Inilah Daya Tarik Wisata Keren sekaligus Sejuk Hutan Pinus Mangunan

  • Bagikan
Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan via Instagram/ putrianindyah

Yogyakarta menjadi salah satu kawasan yang menjadi destinasi wisata lokal maupun asing. Berbagai objek wisata yang dibalut dengan konsep kekinian tentu sangat memanjakan para wisatawan, khususnya anak muda. Dengan adanya konsep yang unik, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman baru dalam menikmati objek wisata. Bahkan, kamu bisa dengan mudah mengabadikan momen menarik dalam satu beberapa frame selfie.

Hutan Pinus Mangunan menjadi salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan. Di tengah-tengah cuaca Yogyakarta yang begitu menyengat, Hutan Pinus ini menyuguhkan suasana yang sejuk dan nyaman. Dengan begitu, tak sedikit wisatawan yang merebahkan badannya disini sambil mencicipi segelas kopi hangat. Selain itu, pohon-pohon Pinus Merkusii yang menjulang tinggi ikut serta memanjakan mata yang sudah penat dengan setumpuk pekerjaan.

Hutan Pinus Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini, kamu hanya akan menghabiskan waktu 45 menit saja dari pusat kota Yogyakarta menggunakan kendaraan roda empat. Saat memasuki area objek wisatanya, kamu akan disuguhkan oleh aroma pohon pinus yang khas, serta udara segar yang menyejukan badan.

Baca Rekomendasi :   5 Penginapan Alam dengan Suasana Pedesaan di Yogyakarta

Selain pohon-pohon yang menjulang tinggi, area hutan pinus mangunan ini juga dilengkapi dengan berbagai daya tarik lainnya. Kamu bisa dengan mudah melakukan berbagai aktivitas seperti berkumpul bersama teman, melakukan selfie, mengambil gambar yang indah, menjadikan spot foto prewedding, dan lain sebagainya. Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui mengenai objek wisata yang satu ini? Berikut ulasannya.

Pohon-pohon yang menjulang tinggi di Hutan Pinus Mangunan

Salah satu objek yang menjadi daya tarik wisata ini, yaitu pohon-pohonnya yang tinggi. Pohon yang satu ini berjajar rapi di setiap lahan seluas 500 hektar. Tidak hanya pohon pinus, tetapi juga pohon kayu putih, kasia, kemiri, dan mahoni. Objek wisata yang satu ini dikelola oleh resort pengelolaan hutan. Dulunya, tempat ini merupakan tanah yang tandus. Namun, pada akhirnya pihak yang berwenang melakukan reboisasi dengan ditanami berbagai jenis pohon.

Ada berbagai aktivitas yang menyenangkan di Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama teman-teman maupun keluarga tercinta. Diantara pohon-pohon yang berjajar, kamu bisa memasang hammock atau tempat tidur gantung. Alat yang satu ini tentu sangat cocok untuk bersantai, apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Untuk mendapatkan hammock, kamu bisa menyewanya pada pihak pengelola hutan pinus mangunan.

Baca Rekomendasi :   Taman Pelangi Jogja, Tempat Asyik Melihat Pelangi di Malam Hari

Selain bersantai, kamu juga bisa melakukan aktivitas outbound. Meskipun awalnya harus melalui jalanan yang terjal, kamu tentu tidak akan menyesal jika sudah sampai disana.Ada beberapa wahana menarik, seperti flying fox, jembatan tali, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk dikunjungi oleh anak-anak kecil. Mereka bisa bebas bermain di alam bebas untuk bisa mempelajari sesuatu yang baru.

Adanya panggung terbuka di Hutan Pinus Mangunan

Salah satu aktivitas paling menarik di tempat ini, yaitu kamu bisa menonton pertunjukan menarik di panggung terbuka. Kamu bisa menonton berbagai pertunjukan, seperti musik, teater, tarian, dan lain sebagainya. Panggung dan bangku-bangku penontonnya dirancang setengah lingkaran, sehingga penonton bisa lebih fokus menonton pertunjukan. Baik panggung maupun bangkunya, terbuat dari kayu pohon yang bentuknya masih terlihat seperti asli.

Oleh karena itu, panggung pertunjukan di Hutan Pinus Mangunan bisa menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pertunjukan tersebut umumnya diselenggarakan pada siang atau malam hari.

Baca Rekomendasi :   5 Spot Terbaik Untuk Camping di Jogja, Dari Pantai Sampai Danau Semua Ada

Spot foto yang cantik di Hutan Pinus Mangunan

Area hijau di sekitar hutan pinus mangunan bisa membantu menghasilkan foto yang cantik. Selain pepohonannya yang menjulang tinggi, area hutan pinus mangunan juga dilengkapi dengan sederet spot foto yang bisa membuah hasil foto tampak Instagramable. Beberapa spot foto tersebut, diantaranya spot Segitiga Akar, Sarang Burung, Rumah Pohon, Spot Tangan Dewa, dan masih banyak lagi.

Saking cantiknya spot tersebut, tak sedikit sepasang kekasih yang melakukan sesi pemotretan untuk prewedding. Hasilnya, tentu saja sangat cantik, apalagi jika ada di tangan seorang fotografer profesional. Untuk itu, jangan lupa membawa kamera dan mengabadikan momen kece kamu saat berlibur ya!

Fasilitas lengkap lainnya di Hutan Pinus Mangunan

Untuk mendukung aktivitas liburan di hutan pinus mangunan, pihak pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis oleh semua wisatawan. Beberapa fasilitas tersebut, diantara mushola, toilet, area parkir yang luas, warung makan dan tempat jajanan, tempat bersantai, dan masih banyak lagi. Area di sekitar objek wisata ini sangat bersih sehingga tidak mengganggu aktivitas para wisatawan.

Itulah daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata Hutan Pinus Mangunan. Jika kamu sedang berada di Yogyakarta atau berencana untuk berlibur ke Kota Gudeg ini, jangan lupa untuk mampir ke Hutan Pinus Mangunan, ya!

Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan
2 7

You cannot copy content of this page