Saat Patah Hati Sebab Tak Mendapat Restu, Yakinlah Ada Hikmah Dibalik Semua Itu

Tak semua kisah berakhir dengan indah. Dan tak semua cerita berakhir dengan bahagia. Sebagai tokoh dalam cerita dan menjadi peran utama, tentunya kita menginginkan agar kisah kita ini bisa berakhir indah dan bahagia. Ya, tapi akhir bahagia dan indah itu hanya bisa kita rancang pada skenario film saja. Kita tidak bisa merancang skenario itu di kehidupan kita yang sesungguhnya. Sebab sebagai hamba kita harus sadar bahwa Tuhan lah sang pembuat skenario terbaik.

Perihal membangun hubungan pun begitu. Tak semua akan berakhir bahagia seperti apa yang kita inginkan. Terkadang kita harus merasakan sakit saat kenyataannya hubungan tak mendapat restu. Terkadang kita harus ikhlas melepaskan saat tahu bahwa kita memang tak bisa untuk bersatu. Memaksakan keadaan juga pada akhirnya tak akan mendapatkan titik temu. Jadi biarlah Tuhan yang mengatur skenarionya untukmu.

Kamu boleh bersedih sebab patah hati, tapi kamu pun harus ingat bahwa hidup juga tetap harus dijalani

Saat hubungan tak mendapat restu, sedih, patah hati, kecewa, dan terpuruk, itu sudah pasti akan kamu rasakan. Tapi jangan sampai membuat situasi itu sampai menyakitkan dirimu sendiri. Patah hati mungkin akan sampai membuatmu tak nafsu makan dan tak ingin keluar kamar, tapi jika kamu terus-terusan mengurung dirimu, bukankah itu malah akan menyakitkan dirimu sendiri? Kamu juga harus ingat bahwa hidupmu itu juga harus tetap berjalan. Menyiksa dirimu juga tak akan merubah keadaan menjadi sesuai keinginanmu.

Cinta terhalang restu itu memang berat. Sebab yang kamu hadapi adalah keluarganya. Namun memaksakan untuk tetap bersama pun juga bukanlah caranya. Sebab membangun hubungan serius juga tidak hanya menyatukan kamu dan dia saja, melainkan keluarga pun juga ikut disatukan. Jika keluarga saja tak memberi restu, lantas bagaimana mungkin ingin tetap menjalankan hubungan?

Terkadang kamu juga perlu untuk mengutamakan logikamu ketimbang perasaanmu

Urusan mencintai juga tak harus membuatmu mengandalkan perasaanmu seluruhnya. Kamu pun perlu untuk menggunakan logikamu. Saat cinta tak mendapat restu ketika hubungan yang dijalankan sudah terlalu jauh, bersedih itu pasti. Namun kamu pun harus bisa menerima dan yakin bahwa pasti akan ada hikmahnya dibalik semua itu. Ini memang bukanlah perkara mudah. Pun tak perlu juga untuk dipaksakan. Biarkan perlahan, sampai hatimu benar-benar bisa menerima.

Hidup memang tak selalu berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebab jika hidup selalu sesuai dengan apa yang kita inginkan, mungkin kita tidak akan belajar bagaimana berjuang. Dan mungkin kita juga tidak akan belajar bagaimana untuk melepaskan juga mengikhlaskan. Setiap apa yang terjadi di hidup ini tentunya pasti ada maksud dan tujuan. Entah kita akan tahu sekarang, atau kita akan menemukan maksud dan tujuan itu nanti. Yang jelas kamu harus percaya bahwa everything happens for a reason.

Baca Juga : Ternyata Kita Dipertemukan untuk Saling Mengenal, Bukan untuk Saling Memiliki