Terkadang Masalah Itu Hanya Perlu Di Siasati, Bukan Malah Di Pendam Sendiri

2 124

Saat masalah melanda, sebagian orang ada yang memilih untuk bercerita kepada orang terdekat yang di percaya. Namun sebagian lagi ada yang memilih untuk memendam masalah tersebut sendiri. Setiap orang memang berhak untuk memilih jalannya sendiri ketika di hadapi oleh yang namanya masalah. Entah itu dengan bercerita agar hati sedikit tenang, atau malah membiarkan masalah itu berkecamuk di dalam diri sendiri.

Masalah yang di hadapi itu terkadang hanya perlu di siasati. Terkadang kita juga perlu seseorang untuk mendengar isi hati. Memendam masalah hanya akan membuatmu semakin di rundung masalah. Sebab engkau tak memberikan ruang untuk hati dan dirimu yang tengah tertunduk lesu. Saat ini kamu mungkin merasa bahwa kamu mampu untuk menampung itu semua sendiri. Tapi sadarilah, bahwa hati juga butuh penopang dan pendengar. Kamu tak akan bisa untuk bertahan dan memendam masalah itu terus-terusan sendiri.

Baca Rekomendasi :   Meremehkan Orang Lain? Pikirkan Baik-Baik Dahulu, Takutnya Malu Sendiri

Setiap kita tentunya pasti punya seseorang yang di percaya dalam hidup. Dan mereka tentunya bisa menjadi pendengar yang baik untukmu dalam menceritakan masalah yang kamu hadapi. Beberapa orang ingin agar mendapat solusi. Namun beberapa yang lain hanya butuh seseorang untuk mendengarkan isi hati.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk kamu yang sering memendam masalah sendiri dan sulit untuk mengungkapkan isi hati:

Carilah seseorang yang benar-benar kamu percaya untuk menceritakan masalah yang ada

Terkadang masalah memang hanya perlu di siasati, bukan malah di pendam sendiri. Untuk kamu yang sering kali memendam masalah sendiri, mungkin kamu terlalu takut untuk sekedar bercerita atau menceritakan masalahmu kepada orang lain. Entah karena sulit percaya orang lain, entah karena takut orang-orang akan menertawakan penderitaanmu, entah karena takut di judge yang macam-macam, serta alasan-alasan lainnya.

Baca Rekomendasi :   Satu Kali Kau Melakukan Kesalahan, Seribu Kebaikanmu Akan Terlupakan

Ketika kamu memiliki seseorang yang kamu percaya, ia bisa kamu jadikan sebagai teman bercerita. Dan tentunya ia adalah seseorang yang benar-benar kamu percaya yang bisa memahami akan kondisi dan karakter dirimu. Karena terkadang, dengan bercerita kepada seseorang bisa membuat hati sedikit tenang. Bisa membuat masalah dan beban sedikit berkurang.   

Kamu mungkin terlalu menutup diri terhadap orang-orang yang sebenarnya begitu peduli

Selama ini mungkin saja kamu yang terlalu menutup diri terhadap sekitar dan orang-orang yang begitu peduli kepadamu. Mungkin kamu yang seakan berlagak mampu, padahal sebenarnya hatimu itu rapuh. Berlagak sok kuat dalam memendam masalah sendiri, padahal nyatanya kamu butuh seseorang untuk mendengarkan isi hati.

Baca Rekomendasi :   Masa Lalu yang Kelam Kuburkan Dalam-Dalam, Masa Depanmu Masih Cerah Kok

Sudahlah, buang semua gengsi dan bukalah dirimu kepada sekitar. Ada banyak orang-orang yang peduli dan siap menjadi pendengar. Mungkin selama ini kamunya saja yang merasa tak butuh pendengar dan sekitar. Hey ingat, kita masih membutuhkan orang lain dalam hidup ini.

Saat ini kamu mungkin merasa bisa memendam masalah sendiri. Namun nanti kamu bisa saja merasa stres sendiri

Saat kamu merasa belum butuh atau belum siap untuk menceritakan akan masalahmu kepada orang lain tak mengapa. Mugkin kamu memang belum siap atau memang tak ingin untuk bercerita. Tapi nanti saat kamu sudah mulai merasa masalah tersebut membuatmu semakin merasa berat dan terbebani, carilah seseorang yang bisa mendengarkan isi hatimu. Ceritakanlah kepadanya. Dengan begitu, sedikit banyak kamu akan merasakan plong dan tak lagi merasa terbebani. Dan kamu pun tak akan dibuat stress karena memendam masalah sendiri. Sebab dengan bercerita mungkin akan membuatmu sedikit merasa lega.  

Baca Juga : Hidup Itu Tak Luput Dari Masalah. Kamu Harus Kuat dan Jangan Menyerah

2 Comments
  1. […] Baca Juga : Terkadang Masalah Itu Hanya Perlu Di Siasati, Bukan Malah Di Pendam Sendiri […]

  2. […] Curhat pada seseorang, memang bukanlah sesuatu yang salah. Namun, curhat pun cukup pada seseorang yang dianggap tepat dan bisa menutupi rahasia. Beda lagi, jika kamu membeberkan pada semua orang masalahmu. Atau memposisikan dirimu seperti seseorang yang paling teraniaya dihadapan semua orang. Karena terkadang masalah itu hanya perlu disiasati bukan malah di pendam sendiri. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page