Liburan Akan Lebih Seru dengan Selfie di Bawah Air Umbul Ponggok

Umbul Ponggok Klaten
0 14

Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu objek wisata andalan di Indonesia. Setiap tempat wisatanya memberikan kesan yang berbeda-beda yang menjadi sasaran beberapa wisatawan. Ada beberapa tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam, kuliner, wahana air, dan lain-lain. Salah satu wahana air yang berada di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya terdapat di sekitar wilayah Yogyakarta. Di sebelah timur kota Yogyakarta tepatnya di daerah Klaten, terdapat objek wisata yang keren dan hits, yaitu objek wisata Umbul Ponggok.

Umbul ponggok merupakan kolam alami yang terbentuk karena adanya mata air. Mata air ini terbentuk akibat proses sirkulasi air yang berada di bawah permukaan bumi, dimana air hujan yang terserap kedalam tanah akan timbul kembali ke permukaan akibat adanya tekanan di dalam bumi. Kemudian, air tersebut akan memancar ke permukaan melalui akuifer.

Mata air alami di Umbul Ponggok sangat melimpah sehingga dapat membentuk suatu kolam yang indah yang telah berusia ratusan tahun. Dari usia tempat wisata ini, terkumpulah ikan-ikan tawar warna warni yang akan memanjakan mata. Selain ikan-ikannya yang menarik, daya tarik bawah kolamnya pun sangat indah. Keindahan yang ditawarkan yaitu saat menyelam bersama ikan air tawar yang berwarna-warni.

Baca Rekomendasi :   Bertandang ke Curug Leuwi Lieuk, Pesona Indah di Kaki Gunung Salak Bogor

Inilah 5 Hal Tentang  Umbul Ponggok

Jika kalian sedang berlibur, objek wisata Umbul Ponggok bisa menjadi tempat wisata yang pas untuk destinasi liburan kamu bersama teman maupun keluarga. Sebelum mengunjungi tempat ini, sebaiknya perhatikan 5 hal yang harus kamu ketahui tentang Umbul Ponggok.

1. Sejarah Umbul Ponggok.

Pada saat zaman penjajahan Jepang, daerah Ponggok ini dikelilingi oleh pabrik gula. Pabrik gula ini cukup besar hingga kebutuhan air sangat dibutuhkan. Mata air Umbul Ponggok ini menjadi solusi untuk dipergunakan sebagai aktivitas pabrik untuk menyirami perkebunan tebu. Uniknya, setelah digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat, mata air ini tidak pernah kering hingga sekarang.

Pada tahun sekitar 1930, pabrik gula seluruhnya harus ditutup dikarenakan terjadinya krisis dimana masyarakat Indonesia memberontak dan menentang kebijakan pemerintah Belanda. Setelah itu Umbul Ponggok dipergunakan masyarakat sekitar untuk mengairi perkebunan dan kebutuhan lainnya. Hingga pada akhirnya, pada tahun 2009 Umbul Ponggok ini dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah setempat.

Baca Rekomendasi :   Catat Bro! 9 Destinasi Wisata Klaten yang Membuatmu Jatuh Cinta Sekejap

2. Aktifitas Snorkling dan Diving.

Umbul ponggok memiliki kedalaman air yang cukup dalam, sehingga bagi yang tidak bisa berenang kamu dapat menyewa ban pelampung. Bagi kamu yang dapat berenang, sangat disayangkan jika kamu tidak menikmati keindahan bawah airnya. Kamu dapat melakukan snorkeling dan diving untuk menikmati keindahannya. Kamu dapat menyewa alat snorkling berupa kaki katak, pelampung, dan masker snorkel.

Di bawah air tersebut, kamu bisa menemukan berbagai keindahan yang tidak pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu bisa berselfie di bawah laut dengan berbagai properti yang disediakan, seperti motor-motoran, tenda, laptop, sepeda, TV, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut sangat unik karena kamu bisa menghasilkan foto bawah air yang sangat keren, seolah-olah kamu bisa bernafas di dalamnya.

3. Fasilitas yang sangat nyaman.

Ada beberapa fasilitas penunjang yang bisa kamu nikmati selama berwisata di Umbul Ponggok. Kamu akan mendapatkan fasilitas makanan ringan khas gratis yang dibuat oleh penduduk sekitar saat pertama memasuki objek wisata tersebut. Selain itu, fasilitas-fasilitas lainnya yang disediakan di objek wisata Umbul Ponggok yaitu tempat makan, pelampung, toilet, penyewaan peralatan snorkeling dan diving, fasilitas anak, perosotan, dan masih banyak lagi.

Baca Rekomendasi :   Curug Sawer, Air Terjun Nan Ciamik di Kaki Gunung Pangrango

4. Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk di Umbul Ponggok dipatok sebesar Rp.15000/orang, berlaku untuk weekday maupun weekend. Harga tersebut tidak termasuk dengan alat sewa menyelam dan kamera anti air. Jika kamu tidak memiliki alat selam, objek wisata ini menyediakan sewa alat menyelam seperti kacamata renang, alat bantu napas, ban pelampung, kamera anti air, dan lain-lain. Maka, kamu cukup membawa perlengkapan baju ganti saja.

5. Fasilitas jasa foto di dalam air.

Jasa foto Umbul Ponggok sangat membantu untuk mengambil momen-momen indah dibawah air. Fotografernya pun memiliki jam terbang yang lama sehingga hasil jepretan tidak diragukan lagi. Selain fotografer, tersedia pula properti yang dapat membuat foto kamu makin keren. Harga fotografer dibedakan sesuai waktu lamanya pengambilan foto, untuk satu jam akan dihargai sebesar Rp. 100.000 dan untuk 30 menit akan dihargai sebesar Rp. 60.000.

Properti yang akan disewa pun memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Properti yang disediakan sangat banyak seperti perabotan-perabotan, alat berkemah, hingga motor cross pun ada, sehingga kamu bisa memilih properti yang kamu inginkan.

Itulah beberapa hal penting mengenai objek wisata Umbul Ponggok. Dengan air yang jernih dari mata air alami, objek wisata Umbul Ponggok sangat menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun teman terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page