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung. Jembatan gantung yang memiliki panjang 90 meter dan lebar 1,8 meter ini diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 17 Juni 2017. Lantas, apa yang istimewa dengan Jembatan Sekrikil sehingga ramai didatangi banyak orang.

1 Comment
  1. […] Banyak loh destinasi yang sangat menarik di Indonesia. Bagi yang sudah pasangan seharusnya lebih baik traveling ke kota-kota yang mempunyai udara dingin, misalnya dieng dan temanggung. Jika Temanggung yang menjadi pilihan kamu, jangan lupa untuk menikmati 5 kemolekan Temanggung yang bikin kamu pengen balik lagi. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page