Selain Lombok, Ini 5 Gili Cantik di Jawa Timur Nan Mempesona

Jika mendengar nama-nama pulau dengan awalan gili, yang terlintas dipikiran kita pasti Lombok, Bali, dan sekitarnya. Tapi siapa sangka ternyata di Jawa Timur juga punya gili yang gak kalah cantik dengan yang ada di Lombok sekitarnya.

Iya memang Bali dan Lombok sudah terlanjur kadung dengan pesona gili-gilinya yang sudah mendunia. Bahkan Gili di Lombok selalu menjadi destinasi wisatawan asing maupun lokal sendiri. Tapi sebenarnya, kini semakin mejamur gili yang keindahannya bak syurga dunia.

Semua gili ini tersohor dari instagram para traveler, kini Jawa Timur juga mulai menunjukkan destinasi gilinya khususnya di Madura dan Gresik. Berikut 5 gili cantik yang ada di Jawa Timur yang bisa jadi referensi liburan kamu.

1. Gili Labak, Madura

Gili Labak Maduar via Instagram.om/livyah08

Selain terkenal dengan sebutan “Penghasil Garam”, Madura juga ternyata memiliki surga yang mempesona. Salah satunya adalah Gili Labak. Bagi beberapa traveller, pulau ini sudah tidak asing lagi. Keindahannya begitu mempesona. Gili Labak terletak di Kecamatan Talango, Sumenep, Madura. Selain menikmati pantai pasir putihnya, wisatawan juga bisa snorkeling di sekitar pantai.

2. Gili Genting, Madura

Gili Genting Madura via Instagram.com/yuddiwijaya

Pantai yang terkenal di Gili Genting ini adalah Pantai Sembilan. Sesuai namanya, pantai ini bentuknya mirip angka sembilan. Sebelum ke Gili Labak, wisatawan biasanya mampir ke Gili Genting lebih dahulu. Gili Genting sendiri terletak di Kecamatan Gili Genting, Sumenep, Madura.

3. Gili Iyang, Madura

Gili Iyang Madura via Instagram.commeyz

Lagi-lagi Pulau Madura menyuguhkan keindahan alam tersembunyi. Satu lagi pulau kecil di Madura yang sayang untuk dilewatkan yaitu Gili Iyang. Gili Iyang juga memiliki sebutan sebagai Pulau Oksigen. Gili yang terletak di Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura ini tidak memiliki pantai berpasir. Namun demikian tidak mengurangi keindahan pulau ini.

4. Pulau Gili, Bawean

Gili Noko via disparbud.gresikkab.go.id

Pulau Gili di Bawean terletak di Kecamatan Sangkapura, Bawean, Gresik. Letaknya tidak jauh dari Pulau Noko, hanya sekitar 100-200 meter saja. Pulau ini merupakan pulau dengan penduduk terbanyak kedua setelah Pulau Bawean sendiri.

5. Gili Ketapang, Probolinggo

Gili Ketapang via Instagram.com/la_elaa

Gili Ketapang terkenal dengan surga bawah lautnya yang eksotis. Para wisatawan biasanya mengabadikan momen dengan berfoto bersama para Ikan Badut penghuni Pulau Gili Ketapang. Selain itu tidak sedikit pula yang menghabiskan waktunya hanya sekedar bermain pasir putihnya yang menawan. Gili Ketapang terletak di Kecamatan Sumberasih, 80 Km di lepas pantai utara Kabupaten Probolinggo.

Nah, itulah beberapa gili yang ada di Jawa Timur yang bisa kamu jadikan referensi wisatamu.