Yang Lebih Parah Dari Sekadar Terjatuh Pada Maksiat Adalah Menganggap Remeh Perbuatan Maksiat

Maksiat
0 59

Diantara tipu daya setan dan pintu-pintu yang dijadikan oleh setan untuk menggoda manusia, yaitu perkara-perkara yang kita anggap remeh. Meremehkan suatu perbuatan, demikian pula meremehkan suatu dosa atau meremehkan sesuatu amalan, maka itu adalah perkara yang disukai oleh setan.

Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, sebagaimana dalam riwayat Imam Ahmad dalam musnadnya. Dari hadits Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu:

“Sesungguhnya setan telah berputus asa untuk disembah di bumi kalian ini, akan tetapi ia senang dengan hal kecil yang kalian remehkan.” (HR. Ahmad)

Karena menganggap remeh adalah merupakan pintu seseorang untuk masuk kedalam berbagai macam keburukan. Orang yang menganggap remeh maksiat, ia akan jatuh kepada maksiat. Orang yang menganggap remeh amal shalih, dia akan tinggalkan perbuatan amal shalih tersebut.

Baca Rekomendasi :   Setelah Putus Cinta Tak Perlu Buru-buru Jalin Hubungan Baru, Ini Alasannya!

Berapa banyak perkara yang dianggap remeh oleh kita tapi ternyata itu di sisi Allah besar. Ternyata ketika kita menganggap remeh suatu perbuatan, padahal Allah murka kepadanya dan menjadikan kita binasa. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda dalam hadits Imam Bukhari,

“Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan suatu kata yang Allah murkai dalam keadaan tidak terpikirkan oleh benaknya, tidak terbayang akibatnya, dan tidak menyangka kata tersebut berakibat sesuatu ternyata karenanya Allah melemparkannya ke dalam neraka Jahannam.” (HR. Bukhari)

“Janganlah pernah Engkau remehkan kebaikan sekecil apapun, walaupun hanya bermanis muka kepada saudaramu (sesama muslim) ketika bertemu.” (HR. Muslim)

Semoga kita lebih berhati-hati dan tidak menganggap remeh maksiat sekecil apapun. Tidak pula menganggap remeh amal agar selalu berusaha dalam istiqomah dan ketaqwaan.

Baca Rekomendasi :   Cinta Karena Tulus Beda Tipis Dengan Cinta Karena Modus, Kenali Faktanya

Artikel ini merupakan stastu Facebook Motivasi Hijrah Indonesa, semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page