Bukan Hanya Bromo, Ini 6 Air Terjun di Jawa Timur Yang Siap Menyihirmu

Coban-Ciblungan

Jenuh dengan rutinitas kantor yang bikin stres? Mungkin kamu butuh liburan yang segar dan bisa memanjakan mata kamu. Selain pantai dan gunung, air terjun juga menjadi wisata andalan saat penat.  Indonesia sendiri adalah surganya air terjun. Tak terhitung jumlahnya. Di antara banyaknya air terjun di Indonesia, Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang punya banyak sekali air terjun yang keren.

Mungkin bagi kamu pendaki atau penggiat pantai, Jawa Timur menjadi destinasi yang menarik karena menyimpan berbagai gunung yang menjulang tinggi, sebut saja Gunung Bromo, Gunung Simeru, Gunung Lawu dan Gunung Kawi. Bukan hanya gunung saja, destinasi pantai juga sangat banyak di Jawa Timur. Lantas bagaimana dengan air terjunnya?

Air Terjun di Jawa Timur juga bukan cuma keren tapi juga unik. Gak percaya, berikut destinasi air terjun di jawa timur yang bisa menyihirmu.

1. Coban Ciblungan, serpihan surga di tanah Arema

Instagram.com/rindraaa28

Malang memang tidak henti-hentinya menyuguhkan air terjun yang indah. Air Terjun Coban Ciblungan ini merupakan salah satu surga di Malang yang berlokasi di kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Menikmati Air Terjun Coban Ciblungan ini bakal membuat kamu betah dan gak mau pulang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kamu di sini. Sayang banget kan kalau gak diabadikan.

2. Air Terjun Toroan, bagaikan oase di tengah panasnya Madura

Instagram.com/rohani_tanasal

Yang unik dari Air Terjun Toroan ini adalah air jatuh langsung ke laut. Berada di kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura, yang tidak jauh dari kota Sampang. Cukup berkendara sejauh 4 km kamu sudah sampai di Air Terjun Toroan. Lokasi sekitar air terjun ini masih sangat asri. Selain menikmati air terjun, kamu juga bisa menikmati pantai dan laut sekitar air terjun terlebih saat sunset dan sunrise. Cakep deh.

3. Air Terjun Temor, keindahan di balik jurang

Instagram.com/digo.lho

Jika ke Banyuwangi, selain ke Air Terjun Jagir kamu juga bisa berkunjung ke Air Terjun Temcor atau masyarakat sekitar menyebutnya dengan Air Terjun Sumber Arum. Berada di area persawahan dan juga perkebunan pisang membuat siapa saja yang datang ke sini. Temcor sendiri memiliki kepanjangan Temor Cora yang berasal dari bahasa Madura yang artinya Timur Jurang. Memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

4. Air Terjun Sumber Pitu Tumpang, bagai di surga

Instagram.com/dirga_eka

Air Terjun Sumber Pitu di Malang yang lain berada di kecamatan Tumpang, Malang. Meski namanya Sumber pitu atau dalam bahasa jawa artinya tujuh sumber, namun terdapat banyak aliran air terjun kecil yang justru membuatnya semakin indah membuat siapa saja jadi betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa berendam pada kolam air terjun ini yang jernih. 

5. Air Terjun Sumber Maron, surga di tengah sawah

Instagram.com/mansmansasel

Mungkin julukan surga di tengah sawah cocok sekali untuk Air Terjun Sumber Maron. Ya, air terjun ini merupakan air terjun yang berasal dari sungai irigrasi masyarakat desa Karang Suko, kecamatan Pagelaran, Malang. Meski air terjun ini tidak terlalu tinggi namun tetap menarik untuk dinikmati. Justru karena air terjun ini memiliki ketinggian rendah, jadi kamu bisa manjat sampai di atas air terjun. Selain itu kamu juga bisa menikmati air terjun ini dengan menjajal river tubing.

6. Air Terjun Nglirip, pesona di tengah pemukiman

Jika Air Terjun Tirtosari perlu tenaga ekstra untuk sampai di air terjunnya, maka berbeda dengan Air Terjun Nglirip. Jika biasanya air terjun terletak di pegunungan maupun hutan, lain dengan Air Terjun Nglirip. Air terjun ini justru terletak di tepi jalan raya sehingga tempatnya tidak jauh dari pemukiman warga. Berlokasi di kecamatan Singgahan, Tuban, air terjun ini memiliki ketinggian 25 meter.

Instagram.com/sam.firdauzt9

Konon barang siapa yang datang ke sini dengan pacar, maka tidak lama setelah itu mereka akan putus.Terlepas dari mitosnya, air terjun ini begitu indah