Asam Urat Bikin Kamu Ga Bisa Jalan-jalan Sama Si Dia? Coba Makan Buah-buahan Ini

  • Bagikan
Manfaat buah strawberry
Manfaat buah strawberry

Jalan-jalan merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan. Jalan-jalan bisa mengistirahatkan pikiran kamu dari berbagai urusan pekerjaan yang begitu penat. Kamu bisa berjalan-jalan ke tempat-tempat yang mengasyikan, seperti pasar malam, mall, taman safari, car free day, pantai, atau hanya sekedar nongkrong di café. Dengan begitu, pikiran kamu pun akan kembali segar tanpa adanya gangguan dari manapun.

Jalan-jalan tentunya akan lebih asyik jika dilakukan bersama si dia. Jalan-jalan bersama si dia akan membuat suasana jalan-jalan menjadi lebih seru. Bayangkan saja, pada saat kamu berjalan-jalan ke tempat permainan wahana, kamu akan lebih semangat dan bisa menciptakan quality time. Dengan begitu, waktu pun akan menjadi lebih berharga dan kamu pun akan memiliki kenangan tersendiri bersama si dia.

Rencana jalan-jalan bisa saja gagal karena satu atau dua hal. Lututmu tiba-tiba membengkak dan tidak bisa digerakan. Pada saat itu juga kamu menyadari bahwa kamu baru saja terserang asam urat. Asam urat membuat penderitanya kesulitan untuk menggerakan anggota tubuhnya karena adanya peradangan pada bagian sendinya. Dengan begitu, rencana jalan-jalan pun gagal dan harus ditunda sampai dengan jangka waktu tertentu.

Apa saja penyebab asam urat?

Baca Rekomendasi :   Manisnya Buah Naga Bisa Ngalahin Janji Manis Si Dia, Yuk Intip Khasiatnya!

Asam urat tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tetap juga bisa terjadi pada anak muda. Asam urat bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan dan seafood, obat-obatan, kegemukan, riwayat keluarga, dan lain sebagainya. Jika kamu sedang menderita asam urat, maka segera hindari makanan-makanan tersebut dan lakukan pola hidup sehat.

Asam urat akan membuat sendi-sendi tulang terasa sakit, sehingga kamu tidak bebas untuk menggerakan tubuh. Agar kamu bisa lebih leluasa untuk bergerak dan berjalan-jalan sama si dia, maka sebaiknya konsumsi buah-buahan berikut ini.

1. Jeruk nipis

Rasanya yang asam tidak hanya akan membuat kulitmu menjadi lebih cerah, tetapi juga bisa membuat kadar asam urat pada tubuh kamu menurun. Kandungan vitamin C dan asam sitratnya bisa melarutkan asam urat sehingga persendian pun tidak lagi terasa sakit. Cara mengkonsumsinya yaitu cukup peras air jeruk nipis secukupnya, lalu tambahkan dengan air hangat. Kamu bisa mengkonsumsinya saat pagi dan menjelang tidur secara rutin agar khasiatnya lebih terasa.

2. Ceri

Buah ini memang sangat langka untuk dijadikan cemilan. Namun, jika ingin asam urat cepat sembuh, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah ceri secara rutin. Buah ceri ini berkhasiat untuk meminimalisir peradangan karena mengandung zat anti inflamasi alami. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition di tahun 2003 silam. Cara mengkonsumsinya yaitu cukup makan beberapa buah ceri secara rutin dan kamu bisa merasakan manfaatnya.

Baca Rekomendasi :   Catat Neng! Tiga Bahan Dirumah Ini Bisa Membuat Kulit Lebih Cantik Dan Sehat

3. Apel

Buah apel, selain bisa menghilangkan bau mulut, juga bisa menetralkan kadar asam urat yang ada di dalam darah. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu khawatir karena buah apel bisa Anda temui di mana saja. Selalu sedia buah apel di dalam kulkas agar kamu bisa memakannya kapan saja, terutama saat asam urat kambuh. Cara mengkonsumsinya yaitu kamu bisa memakannya secara langsung atau bisa mengolahnya menjadi jus. Jangan tambahkan pemanis, ya.

4. Stroberi

Buah yang terkenal akan rasanya yang manis dan asam ini ternyata sangat cocok untuk dikonsumsi penderita asam urat. Buah yang satu ini memiliki kandungan zat anti-inflamasi sehingga cukup efektif untuk meredakan asam urat. Selain stroberi, kelompok buah beri lainnya juga bisa kamu konsumsi untuk mengurangi peradangan asam urat, yaitu blueberry dan raspberry.

Baca Rekomendasi :   Jangan Dibuang, 4 Manfaat Tak Terduga Dari Kulit Jeruk

5. Pisang

Buah yang satu ini dikenal sebagai obat dewa untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun siapa sangka bahwa buah pisang juga bisa membantu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh asam urat. Pisang memiliki kandungan nutrisi kalium yang cukup tinggi sehingga zat tersebut mampu untuk menetralkan kadar asam dan basa pada tubuh. Konsumsilah buah pisang secara rutin agar kamu menjadi lebih bebas bergerak tanpa merasakan sakit di sekitar persendian tubuhmu.

6. Delima

Buah yang satu ini memang cukup repot untuk dikonsumsi karena bentuknya yang kecil-kecil seperti batu kerikil, sehingga kamu harus membuang bijinya satu persatu. Namun kamu jangan malas untuk membuang biji-bijinya karena buah delima ini bisa memulihkan kadar asam urat. Jika kamu malas untuk mengkonsumsinya secara langsung, kamu bisa mengolahnya menjadi jus.

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa kamu konsumsi saat menderita asam urat. Dengan mengkonsumsi beberapa buah-buahan tersebut secara rutin, maka kamu bisa lebih leluasa jalan-jalan bersama si dia tanpa harus menahan rasa sakit. Jangan lupa untuk berkonsultasi ke dokter agar [roses pemulihannya menjadi lebih maksimal. Selamat mencoba.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page