Curug Idas, Keindahan Alami Nan Memukai di Bogor

Curug Idas Bogor via instagram.com @hens4m
0 35

Curug Idas adalah air terjun yang hits dalam setahun terkahir ini. Berlokasi di Pamijahan, Bogor, curug ini ternyata memiliki keunikan dan kemenarikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh curug lainnya. Penasaran apa sajakah itu ?

Curug Idas juga dinamakan Curug Cikuluwung karena letaknya berada di aliran sungai Cikuluwung. Sungai ini cukup lebar dan berhulu di Gunung Salak. Konon katanya, dahulu ada seorang warga yang tenggelam di curug tersebut yang bernama Idas. Itulah mengapa air terjun ini dikenal dengan Curug Idas.

Di tempat tersebut anda bisa menemukan dua Curug Idas. Di Curug Idas pertama terdapat tiga kolam. Nah, di kolam pertama anda tidak disarankan untuk berenang disana walaupun menggunakan pelampung. Mengapa ? Karena menurut keterangan warga di kolam tersebut dahulu pernah ada yang tenggelam karena terdapat pusaran air yang menyedot dan belum diketahui kedalamannya.

Curug Idas Bogor
Curug Idas Bogor via instagram.com @hens4m

Sedangkan Curug Idas kedua, terdapat area kolam yang sangat luas. Letaknya tidak jauh dari kolam pertama dan mengikuti aliran yang sama. Untuk menuju ke Curug Idas dua ini anda harus keluar dulu dan memasuki pintu yang berbeda, namun keindahannya terlihat sangat dahsyat jika debit airnya banyak.

Baca Rekomendasi :   Selain Lombok, Ini 5 Gili Cantik di Jawa Timur Nan Mempesona

Curug Idas pertama diapit oleh dua tebing bebatuan yang sangat eksotis. Pada wkatu tertentu, air disini akan terlihat hijau kebiruan yang membuat para pengunjung terpesona akan keindahannya. Jika anda berkunjung pagi sekali ke tempat ini, pasti anda akan menemukan curug yang indah sekali.

 Walaupun air terjun Idas keberadaannya sudah ada sejak lama dan dikenal oleh masyarakat setempat, namun curug ini belum terlalu lama menjadi tempat wisata. Mungkin disebabakan akses menuju Curug Idas ini tidak mudah karena harus menuruni tebing yang sangat curam dan berbahaya.

Namun anda tidak perlu khawatir lagi, karena saat ini area di sekitar curug sudah dibenahi. Ya, dari pintu masuk menuju curug walaupun melewati tebing curam, jalurnya kini sudah dibuatkan jalan semen dan tangga. Disana juga terdapat fasilitas toilet umum yang juga berfungsi sebagai kamar ganti.

Baca Rekomendasi :   Air Terjun Batu Janggot, Permata Cantik nan Tersembunyi di Lombok Tengah

Akses jalan menujur air terjun Idas kini sudah bagus, jalanannya pun sudah bisa dilewati mobil. Disana juga tersedia tempat parkir yang luas dan di pintu masuk area wisata terdapat banyak warung. Warung-warung disana menyediakan menu makanan yang enak, dan anda pun bisa sembari duduk lesehan atau berbaring menikmati udara gunung yang sejuk.

Dimana sih lokasi tepatnya Curug Idas ini ?

Curug Idas atau Curug Cikuwulung terletak di Bogor Barat tepatnya di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Jika anda yang berangkat dari wilayah Bogor Kota, perjalanan dapat ditempuh melalui Dramaga lalu Cikampak dan Cibatok kemudian dilanjut menuju pertigaan Cemplang.

Baca Rekomendasi :   Pantai Goa Cemara, Spot Terbaik Menikmati Sunset di Yogyakarta

Nah, setelah masuk pertigaan kemudian belok kiri, lurus terus sekitar 45 menit untuk kemudian masuk ke belokan yang cukup curam di sebelah kanan. Setelah melewati sungai Cikuluwung, anda akan memasuki jalan berbatu sekitar 10 menit sebelum papan petunjuk Curug Idas. Setelah papan petunjuk tersebut, anda akan memasuki area kampung menuju tempat parkir yang disediakan di depan rumah warga. Lanjut dengan berjalan kaki sekitar 5 menit hingga sampai di loket masuk Curug Idas.

Untuk tiket masuk ke lokasi wisata ini relatif murah, yaitu hanya Rp 10.000 per orang dan untuk sewa pelampung hanya Rp 15.000 sepuasnya. Bukankah Curug Idas ini adalah salah satu tempat wisata keluarga yang seru dan indah dengan harga yang murah ? Lalu tunggu apalagi ? Segera kunjungi Curug Idas untuk menikmati keindahan alam yang tiada bandingannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page