Memberi Jangan Menunggu Kaya. Sebab Rezeki Setiap Hamba Sudah di Atur Oleh-Nya

1 193

Tak perlu takut miskin jika memberi kepada sesama. Sebab rezeki masing-masing hamba itu sudah diatur oleh semesta. Kita sering sekali menunggu punya segala baru ingin berbagi. Padahal untuk berbagi itu tidak harus menunggu kaya atau punya segala dulu baru mau berbagi. Bagaimana mungkin kita takut kekurangan, sementara ia adalah pemberi segala. Bukankah Allah telah menjamin rezeki setiap hamba? Bukankah Allah telah berjanji melipat gandakan apa yang sudah kita berikan dijalan-Nya?

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.”

(QS. AL-Hadid:18)

Memberi atau bersedekah itu sangat banyak sekali manfaatnya bagi kita, yaitu dapat menghapus dosa, membawa keberkahan pada harta yang kita punya, dapat membebaskan dari siksa kubur dan api neraka, dapat mendatangkan kebahagiaan, dan masih banyak lagi manfaat yang kita peroleh dari bersedekah. Kalau sudah begitu, masih kah kita takut miskin untuk bersedekah atau memberi? Sementara Allah sudah jelas-jelas menjanjikan dalam firman-Nya bagi orang-orang yang mau bersedekah.

Baca Rekomendasi :   Pasti Lelah Ya, Saat Hidupmu Harus Sesuai Penilaian Dan Keinginan Orang Lain

Tak akan habis harta yang kamu sedekahkan, malahan Allah berjanji akan melipat gandakan

Memberi itu tak harus langsung sekali banyak. Sedikit, tapi rutin dilakukan itu jauh lebih baik. Percayalah bahwa apa yang kamu berikan itu tak akan habis. Percayalah bahwa hartamu tak akan berkurang sedikit pun hanya dengan kamu memberi. Malahan Allah akan melipat gandakan apa yang sudah kamu berikan itu.

Memberi juga harus dengan ikhlas dan senang hati. Memberi jangan karena ada paksaan atau keterpaksaan. Dan jangan memberi agar orang-orang melihat kamu berkesan. Sebab apa yang sudah kamu keluarkan dan berikan itu nantinya bukan malah mendapatkan pahala, melainkan dinilai sebagai sebuah riya. Sebab kamu memberi karena mengharapkan orang-orang agar terkesan terhadap apa yang sudah kamu lakukan. Sebab kamu memberi hanya karena mengharapkan akan pujian.

Baca Rekomendasi :   Waktu Terlalu Cepat Berlalu, Hingga Tak Ku Sadari Orang Tuaku Semakin Menua

Ada banyak sekali kisah nyata keajaiban dari memberi yang terjadi di dunia ini. Salah satunya kamu bisa membaca buku Ust Yusuf Mansur yang berjudul The Miracle of Giving, atau cara lainnya kamu bisa membaca kisah orang-orang yang sudah merasakan keajaiban bersedekah itu di Google. Tentunya ada banyak sekali cerita dari mereka-mereka yang sudah merasakan keajaiban itu. Sekarang tinggal kamunya saja yang mau mempercayai atau tidak bagaimana dahsyatnya keajaiban dari bersedekah.

Memberi Jangan Menunggu Kaya. Sebab Rezeki Setiap Hamba Sudah di Atur Oleh-Nya.

Jika kamu memang mempunyai sedikit rezeki atau berkecukupan, tak ada salahnya kamu memberikan sebagian ke orang yang membutuhkannya. Bukankah tidak ada yang lebih baik dari berbagi kebahagiaan dengan sesama. Lagian jika niatmu tulus dan benar, insyaallah rezekimu akan di lapangkan dan urusanmu juga akan di permudah.

Baca Rekomendasi :   Semua Wanita Bisa Cantik Tapi Tak Semua Wanita Bisa Sukses

Selain itu memberi atau bersedekah sangat banyak manfaatnya. Salah satunya adalah sedekah bisa menghapus dosa. Dengan bersedekah, manusia bisa menghapus sedikit demi sedikit kesalahan yang telah diperbuat. Allah beri cara untuk menebusnya karena kasih sayang-Nya yang Maha Luas.

Selain itu, sedekah juga bisa melipatgandakan pahala. Sedekah seperti tabungan dan memiliki keuntungan berlipat. Bagi orang-orang yang memakai hartanya untuk bersedekah akan mendapat 7 kelipatan. Tidak hanya itu, tiap kelipatan bahka Allah beri kelipatan lagi menjadi 100 kali. Hanya dengan 1, pahala yang didapata menjadi 700. Seperti inilah keutamaan sedekah dalam Al Quran seperti firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 261. 

1 Comment
  1. […] Baca Juga : Memberi Jangan Menunggu Punya Segala. Sebab Rezeki Setiap Hamba Sudah di Atur Oleh-Nya […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page