Jatuh Cinta Itu Menyakitkan. Jika Kau Belum Siap, Jangan Lakukan

Kau tahu, jatuh cinta itu bisa membuat seseorang menjadi gila? Kau tahu, jatuh cinta itu bisa membuat seseorang menjadi berbeda? Dan kau tahu, bahwa jatuh cinta itu tak selamanya bahagia. Sebab terkadang kau juga harus siap merasa kecewa dan terluka. Jangan kau pikir jatuh cinta itu selalu menyenangkan. Sebab kau selalu mendapatkan kasih sayang. Jatuh cinta harus siap membuat kau merasakan kesakitan. Sebab nanti, kau bisa saja dikecewakan oleh dia orang yang kau sayangi.

Jika belum siap untuk jatuh cinta, kau jangan coba-coba. Yang ditakutkan kau malah akan menjadi tersiksa jika kelak kau merasa terluka. Kau tahu, jatuh cinta bisa membuat seseorang menjadi bukan dirinya? Ya, jatuh cinta bisa membuat seseorang menjadi bukan dia. Jatuh cinta bisa membuat seseorang kehilangan siapa diri dia sebenarnya. Sebab orang yang jatuh cinta sering kali berusaha menjadi orang lain agar bisa dicinta oleh orang yang dia sukai. Lalu, apa ini yang kau sebut dengan mencintai?

Jatuh cinta itu tak melulu soal bahagia. Kelak nanti kau pasti akan merasa kecewa dan juga terluka

Saat kau berani untuk mengenal cinta, kau juga harus siap untuk terluka dan kecewa. Jatuh cinta itu hanya akan berakhir dengan dua, berakhir dengan bahagia, atau malah berakhir dengan rasa kecewa dan terluka. Jika kau sudah tahu resiko dari jatuh cinta, dan siap menerima itu semua, silahkan saja. Kelak nanti kau tak akan terkejut jika ada hal buruk yang kau rasa ketika jatuh cinta.

Terkadang mereka yang jatuh cinta hanya memikirkan bahagia saja. Sehingga ketika ia dikecewakan oleh yang namanya cinta, ia seakan tak bisa menerima. Ia tak bisa menerima akan kondisi dan keadaan yang tak sesuai dengan inginnya. Jadi saat ia dilukai oleh orang yang ia sayangi, ia teramat terluka. Ia teramat terpukul. Dan ia teramat kecewa. Sebab tak menyangka bahwa orang yang pernah begitu ia sayangi bisa melakukan itu padanya.

Jatuh cinta di awal-awal memang terlihat dan terasa menyenangkan. Namun saat kalian sudah saling mengenal, sudah saling sayang dengan perjalanan saling mengenal yang cukup panjang, tak akan mungkin rasanya satu per satu permasalahan tak bermunculan. Disitulah rasa cinta kalian di uji. Cinta mereka yang kuat akan bertahan. Namun cinta mereka yang lemah akan pergi meninggalkan.

Sekarang, jika hati kau memang sudah siap untuk jatuh cinta, silahkan. Namun jika kau tak benar-benar siap untuk merasakan kecewa, jangan kau lakukan. Sebab untuk jatuh cinta kau jangan hanya memikirkan soal bahagia saja. Kau juga perlu untuk berfikir jika nanti sewaktu-waktu kau akan merasakan kecewa. Apakah kau sudah siap untuk menerima itu semua? Tanyakan pada hatimu. Tanyakan pada dirimu. Sebab hanya kau lah yang tahu jawabnya.

Teruntuk kamu yang sedang jatuh cinta dan dimabuk asmara, tetap lah menjadi kamu apa adanya. Sebab nanti saat kau kehilangan cinta, kau bisa saja lupa siapa diri kau sebenarnya. Sebab selama ini dalam urusan mencintai, kau tidak menjadi dirimu sendiri.

Photo via instagram candlelight_gallery

Baca Juga : Patah Hatimu Jangan Terlalu Lama. Kamu Harus Bangkit Dari Itu Semua