Meskipun Memilih Sendiri, Bukan Berarti Harus Membuatmu Menutup Diri Bukan?

Memutuskan untuk sendiri dan tak ingin menjalin hubungan special dengan lawan jenis adalah hak setiap orang. Setiap orang pastinya punya alasan tersendiri saat ia memutuskan untuk belum ingin menjalin hubungan dengan seseorang. Entah itu disebabkan luka masa lalu yang belum sembuh hingga membuat ia belum siap. Entah itu karena kesibukan pribadi semisal mengejar karir yang membuat ia mengesampingkan untuk menjalin hubungan dan tak ingin memikirkan perihal itu dahulu. Atau sebab karena ia yang memang masih betah untuk sendiri dan belum ingin menjalin hubungan special.

Tak ada yang salah dengan keputusan yang kamu pilih. Tapi meskipun memilih untuk sendiri dulu, bukan berarti membuatmu harus menutup diri dari orang-orang bukan? Kamu boleh saja memilih untuk sendiri dan belum ingin menjalin hubungan. Tapi jangan sampai karena hal itu membuat kamu kehilangan teman.

Menjalin pertemanan dekat juga bukan berarti membuatmu harus melanjutkannya sebagai pasangan. Kamu berhak untuk dekat dengan siapa saja. Kamu berhak untuk berteman dengan siapa saja. Dan kamu berhak untuk nyaman berteman dengan siapapun itu.

Menutup diri malah akan membuat kamu rugi sendiri. Sebab orang-orang mungkin akan malas untuk mendekati

Tak ada gunanya untuk menutup diri terhadap sekitar. Malah dengan kamu menutup diri akan membuat dirimu menjadi rugi sendiri. Sebab orang-orang mungkin akan malas untuk mendekatimu dikarenakan kamu yang terlalu menutup dirimu itu. Kita hidup masih membutuhkan dan bergantung kepada orang lain. Kita tak bisa hidup tanpa orang lain di sekitar kita. Sebab sesama makhluk hidup kita harus saling tolong menolong. Kita masih saling membutuhkan satu sama lainnya.

Mungkin ada alasan yang membuat kamu untuk menutup diri dari orang-orang sekitarmu. Entah itu sebab rasa percayamu yang hilang dikarenakan orang terdekat. Entah itu sebab masa lalu yang pernah kamu rasakan, atau sebab-sebab lainnya. Apapun itu, kamu lah yang tahu alasannya. Satu hal yang perlu kamu tahu, sekuat apapun kamu untuk menahan masalah dalam hidupmu, akan ada masa dimana kamu akan lelah dan butuh seseorang juga. Itu lah kamu pun tak boleh terlalu menutup diri terhadap sekitar yang mungkin sebenarnya menaruh peduli terhadapmu.

Saat ini kamu boleh saja memilih sendiri tanpa pasangan. Tapi bukan berarti harus membuatmu hidup sendirian jauh dari teman

Memilih sendiri dulu tanpa pasangan sih sah-sah saja. Tapi jangan sampai membuatmu juga menghindar dari teman-teman. Karena jika teman pun kamu tak punya, percayalah hidupmu pasti akan suram. Tidak punya pasangan sih mungkin akan terlihat tidak apa-apa. Tapi jika tak punya teman? Apa kamu akan betah hidup sendirian? Rasanya tak akan ada orang yang bisa bertahan pada keadaan seperti ini.

Pasangan mungkin bisa saja pergi. Tapi kalau teman dan sahabat? Mereka lah yang akan selalu menemanimu dikala sedih dan senangmu. Saat punya masalah dengan pasangan, pasti kamu akan mencari teman dan sahabat-sahabatmu untuk menceritakan masalahmu itu. Itu lah kenapa saat kamu memiliki pasangan, jangan sampai kamu melupakan sahabat dan teman-temanmu. Sebab kelak nanti pasanganmu pergi, teman dan sahabatmu lah yang akan kamu cari untuk menghibur diri sebab patah hati.  

Baca Juga : Saat Kamu Lelah Mencari, Percayalah Seseorang Akan Tuhan Kirimkan Nanti