Hutan Pinus Limpakuwus : Dari Wisata Keluarga Hingga Area Preweding

Hutan Pinus Lampakuwus

Memasuki musim libur sekolah, pun musim kemarau. Saatnya liburan keluarga ke tempat yang sejuk dan pastinya bikin liburan keluarga menjadi lebih berkesan. Baturaden yang terletak di provinsi Jawa Tengah selalu menawarkan tempat-tempat wisata yang ramah di kantong dan memiliki lingkungan yang sejuk. Salah satu tempat wisata yang bisa di kunjungi bersama keluarga dengan di dukung lingkungan yang sejuk adalah Hutan Pinus Limpakuwus.

Hutan Pinus Limpakuwus yang terletak di lembah Gunung Slamet yang berada pada ketinggian 750 mdpl Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas menawarkan keindahan pesona alam yang masih sangat alami. HutanLimpakuwus menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Gunung Slamet. Seperti namanya, area ini terdapat banyak pohon pinus berusia puluhan tahun. Tentunya, dengan arenya yang terletak di Lembah Gunung Slamet serta di kelilingi banyak pohon pinus, hutan ini memberikan sensasi sejuk tatkala kita datang ke Hutan Pinus Limpakuwus.

Tak jauh dari pusat kota, pengunjung mengarah ke utara menuju Baturaden, kemudian setelah sampai di depan kebun raya baturaden mengarah ke kanan hingga sampai ke Hutan Pinus Limpakuwus yang tidak jauh dari telaga sunyi. Pintu masuk hutan pinus limpakuwus terdapat di sebelah kiri jalan jika pengunjung datang dari arah telaga sunyi. Masuk dengan membayar tiket masuk 10 ribu/orang, pengunjung kemudian akan diberi tiket parkir dan melanjutkan perjalanan menanjak ke area wisata. Jika pengunjung datang menggunakan sepeda motor, tidak dikenakan tarif parkir lagi, sedangkan jika membawa mobil dikenakan tarif parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Area Hutan Pinus Limpakuwus Menyediakan Banyak Arena Seru Yang Patut Kamu Coba

Di area Hutan Pinus Limpakuwus terdapat banyak warung-warung bambu yang menjual berbagai macam makanan. Selain itu terdapat kantor sekretariat dan mushola. Masuk ke area hutan pinus, pengunjung mulai di suguhi dengan beberapa spot foto, yang salah satunya mengarah ke bangunan-bangunan yang ada di daerah Purwokerto. Melanjutkan perjalanan hingga melewati jembatan bambu pengunjung akan menemukan area bermain ATV dengan tarik 5 ribu rupiah/orang dalam satu kali putaran. Selain bermain ATV, pengunjung juga bisa bersantai di hammock dan berfoto dengan membayar 5 ribu rupiah.

Wahana wisata yang di buka bulan Mei 2018 lalu juga memiliki spot foto ayunan putih dengan tarik 10 ribu/orang dengan waktu sekitar 10 menit penggunaan. Ayunan putih yang di gantungkan diantara pepohonan ini mampu menampung beban berat sekitar 100 kg. Pengunjung tidak perlu khawatir bersusah payah untuk naik ke area ayunan karena akan di bantu dengan tangga dan penjaga yang juga bisa dimanfaatkan untuk memfoto pengunjung.

Buat pengunjung yang ingin memiliki foto preweding dengan konsep hutan, Hutan Pinus Limpakuwus ini bisa dijadikan alternatif untuk berfoto ria. Dengan membayar tarif sebesar 50ribu rupiah /orang untuk calon pengantik dan sedangkan crew di bebankan tiket harga normal, pengunjung bisa berfoto preweding sepuasnya di semua area.

Camping di area hutan pinus, sebuah pengalaman yang layak di coba

Setelah lelah berfoto, pengunjung bisa menginap di area camping dengan membayar tiket camping seharga 15 ribu perorang selama 2 hari satu malam. Pengunjung diberikan kebebasan untuk membawa peralatan camping sendiri atau menyewa dari pengurus hutan pinus limpakuwus. Sewa tenda seharga 60 ribu rupiah/ tenda dengan kapasitas 4 orang dan telah dipasangkan pada camp area.

Sedangkan apabila pengunjung membawa tenda sendiri, pengunjung hanya perlu membayar sewa lapak untuk pendirian tenda sebesar 20 ribu rupiah/ tenda. Selain sewa tenda, ada penyewaan matras seharga 5 ribu rupian/ tenda.

Selain menikmati camping bersama dengan keluarga atau sahabat, Hutan Pinus Limpakuwus juga menyediakan arena outbound. Arena outbound ini dapat di sewa dengan harga sewa 300 ribu rupiah / hari di luar tiket masuk. Jika tidak mau menyewa pengunjung bisa menikmati fasilitas outbound berupa flying fox dengan biaya sewa 20 ribu rupiah atau menikmati semua full track dengan biaya 30 ribu rupiah berupa track wall climbing, swinging bridge, monkey track, sky bridge dan flying fox.

Fasilitas tambahan dan informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor yang tertera dibawah

Pengurus Hutan Pinus Limpakuwus juga menyediakan paket berupa paket outbound dengan biaya 150 ribu/ orang dengan fasilitas yang didapat berupatiket masuk, welcome drink, makan siang, banner photoboth dan dokumentasi softcopy. Selain itu, ada juga paket family camp dengan biaya 300 ribu/ tenda, dengan fasilitas tiket masuk, tenda kap 4 dengan kapasitas 4 orang/ tenda, matras, sleeping bag masing-masing berjumlah 3 buah, serta makan malam untuk 3 orang.

Pengunjung yang memerlukan informasi lebih lanjut atau akan melakukan reservasi sewa tempat bisa mengunjungi instagram @hutanpinuslimpakuwuss, atau dapat melalui telpon, sms atau whatsapp ke nomor 0812-2635-7338 atau 0822-5161-1550. Jadi, sudah menentukan kapan bakal datang ke hutan pinus limpakuwus bareng keluarga atau sahabatmu?