5 Tips Mudah Mengatur Keuangan untuk Kamu yang Bekerja Freelance

  • Bagikan
freelance
freelance

Belakangan menjadi seorang pekerja freelance adalah pekerjaan yang banyak di gandrungi oleh kebanyakan orang. Sebab menurut mereka, bekerja freelance bisa membuat mereka bisa lebih mudah mengatur waktu dalam bekerja serta terbebas dari tekanan atasan.

Di sisi lain, penghasilan yang didapatkan freelancer juga seringnya tidak tetap. Nah, untuk kamu yang sedang bekerja sebagai freelancer atau berencana ingin menjadi freelancer, beberapa tips mengatur keuangan ini mungkin bisa kamu terapkan agar uangmu tak habis begitu saja. Yuk simak!

1. Tabung uang yang kamu dapatkan sedikit demi sedikit

Meskipun penghasilan sebagai freelancer terkadang suka tak menentu, menabung adalah hal yang tetap harus kamu lakukan. Meskipun kamu hanya bisa menyisihkan sedikit dari uang yang kamu peroleh, tapi jika setiap bulannya kamu mampu menyisihkan sedikit demi sedikit, setahun saja tentunya sudah banyak yang kamu kumpulkan bukan?

Baca Rekomendasi :   Tak Sulit Kok, Begini Cara Menghilangkan Rasa Cemas yang Berlebihan

Selain itu kamu juga harus ingat bahwa uang yang sudah kamu tabung jangan sesekali dipakai atau diambil ya! 

2. Pisahkan antara uang untuk kebutuhan pribadimu dengan uang untuk masa depanmu

Selain menyisihkan penghasilanmu untuk di tabung, kamu juga perlu untuk memisahkan antara mana uang untuk kebutuhan pribadimu yang akan kamu gunakan sehari-hari, dan mana uang untuk tabungan masa depan.

Dengan memisahkan pengeluaran antara kebutuhan harian dan masa depan, kamu akan lebih bisa lagi mengatur keuangan dan mengontrol dirimu dalam membelanjakan uangmu.

3. Meskipun penghasilan sebagai freelancer sering tidak tetap, usahakan untuk jangan pernah meminjam uang kepada siapapun

Hal yang harus kamu hindari sebagai freelancer adalah meminjam uang atau berhutang kepada siapapun dan dalam kondisi apapun. Jangan sesekali untuk mencoba meminjam uang kepada orang lain. Sebab jika kebiasaan ini sudah kamu lakukan, yang dikhawatirkan akan sulit untukmu terbebas dari kebiasaan ini. Jadi ketika kamu dihimpit oleh masalah keuangan, kamu akan memilih cara instan untuk meminjam kepada orang lain.

Baca Rekomendasi :   Belajar Diam Itu Lebih Baik, Apalagi Jika Sedang Menghadapi 5 Situasi Ini

Jauh-jauh deh ya dari kebiasan buruk ini! Lebih baik kamu menabung dan menyisihkan uangmu yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan untuk keperluan mendesak. Karena uang yang kamu pinjam suatu saat akan kamu kembalikan, jadi lebih tahan dulu untuk tidak membeli yang di inginkan jika memang uang tak ada.

4. Hindari untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan

Hal yang juga penting untuk kamu lakukan yaitu hindari untuk membeli barang-barang yang tidak kamu butuhkan. Jadi jika kamu hanya sekadar ingin, tapi tidak membutuhkan barang tersebut, lebih baik urungkan niatmu untuk membelinya. Sebab lebih baik uang tersebut kamu tabung atau kamu gunakan untuk keperluan yang memang benar-benar kamu butuhkan dan mendesak ketimbang membeli sesuatu yang tidak perlu.

Baca Rekomendasi :   Bunda Wajib Tahu! 5 Alasan Penting Memantau Tinggi Badan Anak

5. Lakukan evaluasi setiap bulannya perihal keuanganmu

Bekerja sebagai seorang freelancer yang memiliki pendapatan tidak tetap juga menuntutmu untuk bisa melakukan evaluasi terkait keuanganmu. Karena dengan melakukan evaluasi, kamu bisa tahu hal atau pengeluaran mana yang harus kamu kurangi atau kamu minimalisir agar keuanganmu bisa aman terkendali setiap bulannya.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba terapkan sebagai freelancer dalam mengatur keuanganmu. Terlihat simpel memang, tapi jika tidak kamu coba terapkan dan kamu mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, maka akan sulit untukmu berhemat. Kamu pun harus ingat bahwa pendapatan freelancer tak pernah tetap. Jadi ayo berhemat!

Artikel ini sudah tayang di idntimes.com dan merupakan tulisan asli penulis.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page