5 Pantai di Jawa Timur Ini Punya Air Terjun Langsung Jatuh ke Laut

Air-Terjun-Toroan-Sampang

Bentang alam Indonesia tidak hentinya menyuguhkan pemandangan yang membuat siapa saja terpana. Baik itu wisatawan lokal maupun manca negara. Maka tidak heran jika Indonesia layak disebut surga dunia. Dari gunung, pantai, sampai air terjun tidak ada yang tidak indah.

Selain keindahannya, alam indonesia juga unik. Salah satu keunikannya yaitu adanya air terjun di tepi laut. Ibarat sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Dua wisata dalam satu tempat. Sebagai salah satu provinsi yang punya sejuta keindahan alam, Jawa Timur juga mempunyai daftar air terjun yang berada di bibir pantai yang pastinya akan membuat orang yang datang tidak hentinya berdecak kagum.

Berikut daftar 5 air terjun di Jawa Timur yang airnya langsung jatuh ke laut. Jadi kapan kamu kesana?

1. Air Terjun Toroan, Sampang

Pulau Madura dikenal memiliki hawa panas karena kontur tanahnya yang berupa batu kapur. Namun di tengah panasnya Pulau Madura, ada oase kecil yang menyejukkan mata. Tepatnya di Kecamatan Ketapang 42 Km dari pusat Kota Sampang, Madura.

Air terjun toroan via Instagram.com/sandal_gunung_

Namanya Air Terjun Toroan. Letaknya yang berada di tepi pantai membuat pemandangan jadi semakin menawan. Ditambah lagi dengan pepohonan yang berada di sekitar air terjun membuat suasana semakin sejuk. Wisatawan bisa turun melewati jalan yang sudah disediakan untuk menikmati air terjun dari bawah.

2. Air Terjun Pantai Banyu Anjlok, Malang 

Kabupaten Malang memang terkenal dengan pantai-pantainya yang cantik yang sayang banget untuk dilewatkan. Salah satu pantai yang unik di Malang adalah Pantai Banyu Anjlok. Sesuai namanya, Banyu Anjlok yang memiliki arti Air Terjun, di sini pengunjung bisa menikmati dua wisata dalam satu tempat yaitu air terjun dan pantai.

Air Terjun Pantai Banyu Anjlok via Instagram.com/matadeastama

Namun pengunjung harus menggunakan sampan untuk mencapai Pantai Banyu Anjlok karena letaknya yang masih belum terjamah. Karena lokasinya yang berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang, jalanan yang harus ditempuh pun lumayan menguras tenaga. Jadi buat sahabat travelers tetap jaga staminanya.

3. Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Selain terkenal dengan sebutan kota seribu goa, Pacitan yang merupakan kota kelahiran Bapak Susilo Bambang Yudhoyono atau Pak SBY ini juga mempunyai garis pantai yang cantik-cantik. Salah satu destinasi favorit wisatawan saat ke Pacitan yaitu Pantai Banyu Tibo.

Air Terjun Pantai Banyu Tibo Instagram.com/mufidah.nadia

Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Banyu Tibo sendiri memiliki makna Air Jatuh karena di pantai ini terdapat sebuah air terjun yang airnya jatuh dari atas tebing. Sumber air dari air terjun ini berasal dari mata air yang konon tidak akan habis walau di musim kemarau sekalipun. Jadi air terjun ini akan selalu terlihat dalam berbagai musim.

4. Air Terjun Pantain Karang Bolong, Pacitan

Selain Pantai Banyu Tibo, Pacitan juga memiliki Pantai Karang Bolong yang gak kalah eksotisnya. Lokasinya tidak begitu jauh dari Pantai Banyu Tibo tepatnya di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Air Terjun Pantain Karang Bolong via Instagram.com/_veroy

Nama unik ini diambil karena adanya tebing karang yang berlubang alias bolong. Keunikan lainnya yang dapat kamu temukan adalah adanya air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Namun saat musim kemarau, air terjun ini tidak nampak karena debit airnya yang kecil.

5. Air Terjun Pantai Umbul Waru, Blitar

Blitar juga tidak mau ketinggalan. Di sini terdapat pantai bernama Pantai Umbul Waru yang pastinya memiliki keunikan adanya air terjun yang jatuh dari atas tebing langsung menuju ke laut. Letaknya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Untuk mencapai lokasinya sangatlah mudah karena sudah ada petunjuk yang akan akan menuntun para wisatawan ke sini. Kendalanya adalah jalur yang harus dilalui masihterjal dan harus ekstra hati-hati.

Air Terjun Pantai Umbul Waru via Instagram.com/ekfrg

Untuk menikmati keindahan air terjun sekaligus pantainya, pengunjung harus menuruni tebing dengan bantuan seutas tali yang sudah di sediakan. Benar-benar sensasi yang tak terlupakan. Namun saat air pasang, pengunjung tidak disarankan untuk turun mengingat ombak pantai selatan yang memang tergolong besar-besar. 

Jadi, sudah berapa tempat yang pernah kamu kunjungi? Berani coba semua?