Curug Lontar, Wisata Alam Bogor yang Keindahannya Bikin Adem

Curug Lontar Bogor via instagram.com
0 24

Mencari destinasi wisata alam di daerah Bogor kini sangat mudah ditemukan. Saat ini di wilayah Kabupaten Bogor telah banyak bertebaran destinasi wisata alam dengan panorama yang memesona, salah satunya adalah curug. Ya, selain terkenal dengan sebutan Kota Hujan, Bogor memiliki sebutan lain yakni Kota Seribu Curug. Mengapa ? Sebab, curug di daerah Bogor ini sudah tidak terhitung lagi banyak jumlahnya.

Curug Lontar namanya, adalah salah satu destinasi wisata alam yang masih tersembunyi dan belum terjamah namun menyimpan keindahan yang membuat siapa saja yang mengunjunginya bisa terpesona. Apa sih keunikan Curug Lontar dibandingkan dengan curug lainnya ? Dapat dikatakan bahwa Curug Lontar termasuk salah satu curug atau air terjun termegah di Bogor. Bayangkan, curug yang berada di Kracak, Leuwilang ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Sangat menarik bukan ?

Curug Lontar Bogor
Curug Lontar Bogor via instagram.com

Curug Lontar ini merupakan terusan dari sungai Cianten yang berasal dari pegunungan Halimun, Gunung Salak. Karena memiliki debit air yang cukup deras, apalagi saat musim hujan, aliran sungai ini dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit tenaga air (PLTA) yang sudah dilakukan sejak zaman Belanda.

Baca Rekomendasi :   Batu Songgo Langit, Tempat Terbaik Menikmati Sunrise dan Hutan Pinus di Yogyakarta

Bagaimana cara agar dapat menjamah lokasi Curug Lontar ini ? Nah, untuk sampai ke lokasi wisata alam di Bogor ini sebenarnya tidak sulit. Jika anda menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, dari Kota Bogor mengarahlah ke Leuwiliang. Kemudian setelah anda melewati jembatan sungai Cianten, anda perlu menemupuh jarak 7 kilometer menuju PLTA, unit Pembangkit Kracak.

Keunikan yang dimiliki Curug Lontar ini yaitu terdapatnya kubangan yang luasnya kurang lebih 7.000 meter persegi dengan kedalaman sekitar 26 meter. Akan tetapi, para pengunjung sagat tidak disarankan untuk berenang di kubangan tersebut karena sangat berbahaya. Namun pengunjung tetap bisa bermain air pada lokasi aliran sungai yang relatif aman. Jika anda mengunjungi kawasan Curug Lontar pada saat musim penghujan, disarankan untuk tidak berlama-lama di lokasi. Mengapa demikian ? Karena kawasan Curug Lontar rawan banjir bandang.

Baca Rekomendasi :   8 Kuliner di Bekasi Yang Menggugah Selera dan Tak Bikin Kantong Bolong

Karena kurangnya promosi dan lokasi Curug Lontar yang tersembunyi, membuat destinasi wisata alam ini belum cukup populer di kalangan pengunjung biasa, walaupun sudah cukup dikenal oleh para petualang. Debit air terjun ini mengucur terbilang cukup deras, sehingga mampu menghasilkan listrik. Hal ini tidaklah aneh dikarenakan air terjun Lontar memiliki ketinggian lebih dari 30 meter.

Keindahan Curug Lontar selain karena juntaian air dari ketinggian 30 meter tersebut, suasana di sekitar air terjun juga sangat indah. Mulai dari pepohonan yang rimbun, tanaman yang menjalar di bebatuan samping Curug Lontar, hingga hijaunya kolam tampungan air membuat pengunjung semakin berdecak kagum karena keindahan di lokasi tersebut. Akan tetapi, pengunjung tidak disarankan untuk berenang atau sekadar berendam di kolam tersebut, karena kolam tersebut memiliki luas 7.000 m2 dengan kedalaman lebih dari 26 meter.

Baca Rekomendasi :   Danau Biru Kolaka Utara, Danua Penuh Mitos di Sulawesi Tenggara

Yup, suasana hijau dan asri di sekitar air terjun Lontar dapat membuat anda melepaskan kepenatan setelah berjibaku dengan aktivitas padat sehari-hari. Bagimana ? Apakah anda tertarik akan keindahan pesona alam Curug Lontar di daerah Bogor ini ? Jika anda tertarik untuk menyaksikan langsung keindahan ait terjun Lontar ini, anda bisa membawa kendaraan pribadi atau bahkan menggunakan transportasi umum. Jika anda membawa kendaraan pribadi, maka anda bisa mengambil jalur dari Kota Bogor menuju Leuwiliang, dengan melewati jembatan sungai Cianten lalu ambil arah menuju PLTA Kracak. Setelah itu, tanyakanlah kepada warga sekitar menenai lokasi Curug Lontar. Selamat berlibur!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page