Bukan Maluku, Ini 7 Pulau di Jawa yang Punya Pemandangan Laut Keren Abis!

Kalau kita membicarakan tentang laut Indonesia yang keren, pasti jawabannya ada di Indonesia bagian timur seperti Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nura Tenggara Timur maupun Papua. Yap, keindahan laut Indonesia bagian timur memang tidak perlu diragukan. Bahkan keindahannya sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Namun siapa sangka di Jawa ternyata juga terdapat surga laut yang gak kalah kerennya. Jadi buat kamu yang tinggal di Jawa gak perlu jauh-jauh lagi deh. Bisa ngirit biaya pula. Penasaran di mana saja sih tempatnya? Yuk simak!

1. Bagi Kamu Warga Jakarta dan Sekitarnya, Ada Kepulauan Seribu di Jakarta Yang Indahnya Kebangatan.

Pasti sebagian dari kamu gak bakal nyangka kalau laut Jakarta bisa sekeren ini. Jakarta yang terkenal dengan kota metropolitan yang akrab dengan kemacetan, polusi, serta segala kesibukannya itu ternyata mempunyai surga laut yang indah banget.

Kepulauan seribu Jakarta via Instagram.com/_kaeka_

Kepulauan Seribu berada di 45 km sebelah utara Kota Jakarta. Saking indahnya gak heran jika pulau ini mendapatkan julukan Maldives van Java. Meski namanya Kepulauan Seribu namun faktanya jumlah pulau di sana hanya sekitar 110, ada juga yang bilang sekitar 342. Namun hanya 11 pulau yang berpenghuni. Beberapa pulau yang terkenal adalah Pulau Tidung, Pulau Onrust, Pulau Pramuka dan Pulau Pari.

2. Selian Terkenal Dengan Kegiatan Berenang Dengan Ikan Hiunya, Karimun Jawa Juga Mempunyai Pantai dan Laut yang Eksotis.

Keindahan Kepulauan Karimun Jawa memang tidak ada yang bisa menyangkalnya. Bahkan ketenarannya sampai ke pelancong berbagai negara. Gak percaya? Datang saja langsung maka kamu akan menjumpai turis asing yang gak jarang bisa kamu temui di sana.

Karimun Jawa via Instagram.com/nimasputrikinanti

Lokasi gugusan pulau Karimun Jawa terletak di 83 km utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Karimun Jawa sendiri memiliki julukan Caribbean van Java. Aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini yaitu island hopping, diving, snorkeling, camping dan bahkan melihat penangkaran hiu.

3. Bersantai Diatas Beningnya Air Laut di Pulau Bawean, Gresik. Beban Hiduppun Berkurang dan Hati Bahagia.

Pulau yang terletak sekitar 120 km di utara laut Gresik ini juga gak kalah indahnya. Pulau Bawean juga dikenal sebagai Pulau Putri karena mayoritas penduduknya adalah wanita. Ini disebabkan karena banyak kaum laki-laki di pulau ini pergi merantau.

Pulau Bawean Gresik via Instagram.com/boyantravel

Bawean juga terkenal dengan Rusa Bawean-nya. Selain itu pemandangan alamnya pun tak kalah cantik. Sebut saja Pulau Noko Selayar dan Pulau Gili yang mempunyai pemandangan laut yang indah banget.

4. Gili Labak, Sumenep

Gili Labak via instagram.com/uubed

Surganya Pulau Madura ini juga gak boleh diremehkan. Dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep diperlukan waktu selama dua jam menyeberang dengan perahu untuk bisa sampai di Pulau Gili Labak. Sesampainya di Gili Labak, kaki kamu akan disambut oleh jernihnya air laut dan putihnya pasir pantai. Dijamin kamu gak bakalan bisa menolak pesona yang ditawarkan. Baik itu pesona bawah laut maupun permukaannya.

5. Pulau Gili Ketapang, Probolinggo

Pulau Gili Ketapang Probolinggo
Pulau Gili Ketapang Probolinggo Instagram.com/gili_ketapang_island_1

Laut yang jernih dengan terumbu karang, bunga karang, anemon serta ikan badut yang asyik bermain merupakan sajian istimewa saat kamu berkunjung ke Pulau Gili Ketapang di Probolinggo ini. Pulau yang terletak di utara Kabupaten Probolinggo ini mayoritas penduduknya bersuku Madura. Yang unik dari pulau ini yaitu adanya sekawanan kambing. Jika biasanya kita melihat kambing di lapangan atau padang rumput maka kambing di sini mainnya di pantai. 

6. Pulau Sempu, Malang

Dulunya Pulau Sempu sangat ramai oleh wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Malang. Namun sebenarnya tempat ini merupakan Cagar Alam yang mana terdapat larangan untuk berwisata di sana. Terlebih saat para wisatawan yang berkunjung ke sana banyak yang meninggalkan sampahnya sehingga membuat pemandangan menjadi kumuh.

Pulau Sempu Malang via instagram.com/cak.iswara

Terlepas dari itu semua, Pulau Sempu ini memiliki panorama yang keren abis. Apalagi jika melihat lautnya yang biru dengan gugusan pulau-pulau kecilnya membuat Pulau Sempu nampak seperti Raja Ampat versi mininya.

7. Pulau Tabuhan, Banyuwangi

Pulau tabuhan via Instagram.com/hativalzayuka

Jarak terdekat untuk bisa ke pulau ini yaitu melalui Pantai Bangsri. Pulau yang terletak di tengah Pulau Jawa dan Bali ini masih menjadi bagian dari Kabupaten Banyuwangi. Melihat lautnya yang biru jernih sudah tentu akan membuat kamu ingin langsung menceburkan diri dan melihat pemandangan bawah lautnya. Namun bagi kamu yang tidak suka snorkeling, kamu bisa kok berfoto sambil berkeliling pulau. Karena Pulau Tabuhan termasuk pulau kecil, jadi gak butuh waktu lama untuk bisa berkeliling seluruh pulau.

Jadi gimana nih? Sudah tahu pengen liburan ke mana? Kemanapun perginya yang penting tetap jaga kesehatan. Jangan sampai pas lagi asyik liburan ternyata tubuh jadi sakit karena kelelahan. Kan jadi gak seru, ya gak?