Jangan Sepelekan Buah Pare Jika Kamu Ingin Hidup Lebih Lama

  • Bagikan
Manfaat buah pare
Manfaat buah pare

Mengkonsumsi buah-buahan sudah seperti menjadi keharusan. Buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti membuat kulit menjadi lebih lembab dan cerah, meningkatkan kesuburan rambut, mempertajam penglihatan, melancarkan pencernaan, mengobati berbagai penyakit, dan lain sebagainya.

Tentu dengan segudang manfaat ini, kamu tidak ingin melewatkan satu haripun untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Buah-buahan umumnya memiliki rasa manis dan asam, sehingga jika dikonsumsi dengan cara apapun juga akan terasa segar. Misalnya, kamu bisa mengolah buah menjadi rujak, es buah, es campur, jus, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu tidak akan pernah kehabisan ide untuk mengolah buah menjadi makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Buah yang manis tentu saja akan terasa enak di lidah. Lalu, bagaimana jika ada buah yang rasanya pahit? Salah satu buah yang rasanya pahit yaitu pare. Buah yang satu ini biasanya sering kamu jumpai saat membeli bakso tahu.

Pada saat membeli bakso tahu, kamu pastinya hanya memilih siomay, tahu, kentang dan kolnya saja tanpa pare. Bagi sebagian orang, mungkin termasuk kamu, rasa pahit paria hanya akan membuat rasa bakso tahu menjadi kurang sedap.

Apa saja manfaat buah pare?

Namun jangan salah, dengan rasanya yang tidak enak di lidah, pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu membuat umur kamu menjadi lebih panjang.

Baca Rekomendasi :   Ingin Tetap Cantik di Depan Pasangan? Coba Konsumsi 5 Buah Ini

Pare kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin E,C,A, B1, B2, B3, B9, zat besi, dan antioksidan yang cukup berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan, gangguan pencernaan, diabetes, menyembuhkan luka, dan lain sebagainya.

Dengan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, pare bisa membuat kamu hidup lebih lama. Memang, pada dasarnya Tuhanlah yang menentukan batas akhir umur manusia, tapi setidaknya kamu sudah berusaha untuk hidup sehat sehingga bisa menambah angka harapan hidup dengan mengkonsumsi buah pare.

Oleh karena itu, agar kamu tidak lagi membenci buah pare karena rasanya yang begitu pahit dan baunya yang tidak terlalu sedap, maka simak beberapa manfaat pare untuk kesehatan berikut ini.

Mengobati asma dan gangguan pernapasan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mengkonsumsi pare yaitu bisa mengobati asma dan gangguan pernapasan lainnya akibat batuk, pilek, dan lain sebagainya. Dengan begitu, jika kamu memiliki riwayat penyakit asma, maka selalu sedia pare di kulkas.

Baca Rekomendasi :   dr. Zaidul Akbar: Rukuk dan Sujud Menjadi Solusi Turun Berok

Saat asma menyerang, maka segera rebus pare secukupnya dan makan selagi hangat. Untuk pencegahan, kamu juga bisa mengkonsumsinya seminggu sekali atau dua kali.

Mencegah dan mengobati penyakit diabetes

Penyakit diabetes tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja, tetapi remaja bahkan anak-anak pun ada yang mengalaminya. Kandungan polipeptida dan phytonutrientnya mampu bertindak sebagai insulin untuk menurunkan kadar gula darah yang ada pada tubuh.

Kandungan charantin yang terbentuk dari zat-zat tersebut dapat menyerap sintesis glikogen dan glukosa dalam sel otot, hati, dan jaringan lemak.

Buah pare ini cukup ampuh jika digunakan untuk mencegah diabetes tipe-2. Namun jika sudah kronis, maka sebaiknya kamu segera menghubungi dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Membantu tumbuh kembang janin

Kandungan folat yang terdapat pada buah pare cukup baik, yaitu sekitar 72/100 gram (18% dari RDA). Kandungan folat ini sangat bermanfaat bagi janin yang sedang berkembang di perut ibu. Folat bermanfaat untuk menghindari resiko bayi lahir cacat.

Untuk itu, jika kamu sedang mengandung, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah pare. Namun konsultasikan dahulu dengan dokter untuk memastikan buah tersebut aman atau tidak bagi kamu.

Baca Rekomendasi :   Konsumsi 5 Buah Ini, Untuk Membuat Mata Semakin Sehat

Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Selain baik untuk diabetes, asma, dan kehamilan, buah pare juga baik untuk memelihara kesehatan jantung. Kandungan yang terdapat pada pare bisa mengurangi penyumbatan dinding arteri akibat kolesterol jahat sehingga bisa meminimalisir terjadinya serangan jantung.

Oleh karena itu, jangan menunggu sampai tua untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Demi jantung yang sehat, mulailah mengkonsumsi pare. Berani?

Memperlambat proses penuaan

Bagi kamu yang selalu ingin tampil awet muda, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi pare secara rutin. Kandungan vitamin C dan antioksidannya bisa menangkal radikal bebas sehingga kulit kamu akan tetap kencang dan meminimalisir proses penuaan.

Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus. Namun, disarankan untuk tidak ditambahkan perasa/pemanis agar khasiatnya bisa benar-benar terasa.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Jika ingin daya tahan tubuhmu kuat, mulailah merebus pare untuk dikonsumsi secara rutin. Pare dipercaya bisa melawan infeksi dan memperkuat kekebalan sistem imun pada tubuh kamu.

Demikianlah beberapa manfaat buah paria untuk kesehatan agar kamu bisa hidup lebih lama lagi. Tetap jaga pola hidup sehat agar kamu bisa tetap bugar dan menikmati masa tua dengan indah.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page