5 Alasan Untuk Berdamai Dengan Masa Lalu

Tak ada masalah
0 73

Masa lalu adalah segaris cerita yang telah hilang ditelan waktu. Kisah yang lebih sering disebut dengan kenangan. Apakah kamu memiliki masa lalu yang pahit? Ditinggalkan seseorang misalnya? Atau dikhianati, diduakan, ditinggalkan tanpa alasan, atau bahkan ditenggelamkan dalam harapan yang semu?

Masa lalu yang pahit seperti ini seringkali sulit untuk hilang dalam ingatan. Tentu, beberapa orang masih tertinggal di masa lalunya, karena tak ingin beranjak pada kisah yang baru, akhirnya gagal move on. Sikap tidak mau melangkah ini, menjadi sebuah alasan mengapa hati sulit berdamai dengan masa lalu. Nah, untukmu yang masih sulit melepaskan masa lalu itu, 5 alasan ini akan membuat kamu sadar, bahwa kamu harus berdamai dengan masa lalu.

1) Ada hikmah yang tersimpan.

Barangkali, seseorang di masa lalu itu, tidak menjadi bagian dari hidupmu, karena ada hal tidak baik, yang akan membuat rumit kehidupanmu dan dia di masa mendatang. Jika dipaksakan untuk bersatu, justru malah akan memburuk. Sebab itulah perpisahan kamu dan dia, adalah karena tersimpan hikmah di dalamnya.

2) Ada impian yang harus diwujudkan, dibanding menangisi masa lalu.

Pernah mendengar sebuah kalimat, “Karir yang sukses mengundang cinta yang lebih berkelas”? Nah, barangkali, kejadian di masa lalu itu adalah sebuah langkah awalmu untuk mewujudkan impian. Ya, ketimbang menangisi masa lalu, lebih baik melangkah dan meraih impian, do something special, and don’t ever give up. Aku yakin, saat kamu memilih untuk berdamai dengan masa lalu, lalu mewujudkan impian, maka, cinta yang lebih hebat akan datang padamu.

3) Terus bersedih hanya akan membuang waktu.

Berapa banyak air mata yang sudah kau jatuhkan untuknya? Semua tangis dan kesedihan itu, hanya akan memberatkan langkahmu, menyita banyak waktu berharga yang seharusnya bisa kamu manfaatkan. Padahal hidup ini begitu singkat, mengapa harus dihabiskan dengan terus bersedih meratapi seseorang di masa lalu?

4) Berhak bahagia dengan seseorang yang baru.

Alasan selanjutnya kenapa kamu harus berdamai dengan masa lalu, adalah karena kamu berhak bahagia dengan seseorang yang baru. Saat seseorang di masa lalumu, sedang tertawa gurih bersama pilihannya, kamu juga berhak bahagia selayaknya dia. Bukan malah menatap penuh sesal padanya, melihatnya sedang tertawa mesra bersama orang lain. Ayo, kamu juga berhak bahagia. Jadi, berbahagialah, karena kamu berhak bahagia, bukan karena pura-pura bahagia.

5. Melepaskan jauh lebih lega.

Alasan terakhir, melepaskan masa lalu itu jauh lebih lega, ketimbang terus memikirkannya, serta tidak mau melangkah, tidak mau berpindah ke lain hati dan gagal move on. Jangan takut untuk memulai perubahan. Kita mungkin kehilangan seseorang di masa lalu, tapi kita akan peroleh seseorang yang baru.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus berdamai dengan masa lalu. Mulailah melangkah untuk menyambut cinta yang baru di masa depan. 🙂

***

5 Kalimat Ini Bisa Kamu Gunakan Sebagai Pengganti “Sabar Ya”

Setiap orang pasti mempunyai masalah dalam hidupnya. Sebagai teman tentu saja kamu akan menghibur dia yang sedang berjuang untuk bangkit kembali. Jika bisa membantu, kamu dengan senang hati mengulurkan bantuan yang ikhlas, tapi kadang memang tak semua kita bisa membantunya.

Ada masalah yang tak bisa diselesaikan dengan bantuan sahabat, kadang menjadi pendengar yang baik sudah lebih dari cukup untuknya. Jangan sampai kamu menghakiminya dan malah menyalahkannya karena bisa jadi dia tambah putus asa. Bahkan yang lebih parah lagi, menjadikan hubungan kalian semakin renggang.

Biasanya, sebagai sahabat kita lebih sering mengucapkan kata “sabar ya” sebagai penyemangat untuknya. Sebenarnya buka hanya kata itu yang bisa kamu gunakan, kamu bisa mengganti kata “sabar ya” dengan lima kalimat berikut ini.

1. Jangan Menyerah

Kamu pasti sudah tak asing dengan kalimat tersebut, karena memang kalimat itu juga sudah menjadi salah satu kalimat yang bisa memotivasi bagi mereka yang sedang ditimpa masalah. Kalimat tersebut juga sudah di jadikan lagu oleh grup band DMASIV. Kalimat ini juga dapat menumbuhkan semangatnya kembali sehingga dia lebih cepat lepas dari keterpurukannya.

2. Tenang Saja, Kamu Pasti Bisa Melewatinya.

Selain dia harus bersabar dan tabah, kamu juga bisa memberikan dukungan kepadanya. Kamu bisa mengatakan bahwa dia adalah sosok yang kuat dan bisa melewati semua masalahnya secara perlahan. Sehingga dia akan semangat dan termotivasi lagi.

3. Jangan Khawatir, Aku Akan Selalu Ada Disisimu.

Dalam keadaan putus asa dan sangat terpuruk. Yang dia butuhkan buknalah ceramah dan nasihat-nasihat yang panjang. Dia hanya membutuhkan seseorang yang bisa mendengarkan keluh kesahnya sehingga gak sesak di dada semua masalahnya. Jadi kamu cukup gunakan kalimat Jangan khawatir. aku akan selalu ada disisimu.

4. Kamu Boleh Sedih, Tapi Jangan Berlarut-larut Juga Ya.

Saat dia benar-benar sudah lelah dan capek dengan semua masalahnya. Mungkin menetaskan air mata dapat melegakan hanya untuk sementara. Meski kamu selalu ada untuknya kadang belum tentu bisa membuatnya lebih bersemangat lagi. Kamu bisa menyemangatinya dengan ucapan kamu boleh sedih, tapi jangan berlarut-larut juga ya.

5. Peracayalah, Semua Akan Indah Pada Waktunya.

Kamu juga bisa memberikan pengertian kepadanya, bahwa semua masalah akan mengajarkan kedewasaan dan membuat kita lebih baik lagi. Yakinkan dia, bahwa semua akan indah pada waktunya. Termasuk dia yang saat ini sedang terpuruk, mungkin sebagai salah satu dasar untuk kebahagian kelak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page