Amalan Segunung Hancur Karena Riya, Begini Fakta dan Buktinya

Bahaya Sifat Riya
0 6

Riya’ atau dalam istilah yang lebih sederhana adalah beribadah karena ingin dipuji orang. Inilah penyakit yang menimpa orang-orang beriman. Penyakit yang sangat berbahaya bagi orang-orang yang beriman, bahkan lebih berbahaya dari Dajjal.

Rasulullah ﷺ bersabda,

“Maukah aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih tersembunyi di sisiku atas kalian daripada Masih ad Dajjal?” Dia berkata,”Kami mau,” maka Rasulullah berkata, yaitu syirkul khafi; yaitu seseorang shalat, lalu menghiasi (memperindah) shalatnya, karena ada orang yang memperhatikan shalatnya”. [HR Ibnu Majah, no. 4204, dari hadits Abu Sa’id al Khudri. Hadits ini hasan-Shahih at Targhib wat Tarhib, no. 30]

Mengapa demikian? Karena Riya’ adalah penyakit khusus dan hanya menyerang hati orang-orang beriman terutama yang memiliki banyak amalan.

Ia sangat rentan terkena Riya’. Adapun Dajjal, hanya akan menghasut orang-orang kafir dan orang-orang munafik. Adapun orang beriman in…sya Allah akan selamat darinya. Riya’ juga membuat amalan segunung menjadi hancur, bahkan seorang yang mati di medan perang gagal memasuki surga karena Riya’.

Baca Rekomendasi :   Kisah Nyata : Menikah Terlambat Pembawa Berkah Bagi Hidupku

Dari Abi Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda :

“Sesungguhnya manusia pertama yang diadili pada hari kiamat adalah orang yang mati syahid di jalan Allah. Dia didatangkan dan diperlihatkan kepadanya kenikmatan-kenikmatan (yang diberikan di dunia), lalu ia pun mengenalinya. Allah bertanya kepadanya : ‘Amal apakah yang engkau lakukan dengan nikmat-nikmat itu?’ Ia menjawab : ‘Aku berperang semata-mata karena Engkau sehingga aku mati syahid.’ Allah berfirman : ‘Engkau dusta! Engkau berperang supaya dikatakan seorang yang gagah berani. Memang demikianlah yang telah dikatakan (tentang dirimu).’ Kemudian diperintahkan (malaikat) agar menyeret orang itu atas mukanya (tertelungkup), lalu dilemparkan ke dalam neraka.” (HR. Muslim no. 1905)

Baca Rekomendasi :   Studi Menarik, Pria Cerdas Ternyata Nggak Akan Pernah Selingkuh dari Pasangan!

Di antara bahaya riya’ adalah sebagai berikut 

1 Riya’ Lebih Berbahaya Bagi Kaum Muslimin Daripada Fitnah Masiih Ad Dajjal.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Maukah aku kabarkan kepada kalian sesuatu yang lebih tersembunyi di sisiku atas kalian daripada Masih ad Dajjal?” Dia berkata,”Kami mau,” maka Rasulullah berkata, yaitu syirkul khafi; yaitu seseorang shalat, lalu menghiasi (memperindah) shalatnya, karena ada orang yang memperhatikan shalatnya”. [HR Ibnu Majah, no. 4204, dari hadits Abu Sa’id al Khudri. Hadits ini hasan-Shahih at Targhib wat Tarhib, no. 30]

2. Riya’ Lebih Sangat Merusak Daripada Serigala Menyergap Domba.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salalm bersabda : “Tidaklah dua ekor serigala yang lapar dan dilepaskan di tengah sekumpulan domba lebih merusak daripada ketamakan seorang kepada harta dan kedudukan bagi agamanya”. [HSR Ahmad, III/456; Tirmidzi, no. 2376; Darimi, II/304, dan yang lainnya dari Ka’ab bin Malik]. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan permisalan rusaknya agama seorang muslim karena tamaknya kepada harta, kemuliaan, pangkat dan kedudukan. Semua ini menggerakkan riya’ di dalam diri seseorang.

Baca Rekomendasi :   Makin Sering Gempa Semakin Dekat Dengan Kiamat, Benarkah?

3. Amal Shalih Akan Hilang Pengaruh Baiknya Dan Tujuannya Yang Besar Bila Disertai Riya’.

Allah berfirman, “Maka celakalah bagi orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya’ dan mencegah (menolong dengan) barang yang berguna”. [al Ma’uun : 4-7]

4. Riya’ Akan Menghapus Dan Membatalkan Amal Shalih.

Artikel ini merupakan status di grup Facebook Motivasi Hijrah Indonesia oleh Addit. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page