Mau Jajan di Malioboro? Ikuti Dulu 10 Tips Ini

tips belanja di Maliboro via https://ilhamfauzan.net/
0 12

Malioboro menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan . Disana, kamu bisa menikmati berbagai jajanan serta oleh-oleh khas Yogyakarta. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat yang satu ini selalu ramai oleh pengunjung, baik itu untuk membeli buah tangan, atau sekedar berjalan-jalan di sekitarnya. Harga yang ditawarkan tentu saja bervariasi, tergantung dari seberapa jago kamu menawar harga barang atau makanan tersebut.

Sebelum kamu berbelanja atau jajan di Malioboro, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari penipuan tarif harga dan juga mampu memilih kualitas barang yang dibeli. Lalu apa saja tips yang harus dicatat? Berikut ulasannya.

tips belanja di Maliboro
tips belanja di Maliboro via https://ilhamfauzan.net/

1. Membuat List oleh-oleh yang akan dibeli

Pertama, kamu harus membuat list oleh-oleh yang akan dibeli. Hal ini bertujuan agar kamu tidak kalap saat berbelanja dan bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Membeli oleh-oleh tanpa direncanakan biasanya akan membuat isi dompet jebol, sehingga kamu mau tidak mau harus merogoh tabungan untuk membeli barang-barang yang lain. Pastikan juga siapa saja yang akan kamu beri oleh-oleh, agar budget bisa lebih disesuaikan.

Baca Rekomendasi :   Menikmati Eksotisme Pantai Nampu Gunung Kidul di Selatan Jawa

2. Pandai menawar harga

Bakat yang satu ini umumnya dikuasai oleh kaum wanita. Sebelum membeli barang tersebut, pastikan kamu melakukan penawaran harga terlebih dahulu. Pedagang pasti sudah menaikan harga barang tersebut sekitar 20-30%. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menawar harga yang cukup tinggi.

3. Bersikap seperti warga lokal

Bersikap seperti warga lokal ternyata bisa mempengaruhi harga barang, lho! Saat kamu berdandan layaknya seorang wisatawan, para pedagang pun akan berani untuk menawarkan harga yang tinggi. Hal ini dikarenakan wisatawan umumnya rela mengeluarkan uang berapa saja demi barang atau oleh-oleh yang diinginkan. Lain halnya jika kamu bersikap seperti warga lokal, pedagang pun tidak akan memberikan harga yang terlalu tinggi.

Agar bisa bersikap seperti warga lokal, tirulah cara berbicara serta gunakan pakaian yang tidak terlalu mencolok seperti wisatawan.

4. Hindari penggunaan perhiasan secara berlebihan

Untuk menghindari copet, pastikan kamu tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan saat jalan-jalan dan berbelanja di Malioboro. Hal itu hanya akan mengundang kejahatan, sehingga kamu akan mengalami kerugian saat liburan. Selain itu, menghindari penggunaan perhiasan juga bisa mempengaruhi harga barang, lho. Jika kamu terlihat memakai perhiasan, pedagan akan menganggap kamu orang kaya sehingga harga pun akan otomatis dinaikan.

Baca Rekomendasi :   Curug Ciampea Wisata Air Terjun Di Bogor Yang Instagramable Banget

5. Mempelajari bahasa setempat

Yogyakarta umumnya menggunakan bahasa Jawa. Oleh karena itu, sebaiknya pelajari dahulu bahasa daerah tersebut, agar kamu terlihat lebih akrab apalagi saat menawar barang. Pelajarilah percakapan-percakapan standar, seperti kalimat penawaran, ucapan terima kasih, ucapan maaf, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, kamu sudah menghormati kebudayaan yang ada di sana.

6. Bersikap agak jual mahal

Saat kamu menginginkan suatu barang atau oleh-oleh, maka cobalah untuk bersikap jual mahal. Jika pedagang tidak mau melepaskan harga yang kamu tawar, jangan langsung mengambilnya. Carilah kios atau pedagang lain yang menjual barang yang sama. Biasanya, pedagang tersebut akan memanggil kamu kembali dan memberikan harga tawaran tersebut.

7. Tidak tergiur rayuan pedagang

Saat menyusuri sepanjang jalan Malioboro, biasanya akan ada banyak pedagang yang ramai menawarkan dagangannya. Bahkan, ada beberapa pedagang yang sampai mengikuti kamu untuk merayu agar dagangannya dibeli. Jika kamu tidak terlalu membutuhkan barang atau makanan tersebut, sebaiknya tidak perlu dibeli. Hal ini tentu saja untuk menghemat budget selama liburan.

Baca Rekomendasi :   9 Wisata Kuliner di Pekanbaru Yang Harus Kamu Cicipi

8. Jangan berani menawar jika tidak akan membeli barangnya

Saat akan membeli oleh-oleh, pastikan barang tersebut benar-benar kamu butuhkan dan inginkan. Jika sudah mantap, kamu bisa langsung menuju proses penawaran harga dengan pedagang tersebut. Menawar harga pada barang yang tidak benar-benar kamu inginkan tentu akan membuat pedagang marah. Pasalnya, kamu hanya akan meninggalkan kios itu begitu saja alias sekadar iseng.

9. Menyiapkan uang tunai dan recehan

Berbelanja di Malioboro tentu tidak sama dengan berbelanja di mall. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa uang tunai berapapun jumlahnya karena pedagang pinggir jalan umumnya tidak menyediakan proses pembayaran secara digital. Selain itu, jangan lupa untuk membawa uang recehan untuk biaya parkir atau memberi uang pada pengamen jalanan.

10. Tidak berfokus pada satu penjual saja

Jika kamu tidak cocok berbelanja di satu kios, jangan ragu untuk pindah ke kios lain untuk mendapatkan barang serta harga yang sesuai. Di kios lain, tentu masih banyak barang incaran yang kualitasnya lebih bagus dan harga yang lebih terjangkau.

Itulah sepuluh tips yang harus kamu perhatikan saat berbelanja di Malioboro. Jika ingin berkunjung kesini, jangan lupa untuk membawa kamera juga, ya! Banyak spot cantik yang bisa menemani liburanmu.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page