Jangan Merendahkan Orang Lain, Sebab Tak Akan Membuatmu Tinggi di Hadapan Allah

  • Bagikan
Suamiku ternyata penggoda
Suamiku ternyata penggoda

Janganlah mudah merendahkan orang lain, apalagi sampai mencaci maki dan memvonisnya sebagai orang yang jelek, walaupun orang tsb berkelakuan buruk, kita tidak tahu yang sebenarnya, mungkin sekali dia itu lebih baik di sisi Allah SWT daripada kita.

“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) perempuan lain, (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olokkan) lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela satu sama lain, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim,” (QS. Al-Hujurat [49]: 11).

Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang bertaqwa yang bisa menjaga lisan, jauh dari mengolok-olok dan mencaci maki orang lain. Aamiin.

Baca Rekomendasi :   Bukan Kamu Yang Hebat, Tapi Karena Allah Yang Mudahkan Segala Urusanmu

Hargailah Perasaan Orang Lain Meskipun Sepele Bagimu, Karena Bagi Mereka Itu Bisa Sangat Bernilai.

Manusia memiliki keinginan alami untuk lebih maju, lebih baik, bahkan lebih unggul dari manusia lain. Hal itu baik, namun, manusia memiliki caranya masing-masing untuk mengejar keinginannya. Ketahuilah bahwatidak perlu menjatuhkan orang lain untuk membuat kamu maju, tidak perlu menginjak kepala orang lain untuk membuatmu naik. Faktanya, sering kali manusia lupa untuk menghargai manusia lain. Tidak peduli, cuek, bahkan meremehkan orang lain.

Meremehkan orang lain bisa menjadi boomerang untuk dirimu sendiri karena saat kamu meremehkan orang lain, saat itulah kamu membuat dirimu sendiri lebih rendah dari orang yang kamu remehkan tersebut. Lantas, apa yang membuat manusia terkadang lupa untuk menghargai orang lain? Apakah karena uang? Jabatan? Status sosial? Atau fisik? Apapun alasannya, jangan pernah menganggap remeh orang lain.

Baca Rekomendasi :   Jomblo Backpacker, Teman Paling Ideal Saat Traveling

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan dirimu yang tidak lepas dari kekurangan. Belajarlah untuk lebih menganggap penting orang-orang di sekitarmu, berbahagialah karena keberadaan mereka, terima setiap masukan dan teguran yang mereka berikan karena sebenarnya tidak ada manusia manapun yang lebih tinggi kedudukannya dengan manusia lain.

Karena Dunia Ini Bukan Hanya Perkara Dirimu Saja, Jadi Tolong Hargai dan Jangan Meremehkan Orang Lain.

Dunia ini bukan hanya tentang dirimu saja, bukan juga milikmu sendiri, jangan merasa hebat dan menjadi sombong hanya karena kamu memiliki satu atau dua kelebihan. Semakin rendah kamu meletakkan hatimu, semakin tinggilah kamu menjadi, kamu bisa memandang orang lain sejajar denganmu, atau bahkan lebih tinggi namun tidak membuatmu iri.

Baca Rekomendasi :   Ujian Orang Memang Berbeda-Beda, Dan Pastinya Ujian Yang Datang Sudah Sesuai Dengan Kemampuanmu

Menghargai orang lain adalah tentang kebiasaan yang tidak bisa didapat secara instan, kamu perlu untuk terus menerapkannya di manapun dan kapanpun serta dengan siapapun maka kamu akan menjadi terbiasa. Dari kebiasaan itulah kamu sedang membentuk kepribadianmu menjadi pribadi yang lebih baik.

Artikel ini merupakan kumpulan status instagram @hai.iki . Jangan lupa untuk follow dan share jika kamu merasa statusnya sangat bermanfaat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page