8 Wisata Gratis di Tuban, Liburan Murah Gak Pake Mahal

  • Bagikan
Air-Terjun-Bongkok-Tuban
Air-Terjun-Bongkok-Tuban

Kalau kalian melintas di jalur pantura dari arah Semarang ke Surabaya maupun sebaliknya, maka kalian akan melewati salah satu Kabupaten yang bernama Tuban. Tidak ada salahnya kalian singgah sebentar sambil menikmati wisata alam yang ada. Gak semua yang indah harus bayar kok.

Memang Tuban gak setenar kota-kota lainnya di Jawa Timur dan mungkin sering dianggap sebelah mata sebagai tempat wisata. Sebenarnya wajar saja, karena memang di Jawa Timur sendiri terdapat beberapa kota yang sangat populer bagi wisatawan. Sebut saja Malang yang menjadi Ratu wisata di Jawa Timur, Sehingga nama Tuban tak begitu menarik dan jarang di eskplore.

Padahal jika kamu meluangkan waktumu sejenak, berbagai destinasi di Tuban bisa kamu jadikan sebagai tujuan wisatamu selanjutnya. Gak percaya, berikut ini delapan destinasi wisata di Tuban yang bisa kamu kunjungi dan tentunya anti mahal.

1. Pantai Surindah, pantai perawan milik Tuban

Pantai Surindah via Instagram.com/tonicsy

Pantai Surindah berlokasi di Desa Temaji, Kecamatan, Jenu, Kabupaten Tuban. Letak strategis karena berada di jalur Pantura Semarang-Surabaya. Yang ikonik dari pantai ini adalah terdapatnya kapal yang terdampar di bibir pantai. Pantai Surindah ini masih asri belum ada fasilitas sama sekali. Jadi jika kamu ke sini bawa bekel sendiri dan jangan lupa sampahnya dibawa pulang.

Baca Rekomendasi :   Pantai Muaro Padang, Destinasi Religi Sambil Mantai di Padang

2. Klenteng Kwan Sing Bio, satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke laut

Klenteng Kwan Sing Bio via Instagram.com/tyaslatifah

Yap, Klenteng Kwan Sing Bio ini merupakan satu-satunya klenteng di Indonesia yang menghadap ke laut. Selain itu Klenteng Kwan Sing Bio ini digadang-gadang menjadi klenteng terbesar se-Asia Tenggara. Berlokasi di Jalur Pantura di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Untuk masuk ke sini kalian bisa ijin dengan menunjukkan kartu identitas diri.

3. Goa Suci, goa peninggalan kerajaan Majapahit

Goa Suci via Instagram.com/bendottetapsemangat

Saat memasuki Goa Suci ini kamu pasti tidak berhenti berdecak kagum. Dinding-dindingnya berundak yang disebabkan oleh aktivitas tambang batu kapur pada zaman dahulu. Goa ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit. Berloksi di Desa Leran Wetan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Untuk masuk ke dalam goa ini kalian tidak dikenakan biaya alias gratis, cukup dengan membayar parkir yang sudah disediakan warga sekitar.

Baca Rekomendasi :   Seru-Seruan di Museum 3D Jakarta Bersama Keluarga Tercinta

4. Goa Kancing, permadani hijau di atas bukit

Goa Kancing Tuban via Instagram.com/amaliamuy

Goa kancing ini merupakan goa kecil yang hanya berkedalaman lima meter saja. Kecil memang. Namun yang menjadi daya tarik di Goa Kancing ini adalah adanya dua tebing unik yang berbentuk seperti kodok dan kepala kera. Selain itu jika musim hujan bukit di Goa Kancing ini terlihat seperti permadani hijau. Sebaliknya, saat musim kemarau Goa Kancing terlihat gersang kecoklatan. Goa ini terletak di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding

5. Watu Ondo, spot untuk melihat Tuban dari atas tebing

Watu Ondo Tuban via Instagram.com/destiawan13

Dari atas tebing Watu Ondo ini kamu bisa memandang luas hamparan sawah serta hutan Kabupaten Tuban. Terdapat dua Watu Ondo yang bisa kamu kunjungi. Watu Ondo Atas di sebelah barat sementara Watu Ondo Bawah di sebelah timur. Berlokasi di desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding.

6. Air Terjun Bongok, keindahan yang jauh dari keramaian

Air Terjun Bongkok Tuban via Instagram.com/pyuwana

Berlokasi di tengah hutan Desa Jetak, Kecamatan Montong, membuat air terjun ini jauh dari kebisingan kota. Air terjun ini masih benar-benar alami. Belum dikelola oleh pemerintah. Jika kamu menggunakan kendaraan roda empar maka kamu musti pinter-pinter nyetir karena jalanannya yang sempit yang terkadang juga berpapasan dengan kendaraan lain.

Baca Rekomendasi :   Mengintip Keindahan Watu Payung, Negerinya Para Dewa di Gunung Kidul

7. Air Terjun Banyulangse, tempat nongkrong millennials Tuban

Air Terjun Banyulangse via Instagram.com/mirfaqulqolbi

Air terjun yang berlokasi di Desa Boto, Kecamatan Semanding ini mempunyai beberapa tingkatan. Selain menikmati air terjun, kamu juga bisa nongkrong sambil ngopi-ngopi asik di atas Bukit Banyulangse. Gak perlu keluar uang kok untuk bisa menikmati air terjun cantik ini.

8. Air Terjun Sanggrahan, surga tersembunyi di balik semak

Air terjun sangrahan via Instagram.com/fino_si

Masih banyak yang belum tahu kalau ada kepingan surga seindah ini di Tuban, bahkan masyarakat Tuban sendiri. Air terjun ini berlokasi dekat dengan Pemandian Air Hangat Nganget di Desa Kedung Jambe, Kecamatan Singgahan. Untuk bisa ke sini kamu perlu treking sebentar menyusuri sawah, semak serta pepohonan rindang.

Tuh bukti Tuban bukan cuma kabupaten kecil kan? Masih banyak keindahan Tuban yang belum pernah kamu jangkau. Jadi kapan liburan ke Tuban?

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page