5 Alasan Untuk Berdamai Dengan Masa Lalu

Masa lalu adalah segaris cerita yang telah hilang ditelan waktu. Kisah yang lebih sering disebut dengan kenangan. Apakah kamu memiliki masa lalu yang pahit? Ditinggalkan seseorang misalnya? Atau dikhianati, diduakan, ditinggalkan tanpa alasan, atau bahkan ditenggelamkan dalam harapan yang semu?

Masa lalu yang pahit seperti ini seringkali sulit untuk hilang dalam ingatan. Tentu, beberapa orang masih tertinggal di masa lalunya, karena tak ingin beranjak pada kisah yang baru, akhirnya gagal move on. Sikap tidak mau melangkah ini, menjadi sebuah alasan mengapa hati sulit berdamai dengan masa lalu. Nah, untukmu yang masih sulit melepaskan masa lalu itu, 5 alasan ini akan membuat kamu sadar, bahwa kamu harus berdamai dengan masa lalu.

1) Ada hikmah yang tersimpan.

Barangkali, seseorang di masa lalu itu, tidak menjadi bagian dari hidupmu, karena ada hal tidak baik, yang akan membuat rumit kehidupanmu dan dia di masa mendatang. Jika dipaksakan untuk bersatu, justru malah akan memburuk. Sebab itulah perpisahan kamu dan dia, adalah karena tersimpan hikmah di dalamnya.

2) Ada impian yang harus diwujudkan, dibanding menangisi masa lalu.

Pernah mendengar sebuah kalimat, “Karir yang sukses mengundang cinta yang lebih berkelas”? Nah, barangkali, kejadian di masa lalu itu adalah sebuah langkah awalmu untuk mewujudkan impian. Ya, ketimbang menangisi masa lalu, lebih baik melangkah dan meraih impian, do something special, and don’t ever give up. Aku yakin, saat kamu memilih untuk berdamai dengan masa lalu, lalu mewujudkan impian, maka, cinta yang lebih hebat akan datang padamu.

3) Terus bersedih hanya akan membuang waktu.

Berapa banyak air mata yang sudah kau jatuhkan untuknya? Semua tangis dan kesedihan itu, hanya akan memberatkan langkahmu, menyita banyak waktu berharga yang seharusnya bisa kamu manfaatkan. Padahal hidup ini begitu singkat, mengapa harus dihabiskan dengan terus bersedih meratapi seseorang di masa lalu?

4) Berhak bahagia dengan seseorang yang baru.

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus berdamai dengan masa lalu, adalah karena kamu berhak bahagia dengan seseorang yang baru. Saat seseorang di masa lalumu, sedang tertawa gurih bersama pilihannya, kamu juga berhak bahagia selayaknya dia. Bukan malah menatap penuh sesal padanya, melihatnya sedang tertawa mesra bersama orang lain. Ayo, kamu juga berhak bahagia. Jadi, berbahagialah, karena kamu berhak bahagia, bukan karena pura-pura bahagia.

5. Melepaskan jauh lebih lega.

Alasan terakhir, melepaskan masa lalu itu jauh lebih lega, ketimbang terus memikirkannya, serta tidak mau melangkah, tidak mau berpindah ke lain hati dan gagal move on. Jangan takut untuk memulai perubahan. Kita mungkin kehilangan seseorang di masa lalu, tapi kita akan peroleh seseorang yang baru.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus berdamai dengan masa lalu. Mulailah melangkah untuk menyambut cinta yang baru di masa depan. 🙂