Gunung Telomoyo, Spot Terbaik Menikmati Sunrise Bagi Pendaki Pemula

Gunung Telemoyo

Mendaki gunung kini menjadi salah satu hobby yang banyak ditekuni oleh anak muda millenia. Sebenarnya mendaki bukanlah hanya sekadar untuk keren-kerenan semata dan pamer foto yang instagramble. Tapi kamu butuh persiapan fisik dan finansial yang cukup, karena memang mendaki gunung sangat menguras kantong.

Bagi pendaki pemula, mendaki gunung yang mempunyai track yang sulit sebenarnya tidak lah disarankan. Sebenanrya sangat banyak gunung yang cocok bagi pemula. Bagi kamu pendaki pemula khususnya yang tinggal di Jawa Tengah, ada gunung telomoyo yang siap kamu daki. Meski sebenarnya bisa juga menggunakan motor untuk menuju keisni.

Lokasi Gunung Telomoyo.

Telomoyo merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di sebelah barat Gunung Merbabu. Merupakan pembatas antara dua kabupaten yakni Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Untuk dapat menikmati sunrise di tempat ini, kita tidak diwajibkan membawa perbekalan dan perlengkapan ala pendaki mendaki walau Telomoyo adalah sebuah gunung yang sangat kecil.

Karena sudah tersedia jalur untuk sepeda motor dan Mobil hingga menuju ke puncak. Selain view sunrise yang mempesona mata kita juga akan dimanjakan dengan view Danau Rawa Pening di sebelah sisi barat gunung. Selain gunung Telemoyo, sebenarnya sangat banyak spot menikmati sunrise bagi kamu. Bagi Kamu Pengangum Sunrise, 7 Spot Terbaik Menikmati Sunrise di Magelang yang Bisa Kamu Cumbui.

Rute Menuju Gunung Telomoyo.

Berbicara mengenai rute menuju ke Gunung Telomoyo, akan lebih mudah apabila anda membuka google map sebagai panduannya. Apabila kamu berasal dari Semarang, kamu memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan untuk bisa sampai ke Gunung Telomoyo, melalui rute Semarang – Salatiga – Kopeng dilanjutkan menuju ke Dalangan.

Gunung Telemoyo
Gunung Telemoyo via instagram.com/mad_scape

Apabila kamu berasal dari Yogyakarta, anda bisa menempuh jalur Yogyakarta – Salam – Muntilan – Mungkid – Magelang – melalui jalan Magelang, Salatiga – Dalangan – Gunung Telomoyo. Apabila anda berangkat dari Kota Yogyakarta, anda akan menempuh waktu kurang lebih 2-2,5 jam untuk sampai di kawasan Gunung Telomoyo. 

Keistimewaan Gunung Telomoyo.

Selain sangat ramah bagi pendaki, gunung telomoyo menawarkan sunrise yang sangat menawan serta pemandangan nan indah. Denga ketinggian 1894 MDPL, dari puncak gunung ini bisa terlihat jelas deretan gunung tinggi lainnya seperti gunung Lawu, Sumbing, Sindoro, dan Gunung Prau.