Belajarlah Percaya Bahwa Ketetapan Allah Adalah yang Terbaik, Meskipun Harus Diawali Air Mata

Menerima takdir

Perjalanan kehidupan manusia tidaklah selalu sesuai diharapkan, terkadang seorang manusia harus melewati jalan terjal setelah beberapa waktu menikmati jalan yang landai. Hari-harinya pun penuh warna, terkadang gembira namun sewaktu-waktu ia dihampiri rasa sedih, duka dan nestapa, inilah tabiat kehidupan. Tak ada yang dapat mengelak dari kenyataan ini, Allah berfirman:

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah.” (QS. Al-Balad: 4).

Di antara kesedihan yang banyak menimpa manusia adalah kondisi dimana seseorang mendapatkan sesuatu yang tidak diharapkannya. Banyak orang yang berusaha menggapai sesuatu yang kelihatannya baik, ia mati-matian mendapatkannya dan mengorbankan apapun yang ia miliki demi terwujudnya impian itu. Tetapi tanpa disadari hal itu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ketika hal seperti ini terjadi, tak sedikit orang yang menyalahkan pihak lain, bahkan Allah, Rabb yang mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-hamba-Nya pun tak luput untuk disalahkan. Orang-orang seperti ini, hendaknya mengingat sebuah firman Allah:

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216).

Terkadang harapan kita Allah patahkan dengan takdir yang sebelumnya sama sekali tidak terlintas dipikiran, dan apakah kita harus marah kepada Allah? Jangan, karena sungguh Allah tahu segala yang terbaik untuk kita, sedangkan kita tidak. Karenanya, apapun yang Allah terjadi belajarlah percaya bahwa ketetapan Allah adalah yang terbaik, meskipun harus diawali dengan air mata.

Mungkin Benar Saat Ini Allah Tengah Mematahkan Harapan Kita, Tapi Yakinlah Bersamaan Dengannya Allah Menyiapkan yang Lebih Baik. Seorang Prof. Dr Mutawalli Assya’rawi mengatakan :

اذا اخذ الله منك ما لم تتوقع ضياعه .. فسوف يعطيك ما لم تتوقع ان تملكه
“Jika Allah mengambil darimu sesuatu yang tidak pernah engkau sangka kehilangannya, maka Allah akan memberimu sesuatu yang tidak pernah engkau sangka akan memilikinya.”

Artikel ini merupakan status di grup facebook Motivasi Hijrah Indonesia.