Curug Telu, Curug Cantik Ditengah Hutan dan Sawah di Baturaden

  • Bagikan

Sudah bukan rahasia lagi, jika kawasan Wisata Baturaden yang terletak dekat dengan Gunung Slamet memiliki banyak wisata yang sayang jika di lewatkan. Dengan harga tiket masuk yang relative sangat murah, dan tentunya didukung dengan akses jalan yang memudahkan pengunjung, tak pelak membuat daerah Baturaden kini menjadi kawasan wisata yang menjadi tujuan favorit pengunjung dari berbagai daerah.

Selain tempat berfoto yang cukup instagramable, lokawisata, serta kebun raya yang menawarkan keseruan,Baturaden juga memiliki banyak curug yang sayang untuk di lewatkan. Akses menuju kawasan curug yang semakin di buat nyaman untuk para pengunjung, menjadikan curug – curug yang ada semakin sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Salah satu curug yang perlu di kunjungi saat datang ke Baturaden adalah Curug Telu. Seperti namanya, Curug Telu, yang dalam bahasa jawa, arti kata Telu adalah “tiga,” menunjukkan bahwa jumlah curug yang ada di daerah tersebut berjumlah tiga.

Baca Rekomendasi :   9 Spot Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta, Anak Muda Jogja Pasti Khatam!

Akses Jalan Yang Mudah Dan Tiket Yang Murah Meriah, Dan Fasilitas Yang Lengkap

Curug Telu yang terletak di desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden,Kabupaten Banyumas Jalan menuju curug yang dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Purwokerto ini, sudah beraspal. Walau beberapa bagian yang dekat dengan area curug memerlukan perbaikan. Bagi pengunjung yang datang dengan menggunakan mobil, perlu berhat-hati karena jalan yang tidak begitu besar. Sebelum sampai area parkir curug telu, pengunjung di manjakan dengan area persawahan serta suasana yang damai dan sejuk sepanjang jalan.

Tarif parkir seharga 2000 rupiah untuk pengunjung dengan kendaraan motor, serta tiket masuk seharga 5000 rupiah perorang untuk tiga tempat yang berada di area curug telu, yaitu sendang bidadari, kedung pete, serta curug telu itu sendiri. Di area tersebut juga terdapat banyak saung yang menjual berbagai makanan serta minuman untuk beristirahat atau sekedar bersantai sebelum melanjutkan perjalanan. Pun terdapat kamar mandi yang terawat membuat pengunjung tak perlu risau jika akan berganti pakaian setelah bermain air di curug.

Sebelum sampai ke curug telu, pengunjung perlu melewati anak tangga dengan jumlah sekitar 322 anak tangga. Pengunjung tidak perlu khawatir karena anak tangganya yang di buat nyaman dan lebar, serta terdapat pegangan sepanjang jalan. Dan juga, terdapat warung-warung yang berada di beberapa tempat sebelum sampai ke kawasan curug telu. Selain itu, sepanjang jalan di suguhkan dengan pemandangan yang sayang jika di lewatkan untuk berfoto sambil sesekali beristirahat.

Baca Rekomendasi :   Tak Perlu Keluar Negeri, Ini 35 Destinasi yang Ciamik di Ranah Minang

Sendang Bidadari, Kedung Pete, Dan Curug Telu. Kesegaran Air Yang Sayang Untuk Dilewatkan

Setelah melewati beberapa anak tangga menuju kebawah, pengunjung akan di tawarkan dengan dua pilihan. Kembali lurus untuk menuju curug telu dan kedung pete, atau berbelok ke arah kiri menuju sendang bidadari. Sendang Bidadari menjadi salah satu destinasi favorit yang sayang untuk dilewatkan karena airnya yang jernih dan menyegarkan. Di Sendang Bidadari ini pengunjung di manjakan dengan air terjun di sebelah kiri, serta goa di sebelah kanannya. Pengunjung diharapkan lebih berhati-hati karena melewati area bebatuan yang licin.

Selain keindahan Sendang bidadari, pengunjung yang berniat untuk melakukan uji adrenalin dapat mampir ke Kedung Pete sebelum sampai ke Curug Telu. Disini, pengunjung dapat melakuan loncat tebing setinggi 3 – 4 meter, dengan kedalaman kedung sedalam 6 meter. Air yang terdapat di Kedung Pete juga sangat jernih berwarna biru.

Baca Rekomendasi :   5 Air Terjun dan Pemandian Alami di Sumatra Barat, Sejuk Semuanya

Setelah melewati banyak tangga, serta Kedung Pete, sampai di Curug Telu. Disambut dengan suasana yang sejuk, serta air yang jernih dan dingin membuat lelah perjalanan menjadi terbayarkan. Tiga titik air terjun yang di batasi dengan bebatuan kali membuat pengunjung perlu berhati-hati. Air terjun dengan debit yang besar dapat dengan mudah diakses, setelah tangga terakhir pengunjun hanya perlu melangkahkan kaki ke kanan, lalu menikmati kesejukan curug telu. Kedalaman air yang tidak begitu dalam pada kolam dibawah curug membuat pengunjung dapat dengan aman bermain air mendekati curug. Jangan lupa untuk mengabadikan momen di Curug Telu, karena areanya yang cukup instagramable.

Jadi, kapan mau mencoba keseruan dan sejuknya Curug Telu, wahai travellers?

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page