Inilah Pemandangan Eksotis yang Cuman Bisa Kamu Lihat di Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Jogjakarta
0 165

Pantai menjadi salah satu objek wisata yang menjadi incaran para wisatawan saat liburan tiba. Bagaimana tidak, keindahan pasir pantai dan juga air lautnya yang biru bisa membuat pikiran kembali menjadi segar, apalagi sambil menyeruput air kelapa yang baru saja diambil dari pohonnya. Dengan begitu, pantai pun bisa menjadi alternatif pilihan bagi kamu yang sedang merencanakan liburan, baik dengan teman maupun keluarga.

Jika kamu memiliki waktu luang yang cukup panjang, maka kamu bisa menyempatkan untuk pergi mengunjungi Pantai Indrayanti, Yogyakarta. Pantai yang satu ini tentu saja banyak direkomendasikan oleh para wisatawan lain karena keindahannya yang mampu bersaing dengan pantai-pantai eksotis lainnya di Indonesia. Di pantai ini, kamu akan disuguhkan keindahan sunrise, sunset, dan juga umang-umang yang berlarian di sepanjang hamparan pasir pantai.

Pantai Indrayanti terletak di kawasan Wisata Pantai di Gunung Kidul, tepatnya di Desa Tepus, Kecamatan tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi pantai ini berdekatan dengan objek wisata lainnya, seperti pantai Pok Tunggal, pantai Krakal, dan pantai Sundak. Dengan begitu, kamu pun bisa sekaligus mengunjungi pantai-pantai lainnya, sehingga liburan kamu bisa menjadi lebih mengesankan.

Untuk sampai disini, kamu hanya perlu menempuh jarak sepanjang 66 km atau sekitar 2 jam dari pusat kota. Meskipun jalannya berbelok-belok, namun kamu tidak perlu khawatir karena kondisi aspalnya sangat bagus sehingga kamu akan merasa nyaman selama di perjalanan.

Baca Rekomendasi :   Pantai Depok, Menyantap Kuliner Sambil Bersantai Di Pantai Yogyakarta

Lalu, apa saja yang menjadi daya tarik dari pantai ini? Simak ulasannya berikut ini.

Sejarah Pantai Indrayanti

Pantai ini mungkin saja masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Namun, jika mendengar kata Indrayanti, masyarakat Yogyakarta langsung mengenali nama tersebut. Indrayanti berasal dari kata Indra dan Yanti yang merupakan nama sepasang suami istri pemilik. sebuah restoran yang ada di kawasan dekat pantai tersebut. Lama kelamaan, pantai ini dikenal dengan nama sepasang suami istri tersebut.

Namun, nama resmi yang disematkan oleh pemerintah untuk pantai ini adalah pantai Pulang Sawal. Meskipun begitu, wisatawan maupun masyarakat setempat sudah lebih dulu mengetahui pantai ini dengan nama Indrayanti ketimbang Pulang Sawal. Hingga suatu hari, sempat terjadi polemic antara pihak pengelola dan pemerintah untuk penamaan pantai tersebut. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian untuk nama pantai tersebut.

Daya Tarik Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti tentu saja memiliki daya tarik yang bisa membuat wisatawan betah untuk berlama-lama disana. Pantai yang satu ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya. Dari ujung ke ujung, kamu bisa melihat pantai ini sangat bersih dan bebas dari sampah. Pengelolanya tidak tanggung-tanggung memberikan sanksi pada pengunjung yang membuang sampah sembarangan dan sengaja mengotori area pantai tersebut.

Baca Rekomendasi :   5 Penginapan Alam dengan Suasana Pedesaan di Yogyakarta

Selain bersih dan terawat, Pantai Indrayanti juga memiliki pesona pantai yang sangat memukau. Kamu bisa bermain pasir putih yang terhampar luas bersama teman maupun keluarga. Selain itu, kamu juga bisa menikmati panorama sunrise di pagi hari dan juga sunset di sore hari. Dengan begitu, kamu bisa mengabadikan momen liburanmu dengan berswafoto dengan latar belakang panorama pantai Indrayanti yang sangat eksotis dan memukau.

Di pantai ini juga, kamu bisa melihat berbagai macam hewan laut yang sangat cantik, seperti umang, kerang, ubur-ubur, ikan laut, kepiting, ikan-ikan laut, dan lain sebagainya. Namun, kamu perlu berhati-hati jika

Agar kamu bisa menikmati suasana pantai dengan leluasa, maka disarankan untuk pergi mengunjungi pantai ini saat hari-hari biasa. Pada saat weekend, mau tak mau kamu harus berdesakan dengan wisatawan lain yang juga ingin menikmati pemandangan alam pantai Indrayanti. Oleh karena itu, pastikan kamu mengunjungi pantai ini saat tidak ramai dikunjungi oleh wisatawan lain.

Baca Rekomendasi :   Mencoba Teras Kaca Pantai Nguluran, Membuat Adrenalin Tertantang

Fasilitas Pantai Indrayanti

Agar pengunjung dapat menikmati suasana pantai, pihak pengelola pun menyediakan berbagai macam fasilitas yang dapat menunjang aktifitas pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya tempat makan, restaurant, cafe, gazebo, payung pantai, toilet, penyewaan jetski, tempat bermain anak, menara lifeguard, dan lain sebagainya. Untuk menikmati fasilitas tersebut, pengunjung harus membayar biaya sewa dengan harga yang sudah ditentukan.

Harga yang dibayarkan tentu saja sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Dengan begitu, pengunjung pun akan lebih menikmati aktivitas selama di pantai.

Rute jalan

Agar kamu memiliki akses jalan yang mudah menuju pantai Indrayanti, maka ikuti rute jalan berikut ini.

  1. Yogyakarta-Wonosari-Piyungan-Patuk-Wonosari-Karangrejek-Hargosari-Tepus.
  2. Rute alternatif via jalan Imogiri: Siluk-Panggang-Saptosari-Trowono-Baron. Dari Baron, kamu tinggal mengambil jalan ke arah timur sepanjang 10 km menuju pantai Indrayanti.

Itulah beberapa daya tarik yang ditawarkan pantai Indrayanti. Untuk bisa menikmati pantai ini, kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar 10 ribu rupiah per orangnya. Jika ingin menikmati beberapa fasilitasnya, tentu saja kamu harus membawa uang lebih. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page